Asyiknya Berenang Di Kolam Renang Sutami Karangkates Malang

00.00 Ivonie Zahra 24 Comments

Kolam Renang Tampak Atas


Sebenarnya cerita berenang bareng anak-anak ini sudah dari awal bulan lalu sih. Malu juga baru bisa diceritakan sekarang, gegara kegeser tulisan lain yang lebih urgent. Akan tetapi terlambat gak apa ya, ketimbang ceritanya menguap begitu saja, sekalian buat update blog dari pada enggak sama sekali hahaha.


Jadi, awal bulan lalu saya mengagendakan untuk pulang ke rumah ortu yang ada di Blitar. Rencannya saya mengajak suami untuk menginap, kalau bulan sebelumnya tak sempat. Selain itu ada kawasan wisata yang dari dulu ingin saya kunjungi bareng suami dan anak-anak. Saya pernah sekali ke sana waktu masih lajang, sehingga penasaran dengan perkembangan kawasan tersebut. apalagi saya sempat membaca di postingan Mbak Retno kalau ada kolam renangnya, bahkan ada yang baru dibangun. Saya makin penasaran dong, sejak Mas Aiman gak takut lagi berenang, aktifitas ini menjadi agenda baru.


Berhubung mau berenang dan menginap, bawaan jelas lebih banyak ketimbang biasanya mengingat sekarang sudah ada dua anak. Sabtu, 4 Maret 2017 saya berangkat pagi-pagi agar tidak kesiangan sampai di kolam renang. Saya sengaja mengajak berenang terlebih dahulu, baru sesudahnya pulang ke rumah ortu.

Alhamdulillah, perjalanan lancar dan anak-anak tertidur selama di jalan karena harus bangun pagi-pagi. Perjalanan dari rumah menuju kolam renang Kawasan Wisata Karangkates memakan waktu satu jam. Selain perjalanan lancar, cuaca pun lumayan cerah dan mendukung rencana berenang. Begitu sampai di depan gerbang, suami menuju loket tiket masuk kawasan wisatanya. Harga tiket masuk kawasan wisata sebesar Rp. 10.000 untuk orang dewasa, sementara anak-anak gratis.

Saat saya bertanya pada putugas loket dan satpam, lokasi kolam renang berada di sisi kiri dari piintu gerbang masuk. Suami pun kembali melajukan sepeda motor menuju lokasi yang dimaksud. Saya lumayan excited dengan perkembangan kawasan wisata Karangkates. Jauh berbeda dengan kondisi limabelas tahun yang lalu, saat pertama kali saya menjejakkan kaki di kawasan wisata Karangkates ini. Limabelas tahun? Iya, lha wong saya ke sini pas masih sekolah hehe.

Tempat Parkir yang Luas

Suami memarkirkan sepeda motor di tempat parkir yang menurut saya cukup luas, begitupun juga untuk mobil. Sementara saya berjalan dengan Mas Aiman menuju pintu masuk ke area kolam renang. Nah, sebelum masuk ke kolam renang masih dikenai biaya tiket yang masing-masing orang dikenai Rp.5000 termasuk juga Mas Aiman.


Letak kolam renangnya berada di bawah dekat dengan bendungan, sehingga saya mesti menuruni tangga. Sekeliling area kolam terdapat taman dengan pohon yang rindang dan rumput yang menghijau. Kondisi di kolam renang tidak terlalu ramai, sehingga bisa lebih leluasa renangnya. Sampai bawah, saya mencari tempat untuk meletakkan barang-barang di salah satu gazebo yang tersedia di pinggir kolam. Sebelum berenang saya sempatkan untuk bernarsis ria terlebih dahulu. Di dekat bendungan terdapat spot untuk berfoto yang instagramable.

Spot Foto yang Instagramable

Narsisnya Kumat :))



Narsis Bareng Aira Dengan Background Bendungan Sutami


Kolam renang di sini dibagi menjadi beberapa dengan dua lokasi yang berbeda namun masih berdekatan. Yup, karena yang satunya area kolam masih terbilang baru dan cukup luas menurut saya. Saya sendiri memilih berenang di kolam lama yang khusus dewasa  dan ada wahana prosotan yang berliku-liku dan lumayan tinggi. Sementara untuk kolam renang anak-anak, areanya lebih banyak termasuk di kolam yang baru.

Kolam Renang Anak & Dewasa






Mas Aiman dan Baby Aira senang sekali berenang di sini. Terutama buat Baby Aira karena ini pertama kalinya berenang di kolam renang besar yang nota bene airnya dingin. Selain kolamnya luas, airnya pun tergolong jernih dan bersih. Ada satu bagian kolam yang terdapat prosotan, juga ember kaleng raksasa yang apabila sudah terisi penuh air akan tumpah dengan sendirinya. reaksi anak-anak yang menunggu di bawahnya sangat girang. Sayangnya Mas Aiman tidak tertarik dengan area kolam renang tersebut.



Kolam Renang Baru




Meski waktu makin beranjak siang dan matahari makin terik, tapi saya dan anak-anak masih keasyikan berenang serta bermain air. Saya sempat sesekali istirahat untuk menyusui Baby Aira di gazebo dan juga menyantap bekal yang saya bawa dari rumah. Oh iya, di area kolam renang terdapat cafetaria, sayangnya tidak dioeprasikan alias gak ada yang jualan. Cuma ada pedagang yang keliling menjajakan. 
Cafetaria Tak Difungsikan Untuk Jualan

Mas Aiman gentian bermain air dengan suami. Meskipun Mas Aiman tidak tertarik dengan area kolam renang ember kaleng tumpah, tetapi justru dia tertarik dengan prosotan yang tinggi dan melingkar. Mas Aiman antusias sekali saat ditemani suami meluncur di arena prosotan yang akan bermuara di kolam renang dewasa. Awalnya sih, takut-takut tapi kepengen hehehe..namanya anak kecil pasti ingin tahu dan penasaran ya.

Kolam Renang Anak Baru

Saya memperhatikan cuaca mulai mendung dan makin siang. Saya pun mengusulkan untuk menyudahi aktifitas berenangnya. Saya khawatir kehujanan pas perjalanan pulang ke rumah orang tua. Sayangnya, baru juga mau ganti mandi untuk membilas badan dan berganti baju, gerimis keburu turun. Sebagian orang masih ada yang tetap berenang, namun banyak juga yang memilih berteduh di gazebo terutama yang membawa anak kecil.

Usai mandi selesai, akhirnya saya putuskan untuk nekat menembus hujan dengan memakai mantel. Takutnya nanti malah makin deras, apalagi mulai terdengar bunyi geluduk. Benar saja, saat di perjalanan hujan makin deras disertai kilatan petir. Saya menyarankan pada suami untuk hati-hati mengendarai motornya. Alhamdulillah,sampai rumah ortu dengan selamat dan anak-anak sempat tertidur selama perjalanan tadi.






24 komentar:

  1. Wow tempatnya cozy banget ..Ini anak2 juga pada berenang mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku pun senang banget berenang di sini hehehe

      Hapus
  2. Kalau di Malang banyak pilihan mau berenang dimana? kalau di Bangkalan Madura cuma ada 2 tempat berenang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Malang, pilihannya banyaak, mau yang murah seperti ini sampai yang mahal pun ada mbak. :D

      Hapus
  3. Asyik ya bisa berenang bareng mbak, kalau anakku ngga gitu suka renang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulunya juga gak suka mbak, tapi pas sudah berani, senang dia berenang mbak

      Hapus
  4. Wah kok seperti kolam renang pribadi gini ya? Nggak ada orang lain? Waktu ke Malang lalu nggak sampai Karangkates, kurang lama liburannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gak begitu ramai mbak.
      Ada kok mbak, cuma gak ramai mbak. selain itu kolam renangnya banyak jadi mencar-mencar yang berenang.
      Ke Malang lagi kalau begitu mbak :)

      Hapus
  5. Murah ya cuma 10 rb kolam renangnya bersih gt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk kolam renang 5 ribu aja mbak. Selain kolam renang ada arena bermain di sekitarnya

      Hapus
  6. Selain murah, tempatnya juga keren ya, Mba. Kalau dekat bisa maen ke kolam renang sutami itu.. Banyak spot buat foto juga..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, selain murah kolamnya juga bersih. di danaunya pun ada persewaan perahu buat mengelilingi bendungan

      Hapus
  7. Paling seneng berenang sama anak, walau kita sbeenrnya malah g berenang ya mbak
    Ngawasin si anak πŸ˜€

    BalasHapus
  8. Tempatnya keren ya mba, asyik buat bawa anak berenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, yg bikin tambah asyik harganya pun termasuk murah mbak

      Hapus
  9. Tempatnya tampak mewah ya mbak ivon, dan kenapa saya gak pernah tahu kalau ada kolam renang di situ? apa karena lokasinya di bawah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bagus dan murah mbak.
      bisa jadi, pas ke sana akupun tanya dimn letaknya. agak minggir dri pintu masuk

      Hapus
  10. wahhhh...., enak ya ternyata tempatnya. He he he..., selama ini cuman lewat aja, belum pernah mampir kesana.
    :D

    BalasHapus
  11. Aira udah diajak renang Von? Gak papa tuh, kan belum ada setahun.

    BalasHapus
  12. Kapan berenang lagi di sini? kolamnya luas, masih baru dan bersih.

    BalasHapus
  13. Duuuh bagusnya nih kolam renang dan view nya. Ga tahan pengen nyebur...waktu aku ke Malang kayaknya ga kepikiran ada kolam seasri ini. Tq infonya mbak.

    BalasHapus
  14. seru juga ia kayaknya kalau bisa renang sambil liat suasana suangai Brantas di sebelahnya ....
    serana bernang di sungai Brantas, wkwkwkwk

    BalasHapus
  15. sudah lama, tak melewati karangkates. cuma pernah main2 dibendungannya, kalau ke sini belum pernah haha

    BalasHapus
  16. Kolam renangnya terlihat bersih dan asri :D
    enak nih siang-siang berenang disitu, pasti segerrr. Hehehe

    BalasHapus