Seberapa Penting PAUD untuk Anak-Anak Zaman Now ?

09.19 aurabiru 6 Comments



Kemajuan zaman menuntut manusia untuk terus meningkatkan kompetensi diri baik itu formal maupun informal. Pada tahun 90an hingga 2000, lulusan S1 (Strata Satu) boleh dibilang memiliki prestise yang cukup tinggi di tengah masyarakat dan bila memasuki dunia kerja akan mendapatkan jenjang karier yang cukup menjanjikan. Namun sekarang jumlah lulusan S1 sudah semakin banyak sehingga prestise-nya sudah berkurang di mata masyarakat, demikian juga di dunia kerja jenjang kariernya juga mengalami penurunan. Sekarang banyak instansi atau perusahaan yang menginginkan stafnya memiliki pendidikan S2.


Peningkatan kompetensi ini juga berlaku untuk anak-anak. Zaman saya dulu untuk masuk SD tidak dituntut bisa membaca dan menulis. Namun sekarang, beberapa sekolah memberikan syarat calon siswa sudah bisa membaca dan menulis, minimal mengenal abjad. Hal ini mendorong orang tua untuk memberikan pendidikan sejak dini pada anak-anaknya. Hukum ekonomi pun berbicara, dimana ada permintaan maka di situ akan ada penawaran. Banyak sekolah TK yang menawarkan Program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang diperuntukkan bagi balita (bayi bawah lima tahun). Tidak hanya di sekolah TK, di lingkungan rumah pun mulai bermunculan PAUD misalnya di lingkup RW (Rukun Warga) ataupun Kelurahan.

Lalu apakah benar kehadiran PAUD semata-mata hanya agar anak memiliki kesiapan lebih awal sebelum masuk TK dan SD? Nah kali ini saya akan membahas mengapa keberadaan PAUD itu cukup penting di lingkungan rumah.

Tujuan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) pada umumnya adalah untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.


1.       Memberikan ruang lingkup belajar yang kondusif.

Masa usia anak 0 sampe 6 tahun termasuk usia golden age yaitu masa masa keemasan bagi anak dimana semuanya sedang berkembang pada masa ini terutama otaknya. Oleh sebab itu selain pemenuhan gizi yang maksimal, juga harus didukung oleh lingkungan yang kondusif. Lingkungan yang kondusif bagi anak adalah lingkungan yang bisa menjadi ruang lingkup belajar. Namun sayangnya tidak semua keluarga memiliki ilmu, waktu dan dana untuk memberikan ruang lingkup yang kondusif bagi buah hati tercinta.
Di sinilah kehadiran PAUD menjadi solusi yang efektif dan cukup mudah bagi keluarga muda yang ingin memberikan pendidikan usia dini untuk anak-anaknya.

2.       Bermanfaat khususnya bagi kedua orang tua yang sama-sama bekerja.

Biaya hidup saat ini semakin tinggi sehingga menuntut kedua orang tua untuk bekerja. Namun di sisi lain, muncul masalah baru lainnya yaitu kemana anak-anak akan dititipkan saat kedua orang tuanya bekerja. Bagi yang masih tinggal bersama orang tua (nenek dan kakek) persoalan ini mungkin bisa terpecahkan. Tapi bagaimana jika tinggal berjauhan dengan nenek dan kakek? Membawa anak ke tempat kerja bukanlah solusi yang tepat. Nah orang tua bisa mempercayakan pengasuhan dan pendidikan anak-anak saat mereka bekerja pada PAUD.
Di PAUD, anak-anak akan memiliki tempat belajar yang sesuai dengan  usia mereka.  Anak-anak juga akan bertemu dengan anak lain yang bisa menjadi teman bermain yang tetap berada dalam pengawasan para guru PAUD.

3.       Menumbuhkan keberanian pada diri anak.

Ketika masuk ke PAUD maka anak akan belajar untuk berani dan percaya diri bertemu dengan orang-orang baru mulai dari guru hingga murid PAUD lainnya. Mungkin pada awalnya agak susah, terutama bagi anak yang pemalu dan lingkup pergaulannya berkutat dengan orang tuanya saja. Namun jika anak diberikan pengertian maka lambat laun dia akan mengerti bahwa dia hanya berpisah sementara saja dengan Mama dan Papanya.

4.       Menginspirasi orang tua tentang ragam kegiatan bermain sambil belajar bersama anak-anak.

Para guru di PAUD yang terpercaya pastinya sudah dibekali dengan ilmu parenting mulai dari A sampai Z. Nah lewat PAUD orang tua bisa mendapatkan inspirasi ragam permainan edukatif bersama anak-anak yang diajarkan oleh guru di PAUD. Dengan demikian orang tua mendapatkan manfaat ganda yaitu bisa bekerja dengan tenang sekaligus mendapatkan inspirasi permainan edukatif.

Ngomongin tentang permainan edukatif, para orang tua kini tak perlu bingung lagi mau beli dimana. Keberadaan marketplace bisa menjadi solusi yang efektif, apalagi bagi para orang tua yang sibuk bekerja. Kita tak perlu repot pergi ke toko-toko mainan anak, cukup buka laptop atau HP sudah bisa mendapatkan banyak referensi toko online yang menjual mainan anak edukatif.

Mainan Edukatif  Dok. Pribadi


Tapi tidak semua orang telaten membuka semua marketplace untuk mendapatkan harga yang terbaik. Nah Anda bisa mencoba membuka i-price yang memberikan penawaran harga terbaik dari semua marketplace yang ada. Jadi tak perlu pusing lagi, dengan i-price kita bisa membelikan mainan edukatif untuk buah hati tercinta dengan harga yang rasional.


6 komentar:

  1. Wah bener banget nih ya, pendidikan paud ini sangat cocok buat yang orangtuanya sama-sama bekerja

    BalasHapus
  2. Paud ini merupakan persiapan ketika hendak memasuki sekolah TK ya

    BalasHapus
  3. Memang Paud itu sangat penting, tapi juga tidak banyak yang menyekolahkan anaknya langsung TK

    BalasHapus
  4. Wah bener banget tuh ya Mbak, dengan menyekolahkan anak ke Paud itu juga bisa menumbuhkan keberanian pada diri anak itu sendiri

    BalasHapus
  5. Wah ternyata banyak juga ya manfaat yang bisa didapatkan ketika kita menyekolahkan anak ke Paud

    BalasHapus
  6. Kalau jaman anakku kecil, PAUD belum sebanyak sekarang.Kedua anakku langsung TK.Mereka lebih seneng di rumah bermain dengan Mamae.Mau nggak mau, diriku selalu beli mainan edukatif .Kalau nggak bikin sendiri berdua, sambil main sambil belajar.Aaah masa itu sudah berlalu.Sekarang wis Joko kabeh.

    BalasHapus