Jalan-Jalan Bersama Anak? Why Not. Ini Hal Yang Perlu Dipersiapkan

10.00 Ivonie Zahra 15 Comments



Ketika memutuskan mengajak anak jalan-jalan, tentunya sudah mempertimbangkan banyak hal. Setidaknya sudah memiliki perencanaan bakal mau  pergi kemana dan persiapan apa saja yang mesti dilakukan. Agar acara jalan-jalan bisa berjalan lancar serta anak-anak pun happy. Saya mesti siap dengan perbekalan kebutuhan anak-anak.

Terkadang ada anggapan yang mengatakan travelling dengan anak-anak itu ribet. Padahal tidak selalu demikian, ya biasalah kalau satu dua kali drama atau rewel. Itu hal yang wajar selagi sepanjang perjalanan gak rewel atau tantrum. Bepergian atau travelling bersamaa anak-anak bukanlah hal pertama yang pernah saya lakukan. Secara sejak mereka lahir, saya biasa membawanya serta kalau bepergian. Baik Mas Aiman atau Adik Aira pertama kali saya mengajak mereka berpergian itu umur tiga bulan. Kalau sekarang malah sudah ada yang dibawah itu ya umurnya diajak bepergian.

Mas Aiman pertama bepergian naik motor mudik ke rumah nenek di Blitar. Sementara Adik Aira waktu acara keluarga di Kediri naik mobil saudara dan melewati jalanan yang berliku-liku. Kalau bepergian saat masih kecil, mereka cenderung masih anteng ya. Lain halnya kalau sudah gedean gitu, tantangannya makin beragam.

Nah, supaya acara bepergian atau travelling bersama anak lancar, diperlukan persiapan apa saja yang mesti dibawa. Kalau perlu catat dengan sedetail mungkin agar saat dibutuhkan barangnya sudah siap. Terkadang sudah dipikirkan dan dicatat pun masih ada yang ketinggalan kan? Hayo ngaku..? Saya juga kok hahaha.

-         Pakaian
Sudah pasti ya ini, kalau bepergian mesti bawa pakaian ganti. Hanya saja supaya bawaan tidak terlalu berat. Pastikan pakaian anak-anak yang dibawa secukupnya. Bolehlah menambah satu sampai dua item buat jaga-jaga kalau ternyata baju yang dipakai kotor atau basah. Jangan sampai bawa baju bejibun, eh ujung-ujungnya gak kepakai. Saya pernah ngalamin soalnya hahahaha. Padahal pakaian per hari sudah dipikirkan masak-masak dengan segala kemungkinannya. Oh iya, pilih bahan pakaian anak-anak yang mudah menyerap keringat misalnya katun. Biasakan anak-anak gak bisa diem polahnya, pasti produksi keringatnya bakal berlebih.

-         Perlengkapan Anak

Selain pakaian, jangan lupa tetap bawa perlengkapan anak, seperti perlengkapan mandi yang komplit sekalipun nantinya bakal nginep di hotel atau rumah saudara. Terkadang kalau ada tidak cocoknya dengan perlengkapan mandi, misal alergi sabun tertentu tidak bingung lagi. Kulit anak-anak kan agak sensitif ya, sehingga perlu perhatian khusus. Oh iya, perlengkapan anak  lainnya seperti bedak, minyak telon, handuk dan tisu bayi jangan lupa. Terus terang saya lebih prepare bawa tisu bayi secara lebih efektif membersihkan kotoran kalau anak-anak habis makan sesuatu berlemak, seperti coklat.

-         Perlengkapan Obat-Obatan

Obat-obatan ini penting dibawa selama bepergian dengan anak-anak, karena kita gak tahu cuaca ke depan seperti apa. Kalau tetiba anak-anak sakit pas bepergian gak panik lagi. Obat apa saja yang sekiranya dibawa, itu tergantung kebutuhan anak. kalau saya sih biasa bawa obat penurun panas, diare, hansaplast dll.

-         Gendongan Dan Selimut

Bepergian dengan anak, terutama yang masih belum bisa jalan, gendongan wajib hukumnya selain stroller. Usahakan memilih gendongan yang nyaman, baik untuk yang menggendong maupun yang digendong sehingga walaupun jalan-jalan samba gendong tidak mudah capek. Selain gendongan, perlu juga membawa selimut bayi atau anak-anak yang hangat. Tidak hanya berfungsi menghangatkan, bisa juga untuk alas duduk. Itu sih saya dulu waktu Adik Aira belum bisa jalan hehehe.

-         Camilan Dan Minuman

Travelling dengan anak atau balita gak bawa camilan? Jangan sampai deh ya. Camilan ini mesti disiapkan sebelum berangkat. Selain buat menemani selama di perjalanan juga agar perut anak gak kosong. Selain camilan juga perlu bawa air minum yang cukup. Saya kalau travelling sama anak, bawaan yang paling banyak ya camilan dan minum ini. Mas Aiman suka banget minum air putih usai ngemil.

-         Mainan

agar anak tidak mudah bosan selama di perjalanan saat travelling, jangan lupa bawa beberapa mainan favoritnya. Bawa mainan yang ringkas dan praktis sehingga tidak perlu banyak memakan tempat. Kalau Mas Aiman biasanya suka membawa beberapa koleksi hot weels dan replika hewan dino-nya. Kalau Adik Aira saya bawakan boneka, tentunya yang ukurannya kecil supaya mudah dibawa-bawa olehnya.

-         Buku Bacaan


Selain mainan, buku bacaan bisa juga untuk menemani anak-anak selama di perjalanan. Misal di kereta, daripada berlarian mending diarahkan membaca atau dibacakan buku cerita. Buku bacaan usahakan yang banyak gambar-nya agar anak-anak juga gak bosen.

Oh iya untuk perjalanan jauh misal keluar provinsi jangan lupa untuk membeli tiket kereta api atau pesawat jauh-jauh hari. Kalau saya sih selama ini baru sebatas naik kereta api, maklum dananya terbatas. Nah agar lebih efisien dan nggak perlu antri biasanya suami memesan tiket kereta api secara online. Apalagi sekarang makin banyak toko jual beli online yang melayani pembelian tiket kereta api, selain lebih praktis juga biasanya ada diskonnya.

Demikianlah sharing saya tentang barang-barang yang perlu kita siapkan ketika akan melakukan travelling bersama anak. Jika semua barang sudah dipersiapkan dengan baik maka hati pun tenang dan travelling berjalan lancar. Jika Anda memiliki tips tambahan lainnya silakan sharing di kolom komentar ya, terimakasih banyak.



15 komentar:

  1. memang ya, kalau bawa anak jalan2 tuh, bawaannya mesti lengkap dan gak boleh ada yg terlupa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau ada yang ketinggalan beneran rempong deh hehehe

      Hapus
  2. Aku salut loh sama ortu yang berani bawa anaknya buat perjalanan jauh naik motor. Kalau aku sampai sekarang aja masih nggak berani euy. Takut ngantuk pas di jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngantuk, biasanya berhenti dulu istirahat. kadang suami atau aku ngopi bentar :D

      Hapus
  3. jadi inget saat anak masih kecil, aduh bawa perlengkapannya banyak sekali, repot tapi ya dijalani kalau gak gak bisa jalan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, kalau nuruti rempong gak pergi-pergi deh hehehe

      Hapus
  4. Bawa anak jalan-jalan memang bawaannya banyak banget yaaa. Hehehe. Salut kadang sama ibu-ibu yang bawa anak nya pergi sendirian, tanpa pendamping. Hebatt

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya beberapa kali bawa anak tanp suami, cuma memang gak jauh2 amat sih hehehe. Lumayan rempong memang tapi dinikmati aja deh

      Hapus
  5. Camilan kudu banget nih, masalahnya anak-anak suka ngemil, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anakku tak bisa tanpa camilan kalau bepergian :D

      Hapus
  6. Kalau aku selain yang sudah disebutkan diatas, mesti bawa tempat sampah + plastik kresek juga. Soalnya anak-anak sering mabuk kalau perjalanan jauh pakai mobil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, itu juga mbak. Biasanya aku juga bawa kalau hotel tempat menginap ada kolam renangnya, buat bawa baju basah hehehe

      Hapus
  7. Baju ganti itu kudu. Anakku biar badannya kecil tapi hobi kringetan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jaga-jaga juga kalau lagi makan sesuatu terus pada belepotan ya. Terima kasih kunjungannya :)

      Hapus
  8. Mainanannnnnn, sepele tapi harus banget dibawa. Supaya si anak ngga bosan dan bisa sekalian main sama mama papanya hihihi. Oia mba, kalau memungkinkan jangan lupa bawa bantal hihihi. Krn anak - anak kan suka usrek2 dan biar lebih nyaman aja kalau tidur di tempat baru.

    BalasHapus