7 Tips Mengatasi Bau Mulut

01.44 Ivonie Zahra 0 Comments







Pernahkah Anda mengalami kejadian sedang berbicara dengan seseorang lalu mendadak lawan bicara kita sesekali menutup hidungnya? Selamat, berarti Anda mengalami gangguan bau mulut tak sedap hehehe.
Lalu bagaimana cara mengatasi bau nafas yang tak sedap ini? Anda tentu tidak mau kan dikucilkan dari pergaulan? Oleh karena itu, simak yuk tips mengatasi bau mulut dari Mama Ivon berikut ini:

.       1. Menjaga mulut anda tetap lembab. Kondisi mulut yang kering adalah sumber dari bau nafas yang tak sedap. Air liur membantu agar mulut anda tetap lembab dan berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Itu sebabnya napas lebih bau di pagi hari karena mulut menghasilkan sedikit air liur saat tidur. Bagaimana menjaga mulut agar tidak kering?

Kunyah Permen karet. Selain menutupi bau mulut dengan beberapa jenis aroma yang segar, permen karet juga akan merangsang produksi air liur. Tapi hindari permen dengan rasa mint, karena mint tidak mendorong produksi air liur. Pilihlah permen karet yang berkualitas. Permen karet yang asal-asalan hanya akan menyebabkan sakit gigi.

Minum air. Minumlah air putih yang banyak dan jangan lupa berkumur diantara sela-sela gigi anda. Air memang tidak selalu meningkatkan produksi air liur, tapi akan membersihkan mulut dan baik untuk membuat mulut anda tetap lembab.


Mulut kering juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan kondisi medis. Konsultasikan kepada dokter tentang obat yang anda minum dan ceritakan tentang efek samping mulut anda yang kering.
 
2. Berkumur. Sering-seringlah berkumur untuk membersihkan sisa-sisa makan pada mulut anda. Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang higienis dan berkualitas yang dapat anda beli di pasaran.

3. Jagalah kebersihan mulut dan gigi dengan cara gosok gigi secara teratur. Gosok gigi secara teratur akan menghilangkan bau mulut anda. Cobalah untuk gosok gigi sehabis makan secara teratur.

4. Stop kebiasaan merokok. Selain buruk bagi kesehatan, menghentikan kebiasaan merokok juga mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

5. Hindari mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan bau mulut. Untuk sementara hindari makanan antara lain : jengkol dan petai.

6. Banyak mengkonsumsi buah-buahan. Buah terutama yang mengandung vitamin c seperti jeruk, apel, pisang dll membantu memerangi bakteri di mulut. Selain buah-buahan, sayuran seperti wortel dan seledri juga bermanfaat menghilangkan bau mulut.

7. Mengkonsumsi Jus Jeruk atau Jus Nanas. Sebelum tidur, buatlah segelas jus jeruk atau jus nanas dengan air hangat. Anda bisa menambahkan satu sendok madu dan sedikit kayu manis untuk menambah rasa yang nikmat. Mengkonsumsi jus jeruk atau nanas membuat bangun pagi anda dengan napas yang segar.

Cara mengatasi bau mulut secara alami di atas bisa anda lakukan sendiri di rumah. Di beberapa toko sudah ada juga yang menyediakan larutan untuk menjaga agar mulut tetap bersih dan juga sedap. Mungkin anda juga bisa untuk mencobanya.


0 comments: