Lima Hobi Yang Menghasilkan Materi

09.20 Ivonie Zahra 19 Comments


Saat ini berbicara soal hobi, bukanlah sekedar melakukan pekerjaan atau kegiatan yang disukai. Lebih dari itu,  hobi pun bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat ataupun materi. Bahkan banyak yang menemukan pekerjaan atau penghasilan yang berawal dari hobi, seperti yang saya lakukan.

Saya termasuk orang yang memiliki lebih dari satu hobi. Sesuatu kegiatan atau aktifitas yang saya jalani dengan senang hati. Bahkan, tak ayal saya sering melakukan pengorbanan atas nama hobi. Tetapi karena untuk menunjang hobi, tak ada salahnya toh. Ada bebarapa kegiatan yang awalnya hanya sekedar hobi saja. Namun lambat laun, berkat dorongan suami dan teman justru hobi tersebut menghasilkan materi bagi saya. Tentu saja hal tersebut menjadi kesenangan yang berlipat. Berikut lima hobi saya yang akhirnya malah menghasilkan materi.

1.      Hobi Menulis

Sebenarnya saya suka atau hobi menulis sudah lama, bahkan saat masih di bangku sekolah. Akan tetapi masih sekedar menulis catatan diary atau curhat gak jelas. Baru saat merantau untuk bekerja ke negara orang lah saya menyadari hobi menulis diary menjadi cikal bakal saya belajar menulis cerita pendek, novel dan blog. Hingga puncaknya beberapa cerita pendek saya pernah dimuat di media. Lalu berkolaborasi dengan dua teman saya yang memiliki hobi yang sama menerbitkan sebuah novel dengan cara indie. Tentunya dari situ saya mendapatkan penghasilan dari honor menulis cerpen maupun menjual novel. Selain itu sejak menekuni kembali blog, banyak menerima tawaran job review maupun sponsored post.

2.      Hobi Membuat Kue


Berawal dari membantu bulek yang biasa membuat kue untuk tiap ada acara hajatan keluarga, saya menyukai kegiatan ini. Membuat kue atau baking menjadi hobi yang meyenangkan bagi saya. Sejak duduk di bangku SMEA, saya rajin mecoba resep di majalah maupun buku resep. Kegiatan itu pun berlanjut hingga saya menikah dan menjadi ibu. Selain praktek sendiri, kadang saya pun ikut kursus membuat beragam kue di grup baking yang ada di facebook maupun grup whatsapp.

 Berkat dorongan suami dan teman, saya pun memberanikan diri menerima pesanan kue dengan label Dapur Ivonie. Bermodalkan mixer jadul yang dibelikan almarhum bapak saya dan oven listrik hasil membongkar uang mahar, saya memanfaatkan hobi tersebut menjadi kegiatan yang menghasilkan materi. Saya menerima pesanan baik kue kering maupun kue tart untuk ulang tahun.

3.      Hobi Memasak


Sewaktu masih sekolah, saya suka menonton televisi dengan acara masak memasak yang biasa dibawakan oleh Ibu Sisca Suwitomo maupun Rudy Choiruddin. Rajin mencatat resep yang sedang diperagakan, tak ayal kadang berkejaran dengan slide tayangan televisi agar tak ketinggalan daftar resepnya. Dari situ pula saya menyukai hobi memasak ini. Sering mempraktekkan resep baik dari menonton acara masak di televisi maupun rubik masakan di majalah.

 Dengan di bawah naungan label Dapur Ivonie, saya memberanikan menerima pesanan masakan, terutama nasi kotak maupun tumpeng. Berhubung saya tak punya asisten rumah tangga, biasanya saya berkolaborasi dengan bulek suami yang juga pinter memasak. Puncaknya saya pernah menerima pesanan nasi kotak tiga hari berturut-turut dari salah satu kantor Koran nasional di Malang.

4.      Hobi Memotret Makanan


Hobi memotret makanan ini sebenarnya berawal dari sebuah keisengan saja. Melihat bentuk makanan yang menarik dan menggiurkan rasanya kok sayang kalau tak didokumntasikan. Hanya saja, dulu saya bermodal handphone jadul dan tak mengerti dengan teori fotografi. Baru setelah menikah, kegiatan yang menyenangkan memotret makanan kembali saya tekuni. Masih sama seperti dulu modalnya handphone biasa, pokok ada kameranya. Lalu ingat kalau saya punya kamera digital, mulai merambah memakai itu dan belajar sedikit-sedikit teori fotografi lewat grup facebook. Hingga puncaknya, saya diberi hadiah ulang tahun berupa kamera prosumer merk Nikon oleh suami. Saya senang banget dong, ilmu fotografi sudah sedikit menguasai dan ditunjang dengan alat tempurnya makin membuat saya rajin memotret. Dari situlah saya pernah diminta untuk memotret sebuah produk cokelat dengan materi yang lumayan lah buat pemula.

5.      Hobi Membuat Aneka Kerajinan Atau Craft.


Entah kenapa, saya termasuk orang yang menyukai segala hal berbau seni dan salah satunya membuat kerajinan tangan. Semisal, membuat bros dengan mengkreasikan kain perca, pita atau menggunakan manik-manik. Meskipun membuat kreasi bros ini masih setaraf hobi, namun kalau dikerjakan dengan serius saya rasa pun bisa jadi hobi yang menghasilkan materi. Bagi saya, masih sekedar untuk gift buat saudara ataupun sahabat bros-nya.

Begitulan lima hobi yang saya lakukan dan pernah menghasilkan materi. Saya yakin masih banyak hobi lainnya yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga atau perempuan pada umumnya yang bisa menghasilkan materi. Saya bersyukur dengan hobi yang saya lakukan ternyata tak hanya meanghasilkan materi, namun lebih dari itu sebisa mungkin melakukan hobi yang positif dan bermanfaat. Tinggal bagaimana kita mengembangkan hobi tersebut. Adakah kalian memiliki hobi yang sama dengan saya seperti di atas?



19 komentar:

  1. Nggak salah kalau nelatenin hobi2 itu. Selain nambah pengalaman dan kekreatifan, juga nambah uang saku. Hehehehe

    BalasHapus
  2. Wah, yang dua di antara lima itu hobiku. Sebenarnya pengen juga belajar bikin kerajinan tangan

    BalasHapus
  3. Senengnya punya suami yg mendukung penuh hobi istri sampai dibelikan kamera. Kalo aku dari list diatas cuma hobi nulis aja

    BalasHapus
  4. Senengnya punya suami yg mendukung penuh hobi istri sampai dibelikan kamera. Kalo aku dari list diatas cuma hobi nulis aja

    BalasHapus
  5. Seneng ya Von, punya hobi yang bisa menghasilkan.. Ngerjainnya juga tanpa beban

    BalasHapus
  6. Kelihatan banget telatennya.. saluuut..

    BalasHapus
  7. Mbak ivon keren ah, semua hobi itu bisa ditekuni dan jago semua.

    BalasHapus
  8. Hobiku tidur, hasilnya jadi lemak, huahuahua..

    Baca artikelnya kok aku jadi minder ya, gak punya keahlian apa-apa, heuhue

    BalasHapus
  9. Mantap banget hobinya keren deh bisa nambah penghasilan

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah bisa dapat rejeki lewat hobi itu nikmatnya dobel-dobel.

    BalasHapus
  11. Tidak ada hobi yang paling menyenangkan, selain hobi yang menghasilkan materi, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener banget mas. Melakukannya pun tetap happy ya hahaha

      Hapus
  12. asik memang ya mbak kalau hobi kita jadi menghasilkan ;)

    BalasHapus
  13. Keren deh emak yang satu ini multitalenta :D

    BalasHapus
  14. Hobiku belanja, ngga ngehasilin apa2 yg ada ngeluarin uang hihi.. hiks..

    BalasHapus