Flash Blogging, Peran Blogger Dalam Menuju Indonesia Yang Bergerak Maju

23.05 Ivonie Zahra 2 Comments



Pada hari Jum’at, 2 Maret 2018 saya mendapat kesempatan untuk hadir dalam acara flash blogging. Pertama tahu informasinya, tanpa pikir panjang saya langsung mendaftarkan diri. Acara yang diadakan di Hotel Aria Gajayana Malang ini merupakan kerjasama antara Kementrian Kominfo RI dan Dinas Kominfo Kota Malang serta Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

Rencananya acara akan dimulai pukul delapan pagi, saya pun bergegas memacu motor ke lokasi yang sebenrnya tidak jauh dari rumah. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya terlebih dahulu. Selanjutnya diisi dengan sambutan dari tuan rumah yaitu sambutan Kepala Dinas Kominfo Kota Malang yang diwakili oleh Ibu Yayuk Hermiati MH.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kota Malang menyampaikan beberapa data mengenai perkembangan pengguna internet di Indonesia maupun di Dunia. Indonesia sendiri menduduki peringkat ketiga di dunia, pengguna internetnya. Negara India yang pertama dan kedua oleh negara Tiongkok. Salah satu kegiatan dari pemanfaatan internet adalah blogging. Kepala Dinas Kota Malang juga sempat menyinggung beberapa manfaat mengenai blogging.

Pengisi materi selanjutnya disampaikan oleh Mira Sahid, selaku Founder Emak Blogger dengan tema materi “ Ide Kreatif Menulis Blog”. Dalam kesempatan tersebut Mbak Mira menyampaikan juga manfaat dari kegiatan blogging  serta bagaimana untuk memulai ngeblog yang diantaranya;

-          Hobi
-          Rekam Jejak Digital
-          Media Informasi
-          Personal Branding
-          Engagement
-          Peluang

Mbk Mira Sahid juga menyampaikan bagaimana sebaiknya bentuk blog yang baik. Hal tersebut mencakup dalam enam aspek yang terdiri dari ramah mata, up to date dan informatif, spesifik, personal, berguna dan unik. Serta menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta.

Acara yang kedua dibawakan oleh bapak Andoko Data, dengan mengusung tema “Sudut Istana” secara beliau merupakan Tim Komunikasi Presiden. Dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa data yang membuat saya terdiam sekaligus manggut-manggut memahami keadaan Indonesia sekarang ini.

Diawali dengan table Menuju Indonesia Satu. Tahun 2015 merupakan tahun pondasi. Tahun 2016 percepatan, kemudian tahun 2017-2019 merupakan pemerataan Berkeadilan Pembangunan Manusia. Berbicara mengenai percepatan, pemerintah bekerja keras agar pemerataan dapat dicapai dengan keadilan. Daerah terpencil yang dulunya selama 72 tahun hidup dalam kegelapan, kini sudah bisa merasakan adanya penerangan.

Sementara untuk di daerah Jawa Timur sendiri ada beberapa pembangunan infrastruktur diantaranya :
-          Pembangunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan
-          Jalan Tol Waru- Aloha-Tanjung Perak
-          Ekspansi Kilang Minyak Tuban
-          Pembangunan Fly Over Di Teluk Lamongan.




2 komentar:

  1. wah informatif banget ya acaranya mba, ada Mira Sahid pula, seru pastinya..

    BalasHapus
  2. Flash bloging, saya baru dengar mba itu? Definisinya apa ya mba flash bloging

    BalasHapus