Menentukan Nama Domain Blog Benarkah Untuk Personal Branding?

05.21 Ivonie Zahra 5 Comments



Apalah arti sebuah nama? Mungkin pernah mendengar ungkapan tersebut? Saat pertama bikin blog, saya gak terlalu ambil pusing menentukan namanya. Karena alasan saya ngeblog sebagai tempat curhatan yang mana juga sebagai tempat saya bermain kata. Sehingga saya memberi nama yang nantinya bakal ada Kata.


Selain buat tempat curhatan, blog saya jadikan sebagai sarana belajar menulis karya sastra. Jadi pilihan nama untuk blog kepengennya agak sedikit berbeda gitu. Akhirnya pilihan pertama nama blog saya AuraKata. Kenapa memilih kata Aura?

Bagi saya, Aura memiliki makna sebuah pancaran. Sehingga secara lengkap Aura Kata merupakan pancaran energi sebuah kata-kata yang saya torehkan di blog ini. Pancaran itupun cakupannya luas, bisa juga dimaknai sebagai setiap tulisan yang saya posting di blog bisa memancarkan manfaat bagi pembacanya dari segi apapun.

Namun seiring berjalannya waktu, saat saya memutuskan untuk serius mengelola blog ini dan berencana untuk membelikan domain agar tidak numpang gratisan ke Blogspot. Lebih dikenalnya dengan blog ber-TLD sehingga nantinya nama blog bisa lebih kerenan gitu belakangnya berakhiran com.

Nama Blog untuk Personal Branding



Konon banyak yang bilang, nama domain buat blog akan menentukan nasib blog kedepannya. Sehingga pemilihan nama domain untuk blog sering dikaitkan dengan personal branding. Hal ini juga ada kaitannya dengan menentukan tema blog, misalnya bagi mereka yang tema blognya lebih dominan dengan kegiatan travelling. Maka tak salah kalau pilihan nama domain blognya bakal berkaitan dengan travel. Iya apa iya? Banyak kok contohnya, teman baik saya pun ada yang memilih begitu.
Bagaimana dengan saya? Saat menentukan nama domain, saya sempat diskusi dengan suami. Saya inginnya nama domain gak jauh dari nama awal blog awal yaitu Aura Kata saat hendak dibelikan domain. Namun saat proses pembelian ternyata nama domain tersebut sudah ada yang menggunakan, sehingga saya musti berpikir dan memilih apa sekiranya yang cocok.

Usai melalui pertimbangan, akhirnya pilihan nama domain saya dapatkan. Meskipun kesannya jadi mirip dengan nama domain blog yang saya kelola dengan suami. Aura Biru menjadi pilihan nama domain blog yang saya pakai sampai sekarang ini.

Kenapa memilih nama itu? Karena saya memang menyukai warna biru sehingga saya berharap orang akan lebih mudah mengingatnya. Kalau dengar kata biru, orang bakal langsung ingat blog saya hehehe. Saking cintanya dengan warna biru, dalam hal pemilihan template blog pun saya rela bergerilya mencari yang ada nuansa birunya.

Nah, warna biru bagi saya memiliki makna damai dan semangat. Sehingga nantinya saya bisa lebih semangat membagikan tulisan yang bermanfaat bagi pembaca blog saya. Serta tulisan-tulisan yang ada bisa mendamaikan hati ciyee...aamiin.



5 komentar:

  1. Semoga tulisannya semakin bagus dan produktif menulis menyebarkan inspirasi dan ilmu buat para pembaca.

    BalasHapus
  2. sudah sukses ngebranding keluarga biru-nya. suka :)

    BalasHapus
  3. Diriku mlh apalnya blogmu yg tentang masak2 ni mb hihi
    Dulu aku sering intip resepnya, ena2 bgt fotonyapun bening

    BalasHapus
  4. serba biru deh kalo ngebahas keluarga satu ini hehe, sukses mbak brandingnya :)

    BalasHapus