Tema Blog Paling Disukai dari Makanan hingga Kecantikan

05.08 Ivonie Zahra 3 Comments



Saat ini kalau ditanya niche atau blog saya apa? Tentu saja sudah bisa menyebutkan beberapa niche atau tema yang biasa saya tulis di blog. Berbeda apabila pertanyaan itu diajukan ke saya beberapa tahun lalu. Ya, sejak awal menulis blog saya memang tak memakai patokan niche atau tema blog tertentu.  Saya ingin menulis ya menulis saja lalu diposting ke blog. Belum kepikiran mengenai tema khusus.


Bahkan seperti yang sudah saya sampaikan di postingan sebelumnya di sini, saya menulis di blog sebagai diary online dan sarana belajar. Seringnya menulis mengenai cerita kesibukan sehari-hari, baik dulu sewaktu masih jadi pekerja hingga sekarang sudah menjadi ibu rumah tangga.

Namun seiringnya waktu, saya mulai belajar menemukan apa saja sekiranya tema yang sering dan disukai untuk di posting di blog. Lain dengan blog satunya yang saya tulis bareng dengan suami di sini, sejak awal sudah menentukan tema atau niche-nya. Namun belakangan udah jarang diupdate nih, semoga bisa balik rajin nulis di sana lagi deh, maklum akhir-akhir ini suami lebih rajin mengelola akun channel youtube.

Selain blog yang ditulis bareng suami, saya memiliki dua blog lainnya salah satunya ya ini. Sementara yang satunya sejak awal saya buat memang sudah ditentukan temanya. Apa saja sih tema blog yang sering di tulis dan sukai.

Menulis Mengenai Makanan atau Food




Saya yakin semua orang pasti suka makan kan ya? Ada yang gak suka makan? Mungkin bagi mereka yang diet, mungkin loh. Saya ini termasuk orang yang suka makan menu apa saja asalkan halal. Yup, seenak apapun makanan kalau gak halal tentu saja saya bakal menghindarinya karena sesuai dengan tuntunan agama saya.

Bahkan tak hanya suka makan, saya pun memiliki hobi memasak dan membuat kue. Saking senangnya saya sudah lebih dulu memiliki blog mengenai resep-resep yang saya buat atau mencoba milik orang lain. Yup, saya pun tergabung dalam beberapa komunitas memasak maupun baking. Sayangnya saya sedang dilanda baking blues sehingga blog tersebut jarang diupdate hehe.

Biasanya kalau lagi gak masak, saya dan keluarga suka makan di luar. Menjajal menu-menu restoran maupun cafe baik lama maupun baru yang ada di Malang. Bahkan kalau di luar kota juga suka berburu kuliner khas kota tersebut.



Kalau sudah mencoba menu-menu yang disajikan, biasanya saya menuliskan cerita dan pengalaman mengenai menu dan rasa masakan di restoran tersebut di blog. Dari situ lah saya pun pernah diundang untuk mereview beberapa restoran yang ada dan baru buka di Malang. Ih, Cuma makan di restoran aja kenapa sih musti ditulis di blog? Ntar dibilang pamer suka makan-makan enak di restoran maupun cafe. Ya kan tergantung niatnya, kalau saya sih selain buat dokumentasi juga bisa membantu pembaca blog saya yang barangkali dari luar kota dan ingin menikmati kuliner yang ada di Malang. Hal tersebut sangat membantu lho, yang tadinya belum tahu kalau ada restoran atau cafe baru, pembaca saya jadi tahu. Cuma menulis soal makanan? Gak dong, masih ada tema yang saya sukai dan sering ditulis di blog.


          Agenda Jalan-Jalan Bersama Keluarga




Selain soal makanan, saya  juga senang menuliskan cerita perjalanan baik yang di lakukan dalam kota maupun luar kota. Sayang rasanya keseruan maupun apa saja yang ditemui selama jalan-jalan kalau gak ditulis. Biasanya mulai dari persiapan hingga sepulang dari jalan-jalan.

Selain bisa untuk dikenang suatu hari kalau sudah pernah mengunjungi sebuah kota maupun tempat-tempat wisat. Cerita pengalaman jalan-jalan bisa juga untuk berbagi informasi, mulai dari lokasi, harga tiket masuk, wahana apa saja di tempat wisata tersebut hingga transportasi apa saja untuk menuju lokasi tempat wisata.

Hal-hal tersebut banyak dicari pembaca yang suka melakukan perjalanan. Saat ini travelling sudah menjadi gaya hidup, bukan sekedar agenda berlibur lagi. Rasanya kalau gak travelling atau piknik minimal sebulan sekali ada yang kurang. Apalagi seperti saya yang ibu rumah tangga, dengan meluangkan waktu jalan-jalan bisa merefresh pikiran yang jenuh akibat aktifitas rumah tangga yang nyaris gak ada habisnya.

Dunia Tumbuh Kembang Anak-Anak




Membahas soal anak ini pun tema yang saya dan sumi sukai dan kebanyakan pembaca yang notabene para orang tua. Menuliskan perkembangan anak-anak sejak dalam kandungan hingga mereka lahir sangatlah menyenangkan. Meskipun saya dan suami bukanlah orang tua yang sudah sempurna, justru dengan menuliskan apa saja yang berkaitan dengan anak menjadi sebuah pembelajaran sendiri.

Kelak saat anak-anak sudah dewasa, mereka bisa membaca langsung bagaimana orang tuanya sangat menyayangi mereka. Setiap perkembangan tentang mereka disimpan tak hanya dalam foto, maupun video tetapi dalam tulisan juga. Tidak melulu soal tumbuh kembang anak saya, tetapi menuliskan beberapa produk yang berkaitan dengan anak. Mulai dari produk makanan hingga penunjang kebutuhan anak-anak.

Dunia Kecantikan yang Menggoda




Sebenarnya saya ini bukan orang yang suka dandan. Lha wong awal kenal suami saja saya pakai bedak asal yang akhirnya pas kepanasan bedaknya jadi luntur gak karuan hahaha. lebih nyebelin lagi pas udah nikah hal itu baru berani disampaikan ke saya lho hehehe.

Sejak saat itu dia berinisiatif buat beliin saya perlengkapan make up yang rada bener. Brand kosmetik pertama yang saya punya ya Wardah. Saya diajak ke mall dan mampir counter kosmetik yang jadi satu dengan Matahari. Saya bisa pilih yang kosmetik yang dibutuhkan dan dibantu sama mbak spg-nya.

Saya pun pelan-pelan belajar step dandan yang benar. Mengenal lebih detail mengenai produk kosmetik yang saya pakai. Sampai akhirnya saya suka kepoin para beauty vlogger seperti Suhay Salim maupun Ini Vindy. Dari situlah saya makin tergoda dengan dunia kecantikan dan perlahan menuliskan pengalaman saya menggunakan kosmetik.

Tak sampai disitu saja, saya juga membuat blog dengan tema khusus kecantikan dan fashion di sini. Sungguh, sekali tergoda dengan dunia kecantikan saya jadi penasaran pengen nyobain produk-produk baru. Tidak Cuma satu brand melainkan sudah melirik brand-brand kosmetik yang ada di Indonesia. kebanyakan sih masih sebatas brand lokal dan produk drug store.

Itulah tema-tema tulisan yang sering dan saya sukai, namun tidak menutup kemungkinan saya juga menulis tema lainnya kok misalnya tentang gaya hidup atau cerita receh lainnya. Sejauh ini dari tema-tema tersebut saya tak hanya dapat berbagi informasi dengan pembaca namun juga mendapatkan benefit lainya, seperti teman hingga materi.

Kalau teman-teman pembaca blog aurabiru, lebih suka menulis tentang apa nih? Boleh dong sharing di kolom komentar, barangkali ada yang samaan juga dengan saya.



3 komentar:

  1. Setuju banget kalo dunia kecantikan itu begitu menggoda haha...

    BalasHapus
  2. Yeaaaayy tema blog kesukaan kita mirip2 yaaaa mams Ivon, selagi masih aktivitas yg seharian kita lakukan, pasti tema ngeblog itu jadi banyak ya..

    BalasHapus
  3. Mungkin kalo aku udah nikah dan punya anak isi blog aku udah beda, semua tentang rumah tangga dan anak 😁

    BalasHapus