Mie Koclok Khas Cirebon Dengan Bakmi Mewah

02.41 Ivonie Zahra 18 Comments




Apakabar sahabat Aura? Semoga semua dalam keadaan baik dan sehat selalu ya. Siapa yang gak suka mie instant? Hayo angkat tangannya? Gak ada? Semua suka? Toss dulu kalau gitu sama saya hehe. Bisa dibilang mie instant adalah menu kesukaan sejuta umat, terutama orang Indonsia ya. Tetapi jangan salah, orang luar negeri pun suka lho sama mie instant. Seperti majikan lelaki saya sewaktu bekerja di Hong Kong. Setiap bulan pasti menyuruh saya membelinya satu kardus. Habisnya enak sih kata mereka, termasuk anak-anaknya.



Pagi ini urusan memasak untuk menu seharian sekaligus bekal buat suami kerja sudah beres. Tadinya mau mengantar anak-anak  pergi ke posyandu, tetapi sampai jam 9 pagi belum pada bangun. Meskipun masakan sudah beres, tetapi saya tidak terbiasa sarapan nasi. Saya mikir sejenak, kiranya apa yang cocok buat sarapan. Berhubung roti dan buah gak ada, ahay..kenapa gak masak mie saja? Dan pilihan saya mau berkreasi dengan Bakmi Mewah sambil menunggu anak-anak bangun tidur.




Apalagi semalam habis belanja untuk menu seminggu, sehingga bahan tambahannya sudah ada. Saya termasuk penggemar olahan mie, baik mie instant maupun mie olahan. Nah, saya coba kreasikan bakmi mewah ini untuk masak mi koclok. Kenapa memilih Bakmi Mewah? Karena saya suka tekstur mienya yang kenyal, licin dan lembut tetapi gak gampang putus seperti mie instant kebanyakan. Sehingga dikreasikan apa saja bakal jadi hidangan mie yang mewah seperti sajian di restoran. Selain itu, saya cocok sama taste bumbunya pas banget untuk ukuran lidah saya. Rasanya pun gak tajam di tenggorokan dan gak bikin cepet haus setelah memakannya. Meskipun dikreasikan, bumbunya pun tetap bisa nyambung lho sama bumbu tambahan olahan saya.

Mie Koclok kreasi saya ini  terinspirasi dari Mie Koclok Cirebon. Mungkin bagi orang Cirebon pasti sudah tak asing lagi dengan nama olahan mie ini ya. Tetapi buat saya yang belum pernah memakan langsung di kota nya justru bikin penasaran. Berikut resep Mi Koclok dengan Bakmi Mewah versi saya. Oh iya, kalau di mie koclok khas Cirebon pelengkapnya ada suwiran daging ayam dan lain-lain. Saya tak perlu menambahkannya lagi, karena saya memakai topping bawaan dari Bakmi Mewah itu sendiri. Potongan ayam dan jamurnya yang sudah nikmat di mulut hehe. Yuk, simak bahan dan caranya.




Mie Koclok Bakmi Mewah

By : Ivonie

Bahan :

1-2 bungkus Bakmi Mewah, rebus mienya dan sisihkan topping dan bumbu
500 ml kaldu ayam
150 ml santan
2 sdm tepung sagu, larutkan dengan sedikit air hingga berbentuk cairan
1 batang seledri, ikat simpul
¼ sdt garam
½ sdt gula pasir
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu Halus :

2 siung bawang putih
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk

Bahan Pelengkap :

1 butir telur rebus
50 gr taoge, seduh air panas
50 gr kol, iris dan seduh air panas
100 gr emping goreng
Daun bawang kering
Topping ayam dan jamur Bakmi Mewah
Saus sambal
Bumbu cair Bakmi Mewah

Cara Membuat :
1.       Rebus kaldu ayam dan seledri hingga mendidih.
2.       Panaskan wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan kaldu.
3.       Tambahkan santan, garam, gula pasir dan daun bawang kering, aduk hingga rata dan mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung sagu, aduk hingga rata dan meletup-letup.
4.       Penyelesaian : tata mie dalam mangkok atau piring cekung yang sudah dihias daun slada. Tuang bumbu cair Bakmi Mewah, beri topping ayam dan jamur, taoge, kol dan telur rebus. Siram dengan kuah dan sajikan dengan emping goreng sebagai pelengkapnya.
5.       Sajikan.




Mudah dan cepat bukan? Rasanya? Enak dari tekstur mie dan bumbunya berpadu dengan kuah yang gurih dan kental, nikmat banget. Apabila suka pedas, bisa ditambahkan saus sambal bawaan Bakmi Mewah tambah yummy deh. Meski baru pertama makan mie koclok khas Cirebon ala saya ini, bakalan jadi favorit varian olahan mie. Apalagi kalau bosen makan mie instant yang biasa saja. Sarapan pagi saya beneran jadi mewah berkat Bakmi Mewah. Rasa dan penampilannya gak kalah dong dengan sajian mie ala restoran. Rasa penasaran saya terjawab sudah dan puas dengan hasilnya. Teman-teman penasaran juga? Cobain deh resepnya hehehe





18 komentar:

  1. Cocok dimakan pas hujan hujan..yummy

    BalasHapus
  2. Sisain satu bungkus ya Ma, ntar malam pulang lembur enak neh makan bakmi mewah yang panas dan lezat.

    BalasHapus
  3. Enakkkk suka sama fotonya... dulu ibu juga sudah nyobain ini. Dagingnya kerasa

    BalasHapus
  4. Wah...boleh juga nih resepnya. Mau nyobain juga, ah

    BalasHapus
  5. Mantappp kapan kapan masakin yah..

    BalasHapus
  6. Duh bikin ngiler banget sih, Von..

    BalasHapus
  7. Berkat Bakmi Mewah saya jadi tahu ada mie koclok.
    Keren, enakkk.
    Ntar mau coba ah

    BalasHapus
  8. fotonya menggoda mbak. resep baru nih bisa dicoba, aira juga suka banget sama mie. Eh, mbak aku ketawa pas pertama baca kata "koclok" dlm artian bahasa jawa. Kirain mbak salah ketik, tapi ternyata emang mie koclok ya? artinya sama gak ya dengan "koclok" bahasa jawa, hehehe

    BalasHapus
  9. maaf ivone, follback dong, biar blog saya jadi keren kayak blognya mbak, di follow emak hebat kayak mbak ivone.. ^_^

    BalasHapus
  10. Judulnya aja udah bakmi mewah, ditambah racikan begini bakal makin mewah dah. Bikin laper. Hehehe.

    BalasHapus
  11. Waaa ini resep mi koclok yaa, makasih resepnya mama Ivone..

    BalasHapus
  12. waaaa gampang ternyata bikinnya ya
    makin mewah deh ini makan bakmi mewahnya

    BalasHapus
  13. Duh lain yaa kalo yang bikin jago masak.. Ngencees.

    BalasHapus
  14. huwaaa mie koclok...jadi pingin pulang ke Cirebon

    BalasHapus
  15. Ternyata bakmi mewah bisa dikreasikan jadi mie kocok ya. :D
    Asik banget nih dimakan pas hujan-hujan. :)

    BalasHapus
  16. Hujan-hujan lihat gambar mie itu adalah godaan terdahsyat kak. LOL
    salam kenal kak :)

    BalasHapus
  17. Namanya lucu, mie koclok :) Belum pernah makan mie koclok ini. Tandain ah resepnya. Thanks for sharing ya :)

    BalasHapus