Festival Ngidam SGM Bunda, Cara Seru Para Bunda Merayakan Ngidam

09.44 Ivonie Zahra 16 Comments



Siapa yang waktu hamil mengalami ngidam? Saya dong. Dua kali menjalani kehamilan mengalami yang namanya ngidam. Beruntung memiliki suami yang pengertian sehingga tiap kepengen makan atau minum sesuatu mesti keturutan. Apalagi saat ngidam di kehamilan anak pertama. Dibela-belain jam 11 malam ke pizza hut karena saya ngidam pizza. Ngidam pake banget karena saya maunya malam itu juga hihihi.


Masa kehamilan merupakan momen special dan luar biasa bagi para bunda dengan segudang cerita dan pengalaman menarik, salah satunya ya di saat Bunda Ngidam. Ngidam menjadi sebuah pengalaman yang unik bagi bunda hamil dengan ditandai keinginan yang lebih besar akan suatu hal, biasanya berkaitan dengan makanan atau minuman tertentu. Tapi ada juga yang ngidam di luar hal tersebut, namun jarang sih.  Memahami akan kebutuhan para bunda dalam masa kehamilan, SGM Bunda menghadirkan “ Festival Ngidam SGM Bunda” yang diadakan pada tanggal 5-6 Agustus 2017 di Atrium Utama Royal Plaza Surabaya.

Beruntung, saya berkesempatan menghadiri undangan acara tersebut.Meskipun belum ada rencana hamil lagi, setidaknya saya bisa mendapatkan informasi menarik mengenai bunda ngidam yang bisa dibagikan ke bunda-bunda lainnya yang sedang hamil. Begitu keluar dari stasiun, saya langsung memesan transportasi untuk menuju lokasi acara yang tidak terlalu jauh.

Sesampai di lokasi, pintu utama belum dibuka dan setelah dibuka saya, Anisa dan Mbak Avy langsung menuju meja regristrasi dan mengambil tempat di deretan bangku yang sudah di sediakan. Tepat pukul setengah sebelas, acara dimulai dengan dibuka oleh mc yang membacakan urutan acara tersebut.


Tiba waktunya Ibu Christina Natalia selaku Marketing Manager SGM menyampaikan sambutan. “ Festival Ngidam SGM Bunda adalah festival kehamilan yang pertama dan terbesar di Indonesia. Kami hadir dengan serangkaian aktifitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan untuk Bunda. Kami paham bahwa Bunda yang sedang ngidam cenderung memilih makanan tertentu dan kerap terkendala untuk menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang. Padahal, pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang anak dalam kandungan optimal,” ujar beliau.

Diharapkan dengan adanya Festival Ngidam SGM Bunda, para Bunda tidak hanya mendapat aktifitas seru dan menikmati makanan favorite mereka, namun juga mendapat pemahaman terkait nutrisi yang dibutuhkan pada masa hamil. Sesi berikutnya disampaikan oleh dr. Muhammad Ardian C.L, SpOG, M. Kes.


Beliau menjelaskan bahwasannya, Bunda yang mengalami ngidam memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, seperti defisiensi zat gizi, hormone maupun piskologis/lingkungan. Perubahan hormone yang terjadi di masa kehamilan juga membuat bunda mengalami peningkatan sensitifitas rasa dan penciuman yang mengubah preferensi dan pola makan terhadap jenis makanan tertentu.

Pesan dari dr. Muhammad Ardian, “ Bunda harus lebih cermat dalam menjaga kesehatan dirinya dan juga si kecil sejak dalam kandungan melalui pola makan bergizi seimbang. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Data di Indonesia menunjukkan fakta bahwa 6 dari 10 ibu hamil memiliki asupan protein dan beberapa zat gizi mikro yang lebih rendah dari kebutuhan.”


Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Dude Harlino yang berbagi cerita mengenai kehamilan istrinya Alysa Soebandono atau yang biasa di sapa Icha. Menurutnya, “ Sama seperti kehamilan pertama, di kehamilan kedua kemarin Icha tidak mengalami ngidam makanan atau minuman tertentu dan tetap selalu berusaha memastikan makanan dan minuman yang bergizi cukup untuk si kecil di dalam kandungan,” Jelas Dude. Hal tersebut juga dibenarkan oleh dr. Muhammad Ardian, bahwasannya tidak semua ibu hamil mengalami ngidam.






Dalam rangkaian acara Festival Ngidam SGM Bunda, para Bunda dan Ayah juga akan mendapatkan edukasi seputar kehamilan seperti konsultasi obstetric dan nutrisi, tips cerdas menjaga kehamilan, dan nutrisi agar bunda dan si kecil sehat. Selain itu, para Bunda yang hamil bakal dimanjakan dengan beberapa both yang sudah tersedia, seperti Ngidam Jajan dengan aneka ragam kuliner lezat dan bergizi yang biasanya bikin ngidam para bunda hamil. Seperti, Bakwan Malang, Rujak, Minuman Cincau Hijau dll. Tak hanya soal makanan, tapi para Bunda bisa merasakan Ngidam Dimanja melalui serangkaian fasilitas perawatan kecantikan dan pijat hingga terapi music hamil. Ada juga Ngidam Eksis dengan mengikuti fashion show Bunda Hamil-Menyusui serta photo both cantik.


Usai serangkaian acara yang telah disampaikan di atas, ditutup dengan foto bersama para narsumber maupun awak media. Sementara bagi Bunda Hamil bisa langsung menuju both atau tempat fasilitas yang sudah disediakan. Acara ini tak hanya akan dilaksanakan di Surabaya, melainkan akan berlanjut ke kota lainnya.


16 komentar:

  1. Acaranya super seru. Asyik ya? Apalagi ada Dude Herlino. :v Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sayangnya gak bisa foto berdua ahahahhaha

      Hapus
  2. Kapan acara ini mampir di kotaku, ya? :D

    BalasHapus
  3. Festival ini bikin ngidam jadi lebih seru ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, berasa nostalgia gitu deh. Kalau ngidam hamil ntar dulu aja. Masih ikut program pemerintah 2 anak cukup wkwkwkwkw

      Hapus
  4. Wah asiik tuh ..semoga dikasi calon adik buat Aira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha, belum kuaminin ya mbak. Masih ikut program pemerintah :D

      Hapus
  5. sayang gak ada foto bareng dude herlino

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berdua aja, gak sempat kemarin Pak :D
      kalau ramai2 sih ada, cuma gak diposting hehehe

      Hapus
  6. Pas banget nih informasinya mba, saya nih yang lagi ngidam macam macam. Pokoknya lihat apa aja pingin, tapi pas dimakan ga begitu suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya serasa cuma buat syarat, keinginan terpenuhi ya mbak hihihi

      Hapus
  7. sayang aku nggak bisa ikutan padahal acaranya seru ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, cocok buat mbak Fika nih kalau mau nambah anak hihi

      Hapus
  8. Pantes ya Alyssa hamil gede aja bisa tetep langsing.. gak ngidam aneh-aneh sih. Lha sini hamil gak hamil bawaannya ngidam terus, sampe lagi gak hamil pun dikira hamil, badan mbedah wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain yak kalau kita yang mengalami mbak. aku lho lagi menyususi dibilang hamil 3 bulan ya. apa? ahahahaha

      Hapus