Demo Baking Bersama Chef Giat

05.49 Ivonie Zahra 11 Comments


Bismillah

Dunia kuliner makin berkembang dan banyak cara untuk menuntut ilmu mengenai kuliner. Buat saya ilmu bisa di dapat dengan dari mana saja. Misal membaca buku, browsing internet ataupun menghadiri sebuah pelatihan. Seperti halnya yang saya lakukan.



Beberapa hari yang lalu ada pengumuman mengenai demo baking.  Selain karena hobi bikin kue, saya juga bergelut di bisnis kuliner. Sudah lama saya tidak ikut atau menghadiri pelatihan seperti ini. Sehingga tanpa ragu saya pun meninggalkan komet daftar di sebuah grup yaitu NCC Malang. Acaranya sendiri diadakan hari Rabu, tanggal 26 Agustus. Hmm…dalam hati, kenapa pas hari kerja? Yang notabene suami kerja, otomatis gak ada yang mengantar ke lokasi pelatihan. Apalagi pas tanggal itu berbarengan ada pesanan pie susu topping buah.

Bismillah saja, pokoknya daftar dulu dan transfer sewaktu saya mudik ke Blitar, takut kuota penuh. Biasanya NCC Malang kalau mengadakan latbar atau demo baking membatasi kuota hanya 50 peserta saja. Siapa cepat daftar dan transfer, dia dapat seat. Setelah berunding dengan suami, akhirnya beliau mau mengantarkan saya ke lokasi. Tadinya mau berangkat sendiri dan naik angkot, tetapi saya tidak tahu angkot jurusan apa yang lewat daerah sana. Acara dilaksanakan di toko bahan kue Prima Food & Bakery Suplier Jl. BS. Riadi No. 80 Kav. B-C ( Oro-oro Dowo ) Malang.



Pas hari H, saya menitipkan Aiman terlebih dahulu ke tempat ibu mertua setelah dia bangun dan mandi. Pesanan pie sudah beres, tinggal menunggu suami menjemput ke rumah. Tadinya mau mengantar pesanan pie terlebih dahulu sesuai jam janjian dengan si pemesan. Namun suami menghubungi yang bersangkutan tidak diangkat. Karena waktu makin siang dan saya sudah terlambat 30 menit, saya meminta suami mengantarkan ke lokasi demo baking terlebih dahulu saja. Sementara pie pesanan dibawa suami ke kantor dulu.

Isi Goodie Bag

Benar saja, sesampai di tempat acara sudah dimulai.Saya mengisi buku peserta dan panitia memberikan sebuah goodie bag.Karena saya datang agak terlambat, jadilah memilih kursi paling belakang pastinya. Namun beruntung acara belum terlalu lama berlangsung.  Chef Giat dari Chefmate sedang mempersiapkan adoanan untuk demo. Dalam demo baking kali ini, diperagakan membuat 3 macam resep yang semuanya menggunakan bahan utama coklat, terutama coklat Chefmate. Yaitu Bittersweet Chocolate Namelake Cake, Japanese Green Tea Chocolate Choux dan Bollen Pisang Coklat.


Saat saya tiba, Chef Giat sedang membuat bittersweet chocolate namelake-nya. Step by step dijelaskan secara detail oleh chef Giat. Meskipun serius, sesekali Chef Giat menyelinginya dengan gurauan ketika ada peserta yang bertanya mengenai prosesnya. Berkat demo baking ini, saya makin bertambah ilmu dan wawasan, terutama mengenai teknik mengolah coklat dan cara menerapkannya pada sebuah cake.



Usai bittersweet chocolate namelake cake selesai meski belum tahap akhir, chef Giat melanjutkan ke resep yang kedua yaitu Japanese green tea chocolate cake. Sebelum mengikuti demo baking ini, saya juga pernah mengikuti demo baking dengan resep yang sama, hanya saja beda pematerinya. Kali ini saya bisa lebih leluasa mengamati dan mempelajari prosesnya karena Aiman tidak ikut serta sehingga lebih leluasa. 



Fresh from oven

Japanese Choux atau istilah kerenya soes Jepang ini, proses dan bahannya hampir sama dengan adonan soes pada umumnya, hanya saja ada bahan tambahan, yaiutu baking soda yang dicampur ke dalamnya. Sehingga adonan ketika matang menjadi ringan dan kopong sewaktu dibelah, yang nantinya itu akan di isi dengan  chocolate chantily cream filling.


Untuk resep yang terakhir, bolen pisang coklat dalam memperagakan resep ini pun, saya mendapat ilmu baru yang sebelumnya tidak saya tahu. Meski belum pernah praktek bikin bolen. Saya senang sekali menyimak, karena olahan pisang ini yang sebenarnya sudah lama ingin saya buat.





Selain memperagakan semua resep yang diberikan, Chef Giat juga berbagi tips membuat hiasan dari coklat. Dijelaskan dengan detail dan sabar meladeni pertanyaan peserta. Oh iya, di tengah-tengah acara sempat diselingi dengan pembagian doorprise yang hadiahnya berupa produk Chefmate dan kaset CD. Sayang, sampai akhir sesi doorprise saya belum beruntung hehe. Apalagi saya termasuk pemakai dan penggemar produk coklat ini. 



Usai sesi demo benar-benar selesai dan hasilnya sungguh menakjubkan buat saya. Dan ini sangat membahagiakan karena dapat objek buat sesi foto-foto selain berlangsungnya demo. Istilahnya surge buat food photography. Lihat saja hasilnya di foto-foto yang sempat saya bidik.





Usai ditutup oleh ketua NCC Malang, acara berakhir tepat pukul dua siang. Sebelum semuanya bubar acara sempat ada  sesi foto bersama dengan Chef Giat dan pembagian nasi kotak untuk makan siang. Sambil menunggu suami menjemput, saya memutuskan memakan jatah nasi kotaknya. Beberapa teman masih asyik mengobrol sambil mencicipi sisa hasil demo tadi. 




Alhamdulillah, acara hari ini benar-benar bermanfaat buat saya. Terima kasih NCC Malang dan admin yang telah mempersiapkan acara ini, Chef Giat untuk segala ilmunya dan Toko Prima Food & Bakery supplier untuk kesedian tempatnya yang nyaman dan desain yang cantik dan menarik buat saya.


11 komentar:

  1. Semoga makin menambah ilmunya ya Ma dan segera dipraktekkan tuh kue-kuenya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, biar makannya lebih puas ya :D

      Hapus
  2. sering salut sama temen2 yang telaten bikin kue2 indah ini
    tanganq sering kurang lemes kalau diajak masak yang agak indah2 :)

    happy backing ya mbak ivone

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, agak sedikit ribet tapi seninya ini yg bikin cake-cake macam bakery mahal. tapi puas kalau sudah bisa bikin sendiri dan enak.

      Makasih mbak Indri :)

      Hapus
  3. NCC sering bikin acara di Malang ya, mba Ivon? Kalo di luar daerah di kota mana aja? cakep kue2nya, jadi pengin bikin sendiri di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, cabang malang. kan tiap daerah ada perwakilan. Nyaris tiap bulan ada acara demo baking atau latihan bareng. kuenya enaak banget. Sepotong aja kurang hahaha

      Hapus
  4. Wahhh. Ituuu. Ngilerrr lihatin foto2nya. *lap iler* saya jd lapar mbak.

    Salam kenal ya mbak. Salut nih. Keluarga biru suami istri ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas febri. Sangat menggoda kuenya mas hehehe

      Hapus
  5. Hai mba Ivonie Zahra :) salam kenal ya ... btw aku juga member NCC tapi wilayah Jakarta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Lys salam kenal juga. wah senangnya ketemu teman sesame member ncc :)
      di Jakarta erring ya mbak demo baing dan latbar ?

      Hapus
    2. Iya mba, lumayan sering yang di Jakarta :)

      Hapus