Proses Daur Ulang Salah Satu Cara Mengatasi Limbah Sampah

07.59 aurabiru 8 Comments



Saat ini urusan sampah sering jadi sorotan berita di televisi. Bahkan berita yang mengejutkan ditemukannya Paus yang mati dan di dalam perutnya terdapat banyak sampah plastik. Maka tak heran dari tahun ke tahun sampah banyak yang hanyut hingga ke laut dan mencemari habitat yang ada di laut.


Tak hanya sampah yang berada di laut, bahkan yang berada di tempat pembuangan akhir pun makin menumpuk. Banyak pula sampah yang bertebaran di sungai sehingga seringkali jadi alasan utama penyebab banjir. Masyarakat masih banyak yang tak memperhatikan dampak tersebut dengan masih banyaknya membuang sampah sembarangan ke sungai.

Maka tak heran lagi, kini makin gencar gerakan yang mengatasnamakan #zerowaste guna mengatasi masalah sampah ini. Yang mana memiliki misi menyelamatkan bumi dari timbunan sampah yang kian mencemari lingkungan. Saya meskipun bukan penggiat dalam kelompok gerakan tersebut namun berusaha untuk meminimalisir sampah. Satu contoh yang sudah sejak lama saya terapkan yaitu daur ulang.

Daur Ulang untuk Dekorasi Rumah

Daur Ulang Bekas Jar Sambel Kemasan & Talenan Bekas

Semenjak tinggal di rumah sendiri, saya jadi lebih leluasa mendekorasi rumah seperti yang diharapkan. Kalau dulu kan masih numpang di rumah mertua sehingga hobi mengutak-atik dekorasi jadi terbatas. Nah, buat saya mendekorsi rumah tidak melulu menggunakan property yang baru atau bagus. Tapi saya suka memanfaatkan barang bekas layak pakai dengan cara di daur ulang.

Daur Ulang Kayu Bekas


Salah satu daur ulang untuk dekorasi rumah ialah limbah sampah kaleng susu, botol yakult, botol dan jar sambal kemasan hingga kayu bekas. Hanya butuh sentuhan seni hasilnya bakal indah dijadikan dekorasi rumah, yang tadinya cuma sampah tapi menjadi barang bernilai seni.




Bekas kaleng susu bisa dijadikan tempat pensil atau kuas make up. Botol yakult saya sulap jadi miniatur kap lampu dekorasi rumah. Jar sambal kemasan saya jadikan vas untuk wall decor yang berpasangan dengan talenan bekas. Kardus bekas minyak goreng atau detergent bisa didaur ulang jadi rak buku hingga rak tempat make up dan masih banyak ide lainnya. Dengan begitu saya tidak perlu membeli barang baru untuk dekorasi rumah dan lebih hemat pengeluaran. 

Daur Ulang untuk Berkebun



Selain mendekorasi rumah, kegiatan lain yang suka saya tekuni adalah berkebun. Kalau tinggal di desa mungkin masih banyak lahan terbuka di halaman, samping rumah hingga belakang rumah. Akan tetapi lain ceritanya kalau tinggal di perkotaan yang kebanyakan lahan tanahnya terbatas, sehingga perlu mensiasati agar tetap bisa berkebun seperti yang saya lalukan.

Beberapa waktu lalu saya melihat tetangga yang sedang sibuk membuat rak dari bamboo kemudian di pasang pada tiat rumah. Saat saya tanyakan ke suami yang notabene adalah salah satu bagian pengurus RT, ternyata hal tersebut bakal masuk program kerja Ketua RT terpilih.

Rak Bambu & Polibag Program Kampung Milik Tetangga

Nantinya setiap rumah terdapat rak bamboo susun yang di atasnya terdapat tanaman sayur atau tanaman obat keluarga seperti jahe, kencur, kunir dll. Tanaman tersebut menggunakan mediasi polibag. Saya sih sempat kurang sreg dengan pilihan warna raknya yang kuning gonjerng gitu, warna gak suka banget hahhaa. Tapi apa daya demi program kampung saya pasrah deh, mau saya cat biru kok nanti kesannya beda sendiri lha tapi kan konsep rumah saya emang nuansa biru hehehe.

Akan tetapi saya memutuskan mediasi tanamnya tidak menggunakan polibag yang dominan warna hitam gitu. Saya memilih cara sendiri dengan daur ulang sampah rumah tangga. Teman-teman pasti konsumsi minyak goreng, tepung terigu? Nah, sejak lama saya menyisihkan kantong bekas minyak goreng dan pembungkus tepung terigu untuk pengganti polibag. Kok banyak bungkus tepung terigunya? Iya, dulu saya menggunakan tepung terigu saat masih menerima pesanan kue.

Daur Ulang Bungkus Tepung & Kantong Minyak Goreng
Daur Ulang Bungkus Tepung & Kantong Minyak Goreng

Pouch minyak goreng dan bungkus tepung terigu tersebut saya gunakan untuk menanam cabe merah besar menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang. Setidaknya dengan memanfaatkan kantong bekas minyak goreng atau bungkus tepung terigu, saya bisa sedikit mengurangi limbah sampah plastik. Karena saat ini udah jarang toko yang menjual minyak goreng tanpa kemasan seperti zaman dulu.

Saya memang belum bisa menerapkan gerakan #zerowaste seperti mereka yang memutuskan pilihan hidup dengan nol sampah. Namun setidaknya saya sudah memiliki niat meminimalisir sampai, memilah sampah atau mengolah limbah sampah jadi barang yang bermanfaat kehidupan saat ini maupun lingkungan. Sebenarnya masih banyak limbah sampah yang bisa didaur ulang, tapi saya baru menerapkan sebatas itu. Semoga makin semangat menjaga lingkungan dengan mengolah limbah sampah dan sudah ada beberapa ide untuk mendaur ulang seperti btl bekas minuman kemasan untuk pot bunga ataupun  mediasi berkebun aneka sayuran yang nantinya bisa dikonsumsi untuk keluarga.

Semoga tulisan bisa menjadi inspirasi atau penyemangat cara mengatasi limbah sampah yang bisa dimulai dari rumah kita sendiri, terutama limbah sampah dapur.

Ivonie Zahra 




8 komentar:

  1. kalo di sekolahku limbah itu dibikin ornamen-ornamen taman mbak, dan Instagramable banget hasilnya.. jadi nggak nyangka kalau awalnya itu sampah, hehehehe emang kreatifitas tiada batas ya mbak... #jejakbiru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sekolahnya kereen dong peduli sama limbah sampah. Generasi muda memang perlu disemaangati agar kreatifitasnya terasah

      Hapus
  2. Sampah selalu jadi masalah bila tidak diatasi oleh orang orang yang cerdas dan kreatif. Salah satunya ya daur ulang sampah

    BalasHapus
  3. aku ga pernah kepikir itu bungkus minyak goreng dan tepung jadi pot. Keren euy, kreatif, Mbak. Baiklah akan aku coba mengasah kreatifitas biar rumah makin cantik dan sampah-sampah bias berkurang.

    BalasHapus
  4. Rak make up sama potnya cakep. Aku suka. Kalau aku pernah bikin dompet dari kardus bekas susu kotak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak, pernah ngumpulin kardus kota susu juga tapi bukan buat dompet dan punya juga buku tutorialnya nih mbak

      Hapus