Kuliner Lezat nan Sederhana dari Tasikmalaya

20.52 Ivonie Zahra 3 Comments



 
sumber gambar: adstasik.blogspot.com
Tasikmalaya, sebuah Kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia yang memiliki berbagai  potensi kekayaan alam,  budaya, dan sejarah juga kerajinan tangan yang di buat sendiri oleh masyarakat tasikmalaya.

Di Kota Tasikmalaya banyak jenis makanan yang digemari masyarakat sekitar dan juga oleh para pendatang yang sekedar lewat ataupun memang bermalam di kota Tasikmalaya. Berikut ini beberapa kuliner yang cukup terkenal di kota Tasikmalaya : 

1.      Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat 1 & 2

Nasi Tutug Oncom yang terkenal di kalangan masyarakat Tasikmalaya dengan sebutan TO ini sebenarnya adalah olahan nasi dengan oncom. Oncom yang telah di olah kemudian dicampur dengan jahe, garam dan juga kencur lalu di campur dengan nasi putih yang masih hangat. Saat mencampur oncom dan nasi ini dilakukan dengan cara di tumbuk atau di tutug, karena itulah namanya di sebut Nasi Tutug Oncom.
Untuk menikmati Nasi TO ini selain bisa di nikmati bersama lalapan, bisa  juga disajikan bersama lauk  seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu bulat,  telor, bala-bala dan juga sambal. Sayangnya jenis makanan unik ini tidak dapat dibawa pulang ataupun di bawa sebagai oleh-oleh, hanya bisa di makan saat itu juga.
Nasi TO ini tidak kalah populernya  dengan makanan  yang ada di restoran terkenal, selain itu makanan ini pun tidak sulit untuk di temukan. Anda bisa menemukan Nasi TO ini mulai dari penjual yang berjualan di pinggir jalan hingga yang di sajikan di restoran mahal dan Hotel berbintang yang dapat dipesan disini dengan Traveloka.
Nasi TO yang cukup terkenal di Tasikmalaya ini bisa anda cicipi dengan mendatangi langsung ke Rumah Makan TO Mr Rahmat 1 dan TO Mr Rahmat 2,  yang lokasinya berada di Jl. BKR Dadaha Kota Tasikmalaya.
Sumber Gambar : travelblog.ticktab.com

 2.      Baso Sari Raos
Rata-rata penduduk Indonesia gemar makan bakso, baik yang muda maupun tua. Bakso ataupun disebut Baso menjadi makanan kegemaran yang bisa ditemui dimana saja dengan berbagai variasi, dan di setiap daerah memiliki cici khas masing-masing untuk jenis baksonya.
Begitu juga dengan Tasikmalaya, berbagai macam Bakso bisa anda temui disini, namun Bakso yang rasanya benar-benar khas Tasikmalaya ini bentuknya lebih halus dan teksturnya lembut dengan bentuk lebih kecil dari bakso umumnya.
Baso Tasik dari kota Tasikmalaya ini dibuat dari daging sapi pilihan, rasa yang dihasilkan menjadi istimewa dan khas daging sapi yang lezat, ditambah dengan gurihnya kaldu daging sapi. Sehingga menciptakan cita rasa yang begitu pas di lidah, di tambah dengan taburan bawang goreng dan sambal menjadikan kuliner baso tasik ini sangat sesuai dengan  selera masyarakat bahkan pendatang dari liar kota.
Baso Tasik sangat populer di Kota Tasikmalaya sehingga tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi disaat musim liburan dan juga pada saat liburan hari besar. Terlebih pada saat bulan Ramadhan. Masyarakat suka menjadikan Baso tasik sebagai menu berbuka puasa.
Bagi anda yang berkunjung ke kota Tasikmalaya dan ingin bergoyang lidah dengan menu Baso Tasik, maka anda bisa mencicipi kuliner khas Tasik ini yang berada di warung Mie Baso Sari Rasa yang berada di Jl. H Zaenal Mustofa Kota Tasikmalaya tepatnya berada di dekat Asia Toserba, sedangkan cabang lainnya berada di Jl. Tentara Pelajar yang letaknya berdekatan dengan SMA 5

Sumber Gambar : Blogspot.com
 

 3.      Bubur Ayam H. Zaenal
Rasanya semua orang pasti takkan asing dengan kuliner buur ayam yang bisa ditemukan di daerah manapun di seluruh Indonesia. Namun sajian bubur ayam di kota tasik ini memiliki berbeda dari bubur ayam yang lain, ada racikan khusus dalam pembuatan bubur ayam di Kota Tasik  ini yang menjadikan rasa khas  yang enak untuk di nikmati. Selain itu juga teksturnya lebih kental dengn banyak ayam dan sayuran yang di taburkan diatas bubur.
Ciri khas dalam Pembuatan bubur ayam di Kota tasik ini yaitu dengan menggunakan santan tambahan di dalamnya. Sementara rasa gurih yang ada di dalam bubur ini adalah berasal dari kaldu ayam asli, hingga kelezatan begitu terasa. Di atasnya ditambahkan taburan cakue, tongcay serta daging ayam yang sudah di suwir-suwir, dan juga disertakan potongan daun bawang. Sambalnya pun begitu menggoda lezatnya,sehingga bila tercampur dengan bubur maka kelezatannya semakin menggoda.
Bila anda ingin mencoba seperti apa rasa dari bubur ayam khas Tasikmalaya ini maka anda bisa coba untuk datang ke Kedai Bubur ayam H. Zenal yang sudah cukup popular di Tasikmalaya, yaitu tepatnya berada di Jl. Kalektoran Kota Tasikmalaya. Kedai ini buka mulai pagi jam 6 dan tutup jam  2 siang. Namun sebaiknya anda datang di pagi hari, dikarenakan ramainya orang yang datang untuk membeli sehingga kedai H. Zaenal ini selalu habis sebelum waktunya untuk tutup. 
sumber gambar: http://wisataindonesia.co.id

 Demikian beberapa kuliner khas daerah yang dapat anda temui bila berkunjung ke kota Tasikmalaya, selain kuliner popular diatas anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas yang beraneka ragam dengan ciri khas masing-masing. Selamat berburu kuliner !

3 komentar:

  1. kalau dilihat foto foto sama nama nama nya sepintas mirip banget dengan kuliner Bandung. Entah lho dengan rasanya. Habis belum icip2 langsung, hihi

    BalasHapus
  2. Pas buka makanan, pas ketemunya ini... Laperrrr efeknya...

    BalasHapus
  3. Penasaran sm nasi tutug oncom. Looks delicious.

    BalasHapus