Mengulik Warna-Warni Cerita Seru Dari Raja Ampat

20.26 Ivonie Zahra 24 Comments



Saya sudah lumayan sering disuguhi keindahan Pulau Raja Ampat lewat foto-foto yang diuanggah oleh teman travel blogger. Ya, sejauh ini saya hanya bisa menikmati lewat foto dan cerita mereka. Siapa yang tidak tahu tentang Pulau Raja Ampat? Keindahannya bahkan sudah tenar hingga pariwisata internasional.


Banyak yang bermimpi bisa travelling ke sana, termasuk saya juga. Kalau selama ini cerita-cerita tentang Raja Ampat ditulis oleh travel blogger yang mana juga dibaca oleh kalangan dewasa. Kini, cerita mengenai Pulau Raja Ampat bisa dinikmati oleh anak-anak. Lewat kepiawaian imanjinasi Widya Ross, Warna-Warni Cerita Seru Dari Raja Ampat hadir menambah jajaran buku bacaan anak dan sempat dilaunching di toko buku Gramedia Malang yang juga dihadiri oleh penulisnya.


***

Seperti cerita pembuka mengenai Pulau Wayag yang dikisahkan lewat burung Elang. Seekor burung Elang yang sayapnya sedang terluka karena hendak dibidik manusia jahat, terbang di langit yang biru. Burung tersebut terpukau pada keindahan pemandangan yang ada dibawahnya. Sebuah pulau dengan air lautnya yang bening, serta ikan warna-warni yang berenang ke sana-kemari.

Saat Elang kagumm akan keindahan pulau tersebut, dia kurang hati-hati sehingga menabrak pohon dan jatuh. Malangnya ternyata diketahui oleh manusia. Elang sempat berprasangka buruk, kalau manusia yang hendak menolongnya bakal berbuat jahat. Namun prasangka itu salah, justru manusi itu hendak merawat lukanya. Begitu lukanya sembuh, Elang dikembalikan ke habitatnya, dari manusia yang menolong itu pula  Elang jadi tahu nama pulau indah nan mempesona bernama Pulau Wayag.

Tak hanya mengenai keindahan Pulau Wayag yang indah laksana surga, namun ada pula cerita mengenai Desa Arborek yang penduduknya terkenal mahir membuat tas dan topi yang dinamakan Noken. Cerita tersebut dikemas lewat seorang anak bernama Sheila berumur 6 tahun yang tinggal di Pulau Arborek yang sedang murung. Lantaran ditinggal oleh Kak Saka yang harus kembali ke Sorong karena liburan telah usai, sehingga Sheila tak ada lagi yang membacakan buku cerita, menemani mewarna maupun mengajari bernyanyi. Akankah ada yang bisa membuatnya bahagia kembali?

Ada juga cerita mengenai satwa lautnya yang diceritakan lewat tokoh Ikan Pari Manta. Penghuni perairan Raja Ampat hendak mengadakan sebuah acara, berbagai persiapan di lakukan, mulai menyiapkan kostum kerang berwarna, latihan bernyanyi dan menabuh alat music  hingga berenang sambil salto. Namun tidak dengan si Ikan Pari Manta, dia tampak murung dan memilih menghindar dari kesibukan temannya. Saat seekor ubur-ubur menghampirinya dan bertanya, apa gerangan yang membuat Ikan Pari Manta murung. Lantas Ikan Pari Manta cerita kalau teman baiknya, Ikan Kalabia menghilang. Hal tersebut membuat Ikan Pari Manta tidak semangat. Ikan-ikan lainnya berusaha menghibur dan berusaha membantu Ikan Pari menemukan Ikan Kalabia. Akankah usaha menemukan Ikan Kalabia berhasil? Kembalikah Ikan Kalabia bersama Ikan Pari Manta?

***

Buku cerita ini mengajak anak-anak berpetualang ke Raja Ampat yang terkenal unik dan keindahan akan bawah lautnya. Disajikan dalam delapan cerita yang setiap ceritanya mengandung nilai-nilai sikap, pesan moral sehingga anak-anak dapat mencintai negara Indonesia lewat keindahan Raja Ampat.  

Selain dilengkapi dengan fakta menarik mengenai pulau-pulau yang menajdi latar cerita ini, juga mengenai tokoh-tokoh satwa lautnya. Didukung dengan ilustrasi yang bagus dan menarik, bakal membuat anak-anak betah membaca dan mengulik cerita-ceritanya. Jumlah susunan kata yang digunakan tidak terlalu panjang. Sehingga kalimatnya akan mudah dipahami anak-anak.

Jenis font yang di pilih pun dengan ukuran yang pas, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Selain itu tata letak cerita-ceritanya dalam buku ini pun memudahkan orang dewasa maupun anak-anak saat membacanya. Tak berlebihan saya akui buku ini recommended untuk pengisi rak buku dan bahan bacaan anak-anak.

Selamat berburu bukunya dan membaca cerita serunya....


24 komentar:

  1. Terimakasih sharingnya mbak.
    Mesti dicari nih nanti kalau pas ke gramedia

    BalasHapus
  2. Makasiii Mbak Ivonie yaaa 😊

    BalasHapus
  3. Ini anakku suka sekali pasti...apalagi bnyk ilustrasinya yg lucu gtu.

    BalasHapus
  4. Ya ampun gemes banget itu ilustrasinyaaaa. Duh aku jadi pengen punya masa karena gemes. Suka banget sama cerita-cerita tentang laut gitu

    BalasHapus
  5. wah, belom sempet ke raja ampat, baca2 buku lucuk ini dulu ya.. makasih infonyaa..

    BalasHapus
  6. Tempat wisata yang ingin aku kunjungi ya si Raja Ampat ini duh jadi pengen baca bukunya dulu. Thanks for sharing...

    BalasHapus
  7. setelah baca bukunya mari kita ke raja ampaaat

    BalasHapus
  8. Menarik banget ini bukunyaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  9. Ya ampuuuun mimpiku banget nih
    Semoga suatu hari bisa menginjakkan kaki ke Raja Ampat
    Dan melihat langsung keindahan pulau-pulau memesona itu

    Tapi sebelumnya, maulah aku baca bukunya juga
    Minimal jadi ada gambaran seperti apa disana

    BalasHapus
  10. Aih, siapa yang nggak mau ke Raja Ampat? Ini salah satu destinasi impianku. Cuma konon larang tenan je, jadi kudu mendem dulu sampai situasi memungkinkan. Btw, ini bukunya cocok banget kayanya buat anak-anak ya. Full colour dan gambarnya bagus-bagus, plus font-nya juga.

    BalasHapus
  11. Raja Ampat, smoga someday bisa menjejakkan kaki di Raja Ampat amiin

    BalasHapus
  12. Pingin beli buat anak-anak juga, pasti seneng deh

    BalasHapus
  13. Habis baca bukunya, langsung travelling ke Raja Ampatnya :D

    BalasHapus
  14. Masuk daftar wishlist buku buat anak nih... Keren banget kalau baca reviewnya, anak juga bisa kenal cerita tentang Raja Ampat. Siapa tau ortunya bisa kesana suatu hari nanti :)

    BalasHapus
  15. Anakku Humayra paling suka baca buku2 seperti ini. Perpaduan antara dunia hewan dan keindahan alam Raja Ampat. Di rumah banyak majalah wisata Indonesia, semua dilahap. Tampaknya bibit2 traveler mulai menjalarinya hehe. Pingin kucari buku ini. Tfs Von

    BalasHapus
  16. Hemmmm kayaknya asyik dan seru ke Raja Ampat. Kubuat di daftar harapan tahun depan deh, siapa tahu terwujud.

    BalasHapus
  17. Wisata di raja Ampat memang terkenal, hingga orang bule rela datang jauh-jauh dari negerinya membawa sekarung dollar untuk menikmati keindahan wisata di Raja Ampat.

    Tapiii..kita yg tinggal di Indonesia saja, belum sempat kesana.... :)

    BalasHapus
  18. Tandain dulu. Kyknya menarik nih bukunya. Mengajari anak2 ttg kehidupan bawah laut plus memperkenalkan potensi pariwisata di Indonesia ya. TFS

    BalasHapus
  19. Fontnya cocok utk anak yg baru belajar baca gak ya mba?

    BalasHapus
  20. Wah ilustrasinya bisa bikin ngiler ke Raja Ampat nih

    BalasHapus
  21. Waah, keren ya buku anak zaman now, membahas juga tentang kekayaan alam Indonesia. Thanks for sharing mba :D

    BalasHapus
  22. Aku dah lama pengen ke raja ampat.
    Bukunya kece neh, cari ah.

    BalasHapus
  23. Bukunya menarik, anak-anak pasti suka sama warna-warni dan ceritanya.
    Suatu saat semoga bisa ke raja ampat langsung,, aamiin

    BalasHapus
  24. menarik ya bukunyaa, bikin tambah mupeng ke raja ampat hehehe :D

    BalasHapus