Tips Ibu Hamil Muda

01.13 Ivonie 0 Comments






Ketika kita sudah dinyatakan hamil, tentu merupakan kabar yang membahagiakan, namun di sisi lain muncul perasaan khawatir juga dengan kondisi janin di dalam kandungan. Malah kadang ditambah dengan perasaan takut saat proses melahirkan nanti hihihi padahal juga masih hamil muda.



Nah kali ini saya mau berbagi cerita bagaimana saya menjaga kehamilan saat mengandung kedua anak saya dulu. Kesehatan wanita hamil sangat penting untuk dirinya sendiri dan bayi yang dikandungnya. Berikut adalah tips ibu hamil muda versi Mama Ivon.

1. Mematuhi pantangan
Karena sedang hamil, sebaiknya anda mematuhi pantangan untuk tidak memakan makanan yang bersifat panas seperti buah durian dan buah nanas. Rasa panas diperut setelah mengkonsumsi kedua jenis buah ini akan membuat bayi di dalam perut menjadi merasa tidak nyaman.

2. Hindari rokok
Seperti yang kita ketahui, rokok mengandung berbagai zat kimia yang dapat membahayakan perkembangan janin, terlebih jika janin masih berusia sangat muda. Karena itulah, demi menjaga kesehatan bayi sebaiknya anda menghindari kebiasaan merokok.

3. Batasi aktifitas
Jangan terlalu banyak melakukan kegiatan aktifitas yang berat karena akan membuat tubuh cepat lelah dan kesehatan janin didalam perut menjadi terganggu. Sebaiknya anda lebih banyak beristirahat dibanding bekerja berat yang dapat mengancam janin anda.

4. Olahraga
Olahraga juga merupakan aktifitas yang baik untuk menjaga kehamilan muda. Lakukan olahraga ringan seperti senam hamil. selain senam hamil, anda juga dapat berjalan-jalan untuk melemaskan otot pada tubuh.

5. Penuhi nutrisi
Karena sedang dalam tahap perkembangan, nutrisi yang seimbang adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Nutrisi yang dimaksud-pun sangat beragam, yakni karbohidrat, protein, kalsium, mineral, vitamin, serta asam folat. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan ibu serta janin didalam perut. Nutrisi tersebut banyak dimiliki oleh buah-buahan, sayur mayur, ikan, kacang hijau, dan lainn sebagainya.

6. Minum susu ibu hamil
Untuk melengkapi nutrisi yang anda dapatkan dari makanan, susu ibu hamil sangat penting juga untuk selalu dikonsumsi. Susu ibu hamil mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan janin.

7. Jaga pola hidup anda
Karena anda sedang mengandung, biasakan untuk mengatur pola hidup yang baik. hindari minuman beralkohol dan minuman berkafein. Perbanyak minum air putih atau minuman bergizi lainnya. Selain itu jaga juga pola tidur anda. Pastikan anda cukup istirahat agar kesehatan anda serta bayi didalam kandungan tidak memburuk.

Untuk penaganan yang lebih intensif sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter setiap bulan. Demikian tips ibu hamil muda yang sehat. Semoga kehamilan ibu muda bisa sehat hingga proses persalinan nanti, aamiin.


0 comments: