Destinasi Nuansa Alam dan Oleh-oleh Khas Cirebon

02.06 Ivonie Zahra 0 Comments





Nuansa alam Cirebon tentunya sangat memikat para wisatawan yang mencintai keindahan alam. Meski kota ini termasuk kota kecil, namun Cirebon menawarkan banyak objek wisata pilihan yang cukup populer. Objek-objek wisata ini sangat terjaga keaslian dan keasriannya. Pemandangannya yang memikat para wisatawan menjadikan Cirebon sebagai salah satu tujuan untuk mengisi liburan keluarga maupun sekedar refreshing.

Di sini Anda akan dimanjakan dengan berbagai pemndangan. Meski sederhana, namun keasrian nuansa alam yang disajikan Kota Cirebon masih terbilang asli dan terawat. Kota ini juga merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang termasuk salah satu jalur pantura. Dimana Cirebon merupakan penghubung antara Kota Jakarta – Cirebon – Semarang – Surabaya.

Pastinya Anda akan terkagum-kagum dengan wisata alam yang disajikan di Cirebon. Seperti  halnya Situ Sedong yang menjadi salah satu objek favorit di kawasan Cirebon. Wisata alam yang satu ini memberikan sajian suasana santai. Sangat pas untuk Anda berwisata dengan keluarga maupun rekan kerja. Setelah berhari-hari bekerja pastinya Anda butuh refreshing. Dan Situ Sedong ini menyajikan pemandangan yang indah apalagi di sore harinya. Keindahan matahari terbenam tentu menjadi momen yang dinantikan para pengunjung Situ Sedong.


  Situ Sedong
Sumber foto : http://infocirebon.com
Selain Situ Sedong, Anda juga dapat menikmati nuansa alam Pantai Kejawanan. Keindahan senja di sore hari akan lebi indah saat menikmatinya di pantai ini. Meski tempat ini lebih dikenal sebagai tempat pengobatan alternative, namun Pantai Kejawanan sangat pas untuk menghilangkan kepenatan Anda setelah beraktivitas seharian. Lokasinya cukup mudah untuk dilalui yaitu berada di Jalan Yos Sudarso, Cirebon dan berada di dekat pelabuhan.
Adapun Taman Kera Plangon yang berada di desa Babakan, Kecamatan Sumber. Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah tempat berkumpulnya para kera. Jangan heran jika kera-kera di sini jumlahnya tidak pernah terasa berkurang maupun bertambah, karena ada yang mengatakan bahwa sejak dulu kera di sini tidak pernah berkurang karena mati atau bertambah karena beranak pinak.
Nuansa alam Cirebon tidak hanya sampai di sini. Cikalahang merupakan tempat wisata yang berada di Kecamatan Sumber yang tak kalah indahnya. Menyajikan keindahan pemandangan telaga Ramis yang menjadi objek favorit bagi wisatawan. Selain menikmati pemandangan, Anda juga dapat menikmati sajian kuliner khas Cirebon yang menjadi andalan di sini. Banyak sekali warung kuliner yang menjual makanan khas Cirebon, aalagi kalau bukan ikan bakar yang memiliki cita rasa yang nikmat.



Sumber foto : masdonie.blogspot.com
 Selain nuansa alamnya yang mengagumkan, Cirebon juga memiliki oleh-oleh yang khas. Apalagi kalau bukan pergi ke Batik Trusmi. Di mana di sini banyak sekali menjual batik motif megamendung khas Cirebon. Kononnya Trusmi merupakan nama seorang tokoh penyebar islam yang kini nama tersebut dijadikan nama sebuah desa. Kawasan ini terkenal dengan pusat perbatikannya. Anda akan menemukan banyak sekali motif batik megamendung, pekalongan, bahkan batik dari daerah lain juga tersedia. Pusatnya berada di Jalan Trusmi Kulon No 148, Plered jika Anda ingin melihat-lihat proses pembuatannya. Bentuk tokonya pun sangat nyaman saat dikunjungi. Tidak hanya batik tulis yang dijual, namun batik cetak, gantungan kunci batik, maupun cemilan khas Cirebon juga dijual di sini.
Selain Batik Trusmi, di Cirebon juga terdapat Toko Daud yang cukup terkenal menjual berbagai makann khas Cirebon. Toko yang berada di Jalan SSukalila Utara No 4D ini berdekatan dengan pasar pagi Cirebon. Di sini banyak sekali menjual kerupuk, terasi, dan berbagai camilan pun ada. Mengenai harga tentunya tidak menjadi masalah karena harga barang dagangan dikatakan sangat terjangkau namun berkualitas. Andapun masih dapat menawar untuk mendapat harga potongan apalagi jika grosir. Konon Toko Daud ini juga sebagai tempat langganan Sultan Cirebon. Tentunya Beliau sangat memandang toko ini memiliki kualitas yang cukup tinggi.

 
Sumber foto : www.klikhotel.com

Adapun Toko Pangestu yang tidak jauh dari lokasi pasar pagi Cirebon dan juga Toko Daud. Toko ini sama halnya dengan Toko Daud. Namun bedanya, toko ini juga menjual sirup  Campolay yang seringkali dicari oleh para wisatawan. Selain itu juga menjual abon udang ebi yang menjadi makanan favorit, dendeng udang, terasi, petis, kerupuk rambak, rengginang, bahkan tape ketan Kuningan pun ada. Dan satu lagi yang membuat toko ini berbeda. Yaitu jika Anda ingin mencari tahu mengenai Toko Pangestu mulai dari barang yang dijual, alamat dan kontak, hingga sejarahnya dapat dilihat di situs pribadi Toko Pangestu.
Sangat menarik bukan kota yang dikenal sebagai kota udang ini dengan berbagai nuansa alam ditambah dengan oleh-oleh khas Cirebon yang tentunya sangat diminati. 

Dan jangan salah, kota ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum lainnya seperti tempat penginapan berupa Hotel yang bisa anda cari di hotel pilihan yang ada di Cirebon.
Jadi, untuk anda para traveler jangan lupa untuk mengunjungi dan menikmati kota Cirebon ya ! 



0 comments: