Tiket Kereta Api dan Tips untuk Menghindari Typo Saat Pemesanan

20.22 Ivonie Zahra 15 Comments







Typo atau kesalahan penulisan kerap terjadi terutama ketika menuliskan dengan menggunakan keyboard yang kecil misalnya di smartphone. Typo juga bisa terjadi saat mengetik atau bahkan saat menulis. Jika typo bisa diganti atau ditutupi dengan tipe-x saat sudah dicetak, namun jika Anda mengalami typo saat memesan tiket kereta terutama pesawat akan fatal akibatnya.

Kesalahan dalam menuliskan data terutama nama yang tidak sesuai dengan yang tertera di dalam kartu identitas yang digunakan akan menyebabkan Anda tidak bisa naik kereta atau pesawat sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Walaupun Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut dengan menghubungi customer service di stasiun dan menjelaskan mengapa terjadi kesalahan identitas atau toleransi karena kekurangan atau kesalahan penempatan 1 huruf yang bisa di-crosscheck dengan KTP yang bersangkutan, akan tetapi jika Anda baru mengetahuinya saat check in di stasiun dan Anda tidak bisa masuk akan menyebabkan hal fatal dimana Anda tidak bisa untuk menaiki kereta tersebut dan lebih fatal lagi jika jadwal keberangkatan kereta yang selanjutnya adalah keesokan harinya padahal Anda sedang buru-buru.

Baca Juga :Perjalanan Pertama Baby Aira Naik Kereta Api Ke Sidoarjo

Untuk menghindari kesalahan penulisan identitas atau typo saat memesan tiket, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda. Pertama adalah pastikan jika kartu identitas Anda masih berlaku. Berhubung saat ini sudah menggunakan KTP dimana kartu identitas tersebut berlaku untuk seumur hidup, maka Anda tidak perlu khawatir. Selain menggunakan KTP, Anda juga bisa menggunakan KTM atau kartu siswa.

Kedua adalah siapkan kartu identitas Anda yang akan digunakan untuk memesan tiket kereta api ke kota tujuan. Kartu identitas tersebut berguna sebagai petunjuk penulisan nama yang lengkap dan tepat sehingga penulisan nama pada tiket tersebut bisa dihindari. Ketiga adalah hindari untuk menggunakan hanya secarik kertas yang berisi informasi mengenai identitas diri mana saja yang akan digunakan untuk memesan tiket, misalnya Anda memesannya untuk keluarga Anda. Bisa saja Anda salah saat menulis identitas di kertas tersebut dan ujungnya Anda juga salah saat memasukkan data diri ketika memesan tiket tersebut. Selain Anda bisa menggunakan dan membawa kartu identitas tersebut saat Anda memasukkan data diri, Anda juga bisa memotret kartu tersebut sehingga bisa mengurangi kesalahan penulisan.

Keempat adalah hindari Anda memesan tiket untuk naik kereta api saat Anda sedang sibuk. Terkadang, memesan tiket sering dilakukan saat di tengah kesibukan misalnya saat di kantor yang disebabkan karena Anda tidak memiliki waktu lagi untuk memesan tiket dan Anda harus bertolak ke kota tujuan setelah Anda dari kantor. Sebaiknya, pilih waktu yang cukup senggang dimana Anda tidak sedang terburu-buru atau perhatian Anda teralihkan dengan hal yang lainnya ataupun saat Anda kelelahan sehingga kesalahan penulisan bisa lebih diminimalkan. Jika Anda sibuk, maka sebaiknya minta bantuan ke teman Anda atau saudara Anda yang memiliki waktu senggang untuk memesankan tiket ke kota tujuan Anda.

Kelima adalah lakukan pengecekan terakhir. Setelah Anda memasukkan data diri, sebelum Anda ke proses selanjutnya yaitu pembayaran tiket kereta, Anda bisa membandingkan identitas yang Anda tuliskan dengan yang asli yaitu di KTP atau kartu identitas lainnya. Jika perlu, sandingkan kartu identitas Anda di layar komputer atau di samping smartphone Anda untuk melihat apakah ada kesalahan penulisannya atau tidak. Jika tidak ada maka Anda bisa ke proses selanjutnya yaitu membayar dan kemudian mencetak e-ticket sebelum ditukarkan menjadi tiket di stasiun keberangkatan.


15 komentar:

  1. Kalo pesen tiket kereta emang harus hati-hati, salah nulis nama atau no KTP bisa berabe nggak bisa masuk ke dalam stasiun atau malah diturunin paksa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak cuma itu, kalau pas pesan salah ketik kan gak bisa diulang kecuali beli baru lagi deh. Rugi materi pula dong

      Hapus
  2. Saya kalau mesan tiket suka baca berkali-kali sebelum membayar, memastikan nggak ada salah tulis nama :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, kudu dirunut lagi dari atas sampai bawah sebelum klik pembayaran ya

      Hapus
  3. Iya bener.. kudu teliti banget kalo nulis nama untuk tiket bisa fatal akibatnya. Harus dicek bener-bener niih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau salah nulis jadwal, berabe pula ya mbak kalau pesan via online. Mau gak mau kan mesti beli baru :D

      Hapus
  4. Aku dong pernah salah masukin nama pas pesan tiket. Baru nyadar pas mau bayar, untung ngeh jadi masih bisa dibatalin. Akibatnya ya pas mau beli lagi gak dapat tempat duduk yang harapkan huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bisa jadi itu salah satu resikonya yo mbak kalau kita gak cermat :D

      Hapus
  5. salah satu huruf aja bakal susah ya urusannya? hoho. thanks tipsnya mbak

    BalasHapus
  6. Betul.. ketelitian diharuskan saat pesen tiket.. sayang kl tiket yg dah dibeli g bisa dipake..

    BalasHapus
  7. aku kemaren pesen tiket kereta juga... eh sekarang di buka lapak juga bisa pesen tiket ye...

    BalasHapus
  8. Iya kudu ati2 nulis nama, apalagi kalau yg ada suransi2nya gtu ya. Eh KAI itu kalau naik kereta dapat asuransi jg kan ya?

    BalasHapus
  9. Pernah beberapa kali salah masukin tanggal, sakitnya tuuuuhh di siniiii *tunjuk dompet*

    BalasHapus
  10. Aku pernah bingung pas pesen tiket KA, yang adep2an yang mana. Takutnya salah pesan malah adepan ma orang lain πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  11. Wah aku juga pernah typo...waktu pesen tiket kereta...

    BalasHapus