Pesona Wisata Alam Jogja yang Wajib Dikunjungi

08.50 aurabiru 2 Comments



Jogja tak hanya dikenal sebagai kota pelajar maupun kulinernya yang khas. Namun Jogja juga memiliki keindahan alamnya yang membentang menjadi daya tarik kota ini. Banyak orang yang memiliki pengalaman sekali ke Jogja bakal merindukan kota ini lagi termasuk saya dan keluarga. Rasanya bolak-balik ke Jogja gak bakalan bosen.


Begitupun dengan saya, hawa liburan akhir tahun sudah terasa dan ada di depan mata. Biasanya tiap akhir tahun saya merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga. Namun dua tahun terakhir agenda tersebut tidak saya lakukan mengingat budget yang ada saya alokasikan untuk keperluan lain.

Beberapa waktu lalu sebenarnya saya sudah melakukan perjalanan ke Jogja, namun tidak bersama keluarga melainkan dengan teman-teman travel blogger. Sepulang dari sana, saya kok jadi kepikiran buat merencanakan liburan ke Jogja lagi bersama keluarga ya. Anak-anak lihat saya habis pergi liburan ke suatu tempat jadi kepengen juga.

Kalau liburan ke Jogja di tahun-tahun sebelumnya lebih banyak mengeksplor tempat wisata sekitaran kota dan lebih banyak yang berada di ruangan. Serta tempat wisata yang lebih ramah untuk anak-anak. Namun untuk rencana liburan ke Jogja berikutnya, ingin mengenalkan pesona wisata alamnya.

Jogja memiliki pesona wisata alam yang beragam dan wajib untuk dikunjungi bersama keluarga. Ada beberapa tempat wisata alam yang menjadi wishlist saya bersama keluarga, baik yang pernah saya kunjungi maupun belum.


Keunikan Stongehenge di Kaliurang


Sudah pernah mendengar tentang tempat wisata ini? Saya sih sudah dan awal bulan lalu sempat ke sini. Sebuat tempat wisata alam buatan yang bentuknya mirip dengan stongehenge yang berada di luar negeri. Suasana dan kondisi tempat ini mendukung kita serasa berada di luar negeri. Tapi kenyataannya tempat itu berada di Kaliurang Jogja.

Saya juga kepengen anak-anak dan suami bisa berkunjung ke sini. Salah satu tempat wisata alam yang sedang hits di Jogja. Anak-anak bakal suka berlarian di sela-sela susunan batu yang menjulang. Asal tetap dengan pengawasan orang tua ya.

Saya yang pertama ke sini dibuat kagum, susunan batu yang menjulang dan tertata dengan baik terlihat unik kalau diamati dengan seksama. Saya pun bayangin gimana cara membuatnya ya? Di papan pengumuman sih ada gambar proses pembuatannya gitu. 

Kemegahan Candi Borobudur



Pertama kali mengunjungi Candi Borobudur saat duduk di bangku SMP, sehingga sudah cukup lama  saya tidak ke sini. Sewaktu liburan ke Jogja bareng keluarga sudah sempat memasukkan tempat wisata alam dan sejarah ini dalam itinery, namun sayangnya harus gagal karena kendala waktu yang kurang.

Untuk itulah saya tetap ingin mengajak anak-anak dan suami mengunjungi Candi Borobudur. Agar nantinya anak-anak bisa menyaksikan secara langsung dan dari dekat kemegahan candi yang dibangun oleh Syailendra ini. Lagipula anak-anak udah cukup besar untuk diajak jalan menuju lokasi dan kondisi candi yang berundak-undak. Selain itu Mas Aiman suka sekali menyusun lego, nah dengan mengunjungi Candi Borobudur dia bisa belajar dan mengamati susunan batu candinya.

Menikmati Kesejukan Mangunan Forest


Tempat wisata alam hutan pinus ini sudah sempat saya kunjungi beberapa waktu lalu. Namun saya juga kepengin mengajak anak-anak dan suami ke sini, apalagi kalau datangnya bisa lebih pagi supaya bisa merasakan dan menikmati kesejukan di tempat wisata alam yang lebih dikenal dengan Mangunan Forest yang berada di daerah Imogiri.

Mas Aiman yang pernah main ke hutan pinus bakalan suka dengan tempat ini. Dia bisa bebas berekplorasi di hutan yang juga menyediakan spot foto yang instagramable di setiap sudutnya selain deretan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Bermain Pasir di Pantai-Pantai Jogja


Anak kecil mana sih yang gak suka mainan pasir? Mas Aiman dan Adek Aira suka bermain pasir sehingga saya berencana mengajak mereka mengunjungi pantai-pantai yang ada di Jogja. Sejauh ini baru satu pantai yang sempat kami kunjungi yaitu Pantai Depok.

Ada beberapa list pantai yang ingin saya kunjungi seperti Pantai Parangtritis yang memang sudah cukup terkenal dan wajib dikunjungi kalau ke Jogja. Pantai-pantai yang berada di daerah Gunung Kidul, seperti Pantai Baron yang ingin sekali saya kunjungi sejak dulu. Pantai Indrayanti, pantai yang keindahannya tersohor hingga mancanegara. Kebanyakan pantainya sangat indah dengan hamparan pasirnya yang luas dan bersih. Anak-anak bakal puas mainan pasirnya.

Kalau biasanya saya dan keluarga ke Jogja lebih sering menggunakan sarana transportasi kereta api. Namun saya ingin mengajak anak-anak berlibur menggunakan transportasi lain salah satunya pesawat terbang. Kalau saya dan suami sih sudah pernah ya naik pesawat, tapi anak-anak belum pernah.

Kapan hari waktu Mas Aiman tahu kalau suami pergi ke Jakarta dengan naik pesawat terbang, dia jadi kepengen dan sempat mengungkapan keinginannya tersebut pada suami mapun saya. Untuk itu saatnya bagi saya buat hunting tiket pesawat ke Jogja. Salah satu aplikasi pemesanan tiket yang saya pakai yaitu Pegipegi.


Ternyata aplikasi ini tidak hanya melayani pemesanan hotel secara online, melainkan juga melayani pesanan tiket pesawat. Biasanya kalau hunting tiket pesawat sudah mendekati waktu musim liburan harga tiket pesawat suka gak masuk akal alias mahaal. Yah gimana, pas dapat rezekinya pun mepet dengan waktu liburan. untuk mengantisipasinya musti pintar-pintar hunting tiket pesawat promo biar lebih hemat.

Tapi waktu ceki-ceki di Pegipegi rupanya sedang ada penawaran diskon menarik. Periode diskon tersebut hanya berlangsung selama dua hari di tanggal 15 & 16 Desember 2018. Saya bisa nih memanfaatkan diskon sebesar Rp. 110.000, lumayan kan kalau dikalikan empat orang.

Buat teman-teman yang mau liburan naik pesawat terbang dan lebih hemat bisa banget tuh memanfaatkan diskon ini karena berlaku untuk  semua rute domestik. Ingat waktunya ya, uma dua hari untuk bookingnya di tanggal 15 dan 16 Desember 2018. Kalau begini kan impian liburan sekaligus naik pesawat terbang buat anak-anak bisa terwujud ya.

Jadi kebayang deh excited-nya anak-anak bisa naik pesawat terbang dan mengunjungi pesona wisata alam di Jogja. 

2 komentar: