Lima Cara Membiasakan Anak Menutup Aurat Sejak Dini

02.18 Ivonie Zahra 0 Comments

 
 
 

Zaman memang semakin canggih. Perkembangan cara berpikir anak-anak juga lebih cepat berkembang daripada anak tempo dulu yang hanya bermain kelereng dan layang-layang. Maraknya tablet dan android yang menjadi pegangan anak-anak juga cukup mengkhawatirkan. Anak mudah sekali meniru, termasuk cara berpakaian. Sebagai orang tua muslim, tentu Anda memiliki tanggung jawab untuk membiasakan anak menutup aurat sejak dini. Berikut ini adalah lima cara mudah melatih anak menutup aurat.

Memberi Contoh Terlebih Dahulu


Sebaik-baiknya seorang muslim adalah mereka yang bisa menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Jadi, sebelum Anda meminta si kecil mengenakan pakaian tertutup, Anda juga juga harus menjaga penampilan di depan anak-anak. Terlebih, anak sangat cepat dalam hal meniru. Jika Anda sebagai orang tua mengenakan pakaian santun yang menutut aurat, tentu saja itu sudah jadi inspirasi yang menggerakkan hati si kecil untuk mengenakan pakaian yang sama. Setelahnya, Anda hanya perlu memberi mereka baju gamis, terlebih saat ini untuk mendapatkan baju gamis tak perlu mahal. Di MatahariMall banyak sekali tersedia baju gamis anak murah. 

Beri Hadiah Gamis yang Menarik


Anak-anak memang suka sekali dengan baju baru. Anda pasti bisa melihat gurat wajah bahagia mereka ketika hari raya idul fitri, ketika mereka mengenakan pakaian baju. Sebenarnya, tak harus menunggu hari raya untuk memberi mereka baju baru. Sebab, banyak sekali baju gamis anak murah  yang dijual di MatahariMall. 

Memilih Sekolah Islami untuk Anak


Jika memang Anda ingin anak-anak lebih mendalami agama islam, ada baiknya jika memilih sekolah berbasis agama islam. Di lingkungan sekolah tersebut, anak pasti diwajibkan memakai seragam santun dan sepenuhnya menutut aurat. Kebiasaan tersebut yang akan melatih anak-anak untuk selalu mengenakan pakaian tertutup. Anda pun akan lebih mudah menerapkan kebiasaan menutup aurat di rumah atau di manapun. Baiknya, Anda tak perlu membeli baju berlengan pendek. Saat membeli pakaian untuk anak-anak, beli saja baju gamis anak murah. Terlebih, di zaman yang serba canggih ini, belanja bukan lagi hal yang ribet, cukup buka internet langsung klik MatahariMall dan semua yang Anda butuhkan tersedia.

Menanamkan Rasa Malu Sejak Kecil


Jangan menganggap remeh penampilan anak ketika ia masih kecil. Misalnya saja, Anda kerap kali melihat anak balita yang bermain di luar rumah dengan pakaian seadanya. Jika Anda tidak ingin anak-anak terbiasa dengan penampilan tersebut, baiknya tanamkan kebiasaan malu sejak dini. Gunakan pakaian yang pantas ketika keluar rumah meski ia masih anak-anak. Jadi, kelak ketika ia semakin besar, akan tumbuh dengan sendirinya rasa risih ketika mengenakan pakaian terbuka. 

Jika Perempuan, tak Ada Salahnya jika Mengenakan Hijab Sejak Bayi


Mengenakan hijab adalah wajib hukumnya bagi kaum perempuan yang sudah baligh. Namun, lebih baik lagi jika membiasakan si kecil dengan hijab sejak bayi. Toh, hijab juga membuat si kecil merasa hangat. Faktor kebiasaan sejak dini tersebut membuat Anda tak perlu repot-repot lagi mengajarkan anak untuk memakai hijab, sebab mereka sudah mengenakannya bahkan sejak masih bayi. Saat si anak mulai tumbuh besar, teruslah memuji penampilannya yang mengenakan hijab, sehingga ia akan merasa bangga dengan hijab yang ia kenakan. Untuk penampilan terbaiknya, Anda juga bisa sesekali memanjakan mereka dengan membelikan gamis cantik. Minta saja mereka memilih sendiri model yang mereka suka di MatahariMall, sebab, hanya di sana tersedia baju gamis anak murah.


0 comments: