Mengulik dari Dekat Dapur Queen Apple Malang Bersama Malang Citizen

10.07 Ivonie Zahra 35 Comments


Baliho di pinggir jalan 


Saat ini makin marak kue kekinian yang digawangi oleh para artis. Satu diantaranya adalah Queen Apple By Farah Quinn, yang tak hanya dikenal sabagai public figure namun memang concern di bidang kuliner terutama Pastry Art. Kue dengan dominan basic bolu ini sudah familiar di masyarakat Kota Malang dan Batu.

Pernahkah terpikir bagaimana Queen Apple ini dibuat? Tahapan apa saya yang mesti dilalui sampai menjadi kue yang tak hanya menarik penampilannya namun juga lezat dan siap dihadapan kita? Beruntung beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mengintip dapur Queen Apple. Tepatnya pada tanggal 16 September 2017 bertempat di Karanglo Malang.

Sore Kala Itu...

Saya sengaja menitipkan duo Ai sama keluarga suami yaitu neneknya. Bukan tanpa alasan, karena tempatnya yang lumayan jauh, agar saya dan suami bisa lebih fokus menghadiri Kitchen Tour Queen Apple bareng teman-teman Malang Citizen.

Jauh hari sudah diumumkan untuk jadwalnya, namun mendekati hari H, jadwal jam berubah dari pagi, siang lantas sore. Sore kala itu saya dan suami berusaha berangkat lebih awal, memacu kendaraan lebih cepat dari biasanya. Namun siapa disangka, Malang diwaktu akhir pekan selalu macet. Saya bolak-balik ngintip jam di smartphone untuk memastikan agar tidak terlambat sampai di tempat. Namun kenyataannya saya dan suami terlambat beberapa menit dari jadwal yang ditetapkan. Apa mau dikata, saya pun segera menanyakan dimana letak dapurnya pada pegawai yang menanyai.

Pose dari samping dapur dengan kaca lebar

Dari luar sempat melihat sekilas, acara sudah dimulai bahkan nyaris selesai. Begitu sampai di dalam, benar saja kitchen tour yang dipimpin oleh Farah Quinn. Saya hanya sempat kebagian sesi foto-foto dan bersalaman. Namun masih beruntung karena bisa berdiskusi dengan Chef Komar.

Penjelasan Proses Produksi Queen Apple Bersama  Farah Quinn & Chef Komar


Usai sesi foto bersama dengan Farah Quinn, saya mendapat kesempatan mengulik A-Z mengenai proses produksi Queen Apple ini. Dapur Queen Apple menempati ruangan yang terbagi dalam beberapa ruangan dan masih satu gedung dengan outlet dan bersebelahan dengan sebuah guest house.

Pada kesempatan tersebut saya mengajukan beberapa pertanyaan. Chef Komar merupakan Head Chef yang bertanggung jawab dan menangani produksi Queen Apple dibantu oleh Chef Nila. Queen Apple dan Queen Strudel terbuat dari buah pilihan yang baik dan fresh, sehingga menjamin kualitas dari kuenya. Selain daripada itu, dapur produksi mesti terjaga kebersihannya. Tersedianya peralatan penunjang yang memadai, seperti meja produksi, oven hingga rak susun yang semuanya terbuat dari bahan stainless.


Keunggulan Queen Strudel dibanding yang sudah ada, kulit pastry-nya berlapis-lapis dan hasil tekstur yang renyah. Serta citarasa filling yang khas dan asli buah apel yang fresh. Dengan adanya pemilihan bahan baku yang bagus, rasa akhirnya tidak meninggalkan endapan di langit-langit mulut atau bahasa Jawa-nya ngendal. Oh iya, proses pemanggangan dilakukan dengan oven modern dan kapasitasnya besar. Panas suhu yang digunakan sekitar 180 derajat celcius.


Oven deck dan modern










Bahan baku potongan apel segar





Sementara versi Farah Quinn, selain yang sudah disampaikan oleh Chef Komar. Produksi dari Queen Apple fokus dua rasa dan penggunaan produk hasil bumi dari daerah setempat. Seperti halnya di Batu dan Malang banyak produk apel berkualitas. Farah Quinn ingin menghasilkan kue yang tetap mengedepankan rasa asli yang berkaitan dengan daerah tersebut. Beliau tidak mau memproduksi rasa-rasa yang tidak ada kaitannya dengan daerah Batu dan Malang.

Dekorasi Outlet Queen Apple Karanglo

Pegawai outlet Queen Apple Karanglo

Selesai sesi penjelasan dari Farah Quinn dan Chef Komar, saya memutuskan untuk menuju outlet yang berada di bagian depan gedung. Kalau dapurnya tadi berada di bagian belakang pas. Untuk dekorasi outlet Karanglo didominasi dengan rak kayu palet yang sudah dipoles sehingga terlihat bagus. Sebuah rak besar menyatu dengan dinding dan dua buah di depannya. Sementara meja kasir dibuat memanjang dengan background foto Farah Quinn dengan slogannya This is it..., Queen Strudel dan beberapa buah apel dengan komposisi yang menarik dan indah dipandang mata.

A post shared by Ivonie (@galeriivonie) on
Sayangnya outlet di sini tidak terlalu luas dibandingkan outlet yang ada di Jl. Kawi saat launching varian baru Queen Apple, sehingga kalau pas banyak pelanggan kurang leluasa saat memilih-milih produknya. Oh iya, saya hampir lupa menyampaikan, untuk packaging dibedakan berdasar warna desainnya. Kalau untuk Queen Apple berwarna pink, sedangkan Queen Strudel berwarna hijau kulit apel.

Baca Juga : Queen Apple Malang, Launching Varian Choco Apple Bersama Farah Quinn

Itulah cerita singkat saya mengulik dapur Queen Apple, secara kesempatan ini tidak semua bisa mendapatkannya karena gak semua usaha yang bersedia dapur rahasia produksinya dilihat dari dekat dan diulas. 
Foto bersama Farah Quinn. Dok. Pak Assaifi MC




35 komentar:

  1. Wah, jarang2 nih ada yang berani buka2an masalah dapur 😍

    BalasHapus
  2. Lengkap sekali liputannya mbak ivon... Jadi pengen kesana lagi deh. Pengen mamam queen applenya...

    BalasHapus
  3. Kalo Farah Quiin emang selebritis chef yak. jadi kue jualannya sudah pasti mantap surantap
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  4. Kalo Farah Queen yang jualan, percaya deh yummi hehe. Bagus lagi karena memanfaatkan potensi bahan baku yang tersedia di Malang. Kece!

    BalasHapus
  5. Sebuah keberuntungan bisa melihat langsung Farah Quinn beraksi di dapur, apalagi kita bisa mencici juga hasilnya.

    BalasHapus
  6. Waah asik banget bisa ngintip langsung ke dapurnya. Kayaknya enak yaah ada krenyes-krenyes nya gituu.

    BalasHapus
  7. Wih, jadi gemes ya ga sempet lihat langsung bagaimana produknya dibuat.
    Anyway, terimakasih ya sudah berbagi cerita :)

    BalasHapus
  8. strudel nya enak poll, alhamdulillah udah coba XD

    BalasHapus
  9. wuih dapurnya keceee! pasti rasanya juga enak banget ituuuh ^^

    BalasHapus
  10. Beruntung yah mbak, punya akses bisa masuk ke dalam dapurnya. Jadi makin percaya kebersihan dan kulitasnya terjaga.

    BalasHapus
  11. Wah sepertinya menarik, mungkin mampir situ ah kalo ada acara ke malang lagi. Bisnis kuliner kalo dipegang langsung orang yg bisa masak mestinya punya standar produksi yg bagus, nggak sekedar tenar saja.

    BalasHapus
  12. Pengalaman yang menarik. Banyak pengetahuan juga. Thanks ulasan lengkapnya..

    BalasHapus
  13. Nah kan komenku blm masuk, udah kuduga :(

    Intinya kmrn komen, dirimu gak bilang ke Fara Queen kalau bisa baking jg Von? Kali diajakin kolaborasi bikin cake hehehe :D

    Aku penasaran cakenya, moga segera bisa ke Malang dan beli itu aamiin

    BalasHapus
  14. Aku jadi pingin nyoba strudel rasa choco banana lagi. Sukaaaaaaa :D

    BalasHapus
  15. Ah belum pernah icip yang namanya strudel huhuhu ngiler mbaaaa

    BalasHapus
  16. enak banget mbak, bersih juga dapurnya

    BalasHapus
  17. Kalo yang bikin chef pasti enak, apalagi Farah jago bikin pastry. Kalo udah liat dapurnya bersih yang makan pun jadi tenang.

    BalasHapus
  18. Farah Queen cantik amat yak ya ampun :)))
    Btw, ini mirip sama strudel nggak sih?

    BalasHapus
  19. nambah lagi oleh-oleh yang wajib di beli kalo lagi di Malang :)

    BalasHapus
  20. Waa Farah queen nggakau ketinggalan. Bikin strudle jugaaa. Jadi penasaran sama rasanya. Kudu beli nih kalau me malang.

    BalasHapus
  21. kemaren aq dapet oleh2 Queen Apple ini pas suamiku ke Malang

    BalasHapus
  22. Jadi pengen coba niih. Kalau ke Malang mampir sini ah~

    BalasHapus
  23. Oke nambah lagi bucjet list gw klo ke Malang!

    BalasHapus
  24. Kalau Queen Apple ini termasuk kue kekinian nggak sih mbak? Soalnya kan kue-kue kekinian artis lagi menjamur tuh. Semoga nggak ya karena Fara Quin sendiri kan emang chef. Ibuku asli Malang lho tapi kami sekeluarga udah lama banget nggak berkunjung ke Malang. Syedih deh.

    Oiya, bisa nggak sih Queen Apple ini dikirim ke Jakarta? #seriusnanya

    BalasHapus
  25. Pesarannnnn!!! Soalnya aku liat kayanya beda deh dengan kue seleb yang lain. Apalagi yg punya kan chef pasti rasanya enak lah ya..

    BalasHapus
  26. Lokasinya dimana ya? moga-moga beneran lebih enak daripada yang lebih dulu ada ya, soalnya aku agak kapok makan jenis strudel.

    BalasHapus
  27. Aku udh bbrp kali nyobain kue2 artis. Dan terus terang aku gak doyan. Tp kayanya klo yg ini, krn yg buat juga farah quinn, kayanya enak ya..

    BalasHapus
  28. teteh farah.. i love you.. mau dong queen apple nya satu boks aja hahah....

    BalasHapus
  29. Enak banget mba bisa menghadiri acaranya farah quin, salah satu chef favoritku soalnya.

    BalasHapus
  30. Kak, kalau boleh tau, kenapa.farah quen buka tokonya di Malang? (Kepo).
    Maaf kalau sudah tertulis di artikel, tapi 2x bolak-balik baca gak dapat infonya.

    BalasHapus
  31. waaaa farah quin juga bikin usaha pastry? dan ada apple strudle? mauuuuuuu ... baru di malang doang yak?

    BalasHapus
  32. Wah penasran pengen cobain, tp baru di Malang saja ya?

    BalasHapus
  33. Apelnya seger banget ya. Terus aku liat tekstur apel strudleny kayak crunchy gitu, pengen cobain.

    BalasHapus
  34. Nanti kalau jadi ke Malang dalam waktu dekat mau nyobain Queen Apple ah!

    BalasHapus