Berawal dari Perlindungan yang Optimal, Dukung dan Bebaskan Si Kecil Bereksplorasi

08.45 Ivonie Zahra 4 Comments




Dancow  Parenting Center kembali mempersembahkan acara seminar parenting. Seperti tahun sebelumnya, kota Malang mendapat gilirannya. Bersyukur sekali saya berkesempatan menghadiri seminar parenting tersebut dengan tema “ Tumbuh Kembang Si Kecil berawal dari Perlindungan yang Optimal “.


Pas sekali acara diadakan pada Sabtu, 27 Agustus 2016 di Ballroom Hotel Atria Malang dengan mendatangkan para pembicara yang kompentensi di bidangnya. Ada Vera Itabiliana, Psi Pakar Psikologi Perkembangan Anak. Sari Sunda Bulan, AMG Pakar Nutrisi dan Tumbuh Kembang Anak. Dan  Dr. dr. Rini Sekartini, SpA (K). Sewaktu saya sampai di tempat, acara sudah dibuka oleh artis cantik yang peduli dengan perkembangan anak, Shahnaz Haque.sebelum masuk ruangan seminar, saya mengambil form kuisioner yang nantinya diisi saat acara dan menitipkan Aiman di arena bermain yang sudah di sediakan dekat pintu masuk. Bagusnya lagi, ada mbak-mbak yang membantu menjaga si kecil bermain, sehingga saya bisa tenang mengikuti seminar parenting ini. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh bunda saja, melainkan para ayah juga meluangkan waktu mengikuti acara ini.



 Vera Itabiliana, Psi yang terlebih dahulu memberikan materi tentang tumbuh kembang anak. Menurutnya perkembangan si kecil mengalami pertumbuhan tubuh dan otak yang amat pesat. Bisa berjalan sendiri, melakukan banyak aktivitas secara mandiri. Adapun aspek yang perlu dikembangkan meliputi:
-          Fisik/ motorik, si kecil aktif bergerak, senang berjalan-jalan dan menjelajah tempat baru
-     Kognisi, si kecil  memiliki rasa ingin tahu yang besar, senang mengamati, menyentuh, mencoba dan bertanya tentang hal baru.
-          Bahasa/komunikasi
-   Emosi/ Sosial, si kecil peka terhadap emosi orang di sekitarnya. Si kecil senang memandangi wajah orang lain dan meniru ekspresi wajah.

Vera Itabiliana juga mengingatkan beberapa kesalahan cara mendidik anak dan pola asuh  yang dilakukan kebanyakan orang tua. Contohnya, mengenai perkembangan bahasa anak. Hanya karena anak ingin pintar banyak bahasa, orang tua mengunakan bahasa lebih dari satu. Misalnya, si kecil di rumah berkomunikasi dengan neneknya menggunakan bahasa Jawa, di sekolah atau lingkungan bermainnya menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan dengan orang tuanya sendiri menggunakan bahasa Inggris. Hal ini justru akan membuat si kecil bingung dan malah proses belajar berbicara dan berbahasanya jadi tidak optimal.



Selain itu, agar si kecil dapat bereksplorasi sesuai kemampuannya, maka orang tua harus memperhatikan tiga hal berikut :
·         Rasa cinta Bunda dan Ayah. Kepercayaan diri Bunda dan Ayah adalah kunci bagi si kecil untuk bereksplorasi secara optimal dan mandiri.
·         Nutrisi yang cukup. Kecukupan nutrisi pada si kecil membantu pertumbuhan fisik dan emosinya.
·         Stimulasi. Stimulasi yang tepat akan membuat si kecil lebih mudah proses belajar banyak hal.
Jika orang tua memperhatikan hal di atas, maka anak-anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal dan sesuai harapan.

Berikutnya, sesi materi di sampaikan oleh Ahli Gizi Sari Sunda Bulan, AMG.  Menurutnya, usia 1+ adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Sehingga perlu nutrisi untuk mendukung si kecil bereksplorasi. Mengapa nutrisi penting ?
·         Nutrisi adalah penentu pertumbuhan yang sehat dan baik pada anak.
·         Nutrisi dapat membantu tumbuh kembang otak, membuat anak jadi lebih pintar.
·         Nutrisi dapat mencegah berbagai penyakit.

Nutrisi juga dapat menjadi perlindungan untuk si kecil. Adapun nutrisi untuk  membantu perlindungan si kecil diantaranya :
·         Untuk kesehatan saluran cerna, terdiri dari serat pangan misalnya Inulin.
·         Bakteri baik, strain spesifik ( Lactobasillus rhamnosus dan Bifidobacterium longum)
·         Vitamin A, C, E.
·         Mineral Selenium dan Zink.

Sari Sunda Bulan juga memberikan tips untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si si kecil agar anak tidak mudah sakit. Jadwal makanan yang konsisten, jenis makanan yang bervariasi dan jumlah makanan yang sesuai porsi si kecil.



Sesi pemateri terakhir diberikan oleh DR.dr. Rini Sekartini, SpA (K). Beliau menjelaskan  tumbuh kembang anak dan kebutuhan dasar anak. Meliputi fisis biomedis mencakup, nutrisi, imunisasi, tidur, bermain dll. Kasih sayang, stimulasi dan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
Selain itu ada beberapa rekomendasi WHO yang disampaikan oleh dr. Rini. Melakukan IMD ( Inisiasi Menyusui Dini ) yang diberikan kurang dari satu jam si kecil lahir. Memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan. Pemberian makanan pendamping ASi. Beliau juga menjelaskan, MPASI harus diberikan tepat waktu, kandungan nutrisi  cukup dan seimbang, aman dan diberikan dengan cara yang benar. Serta pemberian imunisasi yang terjadwal dapat mencegah si kecil dari penyakit.



Sesi materi diakhiri dengan tanya jawab yang diajukan peserta kepada ketiga pemateri. Saking banyakanya peserta yang ingin bertanya langsung, pertanyaan harus dibatasi. Tetapi para bunda dan ayah bisa mengirimkan pertanyaan melalui website resmi Dancow Parenting Center.  Kemudian dilanjutkan dengan pembagian doorprice.


Sebelum acara berakhir, Sari Sunda Bulan memberikan informasi mengenai produk Dancow terbaru, yaitu Dancow Excelnutri+, inovasi dari Nestle Research Centre dengan formula yang disempurnakan yang mengandung 3 keunggulan. Perlindungan dan menjaga kesehatan saluran cerna, perkembangan otak dan proses belajar dan pertumbuhan fisik.

Acara ditutup oleh Shahnaz Haque sambil berpesan, agar para orang tua dapat memutus rantai pola asuh yang tidak sesuai untuk perkembangan si kecil.

-           



4 komentar:

  1. Lengkap nih liputannya
    Jadi banyak belajar tentang pola asuh dan tumbuh kembang anak
    Makasi mama Aim

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Arni, aku suka materi parentingnya. meski hampir sama dengan tahun kemarin tapi tetap aja dapat ilmu baru

      Hapus
  2. Anak2ku minum excelnutri yg coklat buat cemilan hehe

    BalasHapus