4 Cara Aman dan Benar Memijat Bayi

22.11 Ivonie Zahra 0 Comments





Memijat bayi merupakan ritual yang dilakukan oleh kaum ibu setiap harinya sebagai cara ampuh dalam menjalin ikatan bathin di antara keduanya. Memijat bayi sendiri memberikan semacam rangsangan dalam membentuk siklus tidur yang lebih baik. Tidak hanya itu saja dengan memijat bayi kita setiap hari akan meningkatkan kekebalan tubuh serta merangsang motorik bayi.

Memijat bayi tidak boleh asal memijat, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Langkah pertama adalah dengan menggunakan handuk dan pilihlah bahan lembut serta minyak yang memang dikhususkan untuk bayi. Sebaiknya memulai memijat ketika bayi dalam keadaan tenang serta wajib waspada. Jangan memijat bayi sehabis makan ya karena berefek tidak baik. 
Nah, setelah semua siap lakukan dengan memijat secara lembut seperti mengelus mulai dari kepala, jari-jari tangan hingga kaki. Berikut empat cara memijat bayi yang benar dan bisa Mama praktikan di rumah.

1. Memijat Bagian Perut

Langkah awal yang harus Mama lakukan adalah dengan memegang perut bayi, kemudian pijat secara lembut dari dasar tulang rusuk, bawah perut menggunakan satu tangan. Gerakan tangan sendiri mirip seperti ketika kamu mendayung hanya tidak terlalu keras.
Pegang perut bayi Anda dan gerakkan tangan Anda seperti dayung di perut bayi Anda. Mulai di dasar tulang rusuk, bagian bawah perut dengan satu tangan, kemudian bagian yang lain, hanya dengan gerakan seperti mendayung dan jangan terlalu kencang. Dengan usaha dan telaten Anda pasti Akan bisa memijat bayi dengan benar. Lakukan dengan telaten dan penuh kasih sayang. Memijat di arah pusar dengan melakukan gerakan mirip arah jarum jam.

2. Memijat Bagian Kepala Serta Wajah

Memijat bagian kepala membutuhkan cara yang tepat, langkah yang perlu kamu lakukan adalah dengan memegang kepala bayi menggunakan kedua tangan. Pijat secara lembut menggunakan ujung jari kamu serupa gerakan ketika keramas. Hal yang perlu diperhatikan ketika memijat kepala bayi adalah dengan menghindari memijat bagian ubun-ubun karena bagian ini sangat sensitif.
Langkah selanjutnya adalah memijat telingga menggunakan ibu jari serta telunjuk. Untuk bagian wajah posisikan tangan kamu membentuk lambang hati dan tarik jari tangan bersamaan sampai dagu.

3. Memijat Bagian Dada

Setelah sebelumnya memijat bagian perut, selanjutnya adalah bagian dada bayi. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menempatkan kedua tangan pada dada bayi yang selanjutnya menariknya keluar ke arah bahu. Selanjutnya mulai kembali dari tulang dadanya, telusuri dengan membentuk tangan menyerupai lambang hati lalu bawa sampai ke bahu dan turun. Seperti pada bagian lain, lakukan cara ini dengan hati-hati serta pelan agar bayi kamu rileks/

4. Memijat Bagian Kaki

Terakhir adalah memijat bagian kaki bayi. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengangkat salah satu kaki bayi kamu dengan rileks, lalu tekan bagian paha atasnya. Hal ini jika dilakukan dengan tepat akan membuat bayi merasa teramat nyaman. Kemudian peganglah pergelangan kaki bayi kamu dengan menggunakan satu tangan, di mana tangan yang lain melakukan pemijatan dengan mengusap paha sampai ke kaki. Nah, untuk bagian tumit ke jari gunakan kedua tangan dalam membelainya. Pijat juga bagian sekitar kaki bayi dengan menggunakan lingkaran berbentuk kecil.

Itu tadi empat cara yang bisa Mama lakukan dalam memijat bayi di rumah. Jika masih ragu Mama bisa menambah refrensi dengan membaca buku atau bertanya langsung pada orangtua. Memijat bayi secara teratur memberikan dampak positif pada perkembangan sang buah hati. Selamat mencoba.


0 comments: