Tujuh Bahan Utama Membuat Kue Kering Nastar Spesial

10.59 Ivonie Zahra 10 Comments



Bismillah...
Waktu serasa cepat sekali berlalu ya, sekarang sudah dihadapkan pada bulan suci Ramadhan. Sudah hari ketiga, gimana nih kabar puasanya teman-teman? Semoga masih lancar dan selalu diberi kemudahan ya. Bulan Ramadhan saya lalui masih sama seperti tahun lalu, puasa sambil tetap menyusui si kecil. Meskipun bulan depan sudah mau menginjak umur 2 tahun, tapi proses sounding masih saya lakukan guna persiapan proses menyapihnya.


Selama bulan Ramdhan selain melakukan ibadah puasa dan sholat Tarawih, pasti sebagian sudah mulai mikir buat persiapan lebaran nanti kan. Termasuk soal kue kering apa saja yang bakal disajikan di atas meja. Ngomongin soal kue kering lebaran, sekarang ini makin banyak saja varian baru resep kue kering yang beredar di internet maupun majalah.


Biasanya orang pun memiliki pilihan antara beli atau membuat sendiri kue kering untuk lebaran. Kalau yang mempunyai waktu lebih banyak, biasanya suka bikin sendiri sekalian eksperimen  sebuah resep kan ya. Sedangkan buat orang yang sibuk dan gak ada waktu, gak bisa bikin atau malas lebih praktis beli jadi saja. Secara membuat kue kering memang diperlukan waktu yang gak sebentar alias memakan waktu dan sebagian besar bilang ribet. Sudahlah bikinnya lama, tapi makannya gak sampai lima menit udah habis.


Meskipun banyak beredar resep kue kering baru, bagi saya tetap saja kue kering klasik selalu menjadi primadona dan dicari para customer sewaktu saya berjualan kue kering. Oh iya, sebelum hamil anak kedua saya memang menekuni bisnis kuliner dengan mengusung branding Dapur Ivonie yang sempat berjalan selama kurang lebih tiga tahun. Hamil dan melahirkan anak kedua, terpaksa saya memutuskan untuk vakum lebih dulu dan konsen merawat kedua anak saya.

Ada beberapa kue kering klasik yang hingga kini tetap digemari seperti Nastar, Kastengel, Putri Salju hingga kue Semprit. Saya pribadi setiap tahun memang selalu membuat kue kering Nastar untuk konsumsi sendiri meskipun tidak jualan. Nah, bagi yang ingin membuat kue kering Nastar sendiri perlu diperhatikan beberapa bahan utama untuk membuatnya. Berikut ini saya jelaskan bahan utama dalam resep kue kering Nastar.

1.       Tepung Terigu


Meskipun kebanyakan untuk membuat kue kering tepung terigu yang digunakan adalah jenis tepung terigu dengan kadar protein rendah, tidak halnya dengan resep kue kering Nastar. Pengalaman saya yang sudah sering membuat, untuk kue kering Nastar biasanya menggunakan tepung terigu protein sedang seperti brand Segitiga Biru dari Bogasari.
Untuk menghasilkan kue kering yang renyah dan tahan lama, tepung terlebih dahulu disangrai dengan api kecil.

2.       Margarine


Selain tepung terigu, bahan utama dalam membuat kue kering adalah penggunaan margarin. Margarin merupakan lemak yang dibuat dari minyak tumbuh-tumbuhan murni. Selain itu mengandung air, garam, pengemulsi khusus  dan memiliki aroma yang khas. Biasanya penggunaan margarine lebih banyak ketimbang butter agar menghasilkan tekstur kue kering yang lebih kokoh. Biasanya ada kan kue kering yang orang Jawa menyebutnya meprul, bisa jadi dalam adonannya komposisi margarine dan butter-nya tidak imbang.

3.       Butter

Butter. Sumber : Pixabay

Nah, kali ini saya membahas soal butter yang juga menjadi bahan utama pembuatan kue kering Nastar. Butter atau mentega merupakan lemak yang terbuat dari hewani yang diproses dari susu murni dengan aroma dan rasa yang sangat gurih dan harum. Kandungannya sendiri terdiri dari dan garam dengan memiliki suhu leleh lebih rendah ketimbang margarin.
Menggunakan butter atau mentega terlalu banyak biasanya membuat tekstur lebih rapuh dan terlalu renyah sehingga mudah hancur, namun dari segi rasa memang lebih gurih dan harum. Merk butter ada banyak sekali di pasaran, selain yang branded ada juga butter lokal yang harganya lebih terjangkau. Di toko bahan kue bisa ditemukan lebih dari satu merk butter lokal.

4.       Gula Halus

Dalam membuat kue kering terutama untuk adonan manis, biasanya penggunaan gula halus sebesar 50-55 % dari total margarine atau mentega yang digunakan dalam resep kue. Kalau membuat kue kering dengan menggunakan gula halus yang terlalu banyak, bakal bikin tekstur kue keras dan mudah gosong kalau dipanggang dalam oven.

5.       Telur

Telur. Sumber : Pixabay

Sebaiknya dalam membuat kue kering usahakan memakai telur yang fresh dan bukan dari telur yang disimpan dalam kulkas. Selain itu menggunakan telur dengan ukuran yang sedang, artinya tidak terlalu besar maupun kecil. Karena biasanya penggunaan telur dalam resep kue itu tidak terlalu banyak agar adonan tidak lembek. Nah untuk pembuatan kue kering Nastar malah yang dipakai hanya kuningnya saja.
Jangan menggunakan telur yang sudah disimpan terlalu lama, apalagi biasanya sampai muncul bercak putih. Hal tersebut bakal mempengaruhi hasil akhir kue keringnya. Nah, untuk olesan kue Nastar, supaya hasilnya polesannya kuning keemasan gunakanlah telur omega. Ini salah satu tips yang saya dapatkan dari mengikuti demo baking.

6.       Selai Nanas

Untuk selai bisa membuat sendiri maupun menggunakan yang beli jadi. Kalau membuat sendiri pilih nanas yang baik dan jangan terlalu matang, serta jangan menggunakan nanas madu ya. Dalam membuat selai sendiri kompisisnya pun harus seimbang agar menghasilkan selai yang rasa manis dan asamnya pas.
Nah bagi yang gak bisa atau gak sempat membuat selai sendiri, bisa menggunakan yang beli jadi. Memangnya ada? Ada dong, tapi bukan selai nanas pada umumnya yang biasa buat olesan roti ya. Ada selai khusus untuk isian kue Nastar. Merk selai untuk kue Nastar seperti Donny, biasa dijual di toko bahan kue.

7.       Susu Bubuk

Susu Bubuk Sumber : SajianSedap

Susu bubuk tidak hanya untuk diminum saja lho teman-teman. Namun para baker, biasanya menambahkan susu bubuk pada resep kue kering atau adonannya. Saya sendiri dalam membuat kue Nastar menambahkan susu bubuk agar lebih enak rasanya. Kalau tidak ingin memakai juga gak apa-apa sih.  Untuk pilihan susu bubuk bisa menyesuaikan selera masing-masing. Ada yang menggunakan susu bubuk full cream atau pun menggunakan susu bubuk merk yang biasa diminum seperti Dancow atau Indomilk. Oh iya, jangan yang susu skim ya rasanya juga beda.

Nah itu tadi tujuh bahan utama dalam membuat kue kering Nastar. Saya kira keenam bahan utama itu gak sulit untuk mendapatkannya kan. selain bisa dibeli di toko khusus bahan kue, biasanya juga banyak dijual di supermarket seperti Hypermart, Giant maupun Superindo. Kalau di tempat kalian ada toko bahan kue, saran saya sih memang mending belanja dan beli di toko bahan kue saja. Selain harganya lebih terjangkau juga lebih lengkap.

Biasanya nih ya yang suka baking atau membuat kue, suka kalap kalau sudah masuk toko bahan kue. Tadinya Cuma mau beli satu atau dua bahan saja, bisa melirik bahan lain yang kadang entah mau dipakai kapan. Saya sendiri mempunyai pengalaman suka belanja bahan kue dan kelamaan menyimpan malah giliran mau dipakai udah kadaluarsa hahaha, jangan ditiru ya :D

Oh iya, untuk resep kue Nastar bisa browsing di internet atau grup baking yang tersebar di dunia maya. Tinggal menyesuaikan dengan selera teman-teman saja. Kue kering Nastar sendiri kian berkembang rasa dan bentuknya dari tahun ke tahun. Kalau yang klasik alias zaman dulu suka ditancap dengan cengkeh.


semoga apa yang saya ketahui dan tulis, bisa membantu teman-teman yang hendak membuat kue kering Nastar. Selamat berkreasi ya...

10 komentar:

  1. tetiba pengen bikin kue deh ah mbaknyahh hahahhaa
    padahal mager saya mah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin mbak, palingan cuma setahun sekali aja hahaha

      Hapus
  2. Sedari kecil, nggak pernah lihat ibu bikin kue menjelang lebaran. Biasanya beli aneka biskuit aja buat suguhan pas lebaran.
    Dan sampai sekarang, saya pun tak pernah bikin kue-kue menjelang lebaran. Beli pun jarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibuku juga gak pernah bikin mbak, aku dulu belajar bikin kue dari adiknya almarhum bapak sampai akhirnya nekad otodidak praktekin resep2 di majalah hehehe

      Hapus
  3. Nastar ini adalah kuker yang paling disukai keluargaku. Cepet habis kalau bikin sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, paling laris untuk jenis kuker jualanku hehehe

      Hapus
  4. Apa cuma saya yang jadinya pingin nyomot nastarnya? hihihi..
    Fotonya bikin ngiler mbak Ivone (",)

    BalasHapus
  5. Jadi terbayang-bayang nastar yang full butter hihihi... sama mbak, aku juga gitu kadung seneng beli bahan, beli aja...tau-tau udah expired...

    BalasHapus
  6. Wah saya suka banget kue nastar Mba. Itu kue favorit saya kalo lebaran tiba. Tapi, sayangnya saya blum bisa bikinnya hee

    BalasHapus
  7. Disini agak susah membedakan jenis tepung rendah protein sama yang tinggi protein mbak, seringnya cuma ditulis self rasing flour, apa ya bedanya tepung rendah protein dan tinggi protein kalau dari segi ingredient? thanks for sharing

    BalasHapus