Menginap Semalam Di Hotel The Square Surabaya

08.15 Ivonie 13 Comments

Setiap memiliki keinginan untuk sekedar jalan-jalan ke Surabaya, setiap itu pula ada jalannya guna mewujudkan keinginan. Semenjak menekuni dunia blogging lagi, saya beberapa kali mendapat kesempatan undangan untuk menghadiri sebuah event yang diadakan oleh suatu brand. Namun lebih seringnya kesempatan itu datang dari luar kota yaitu Surabaya. Di Malang jarang ada undangan event untuk blogger.

Pada (30/09/2017) saya pun menyanggupi untuk hadir dalam sebuah undangan event yang diadakan oleh brand susu kenamaan dalam rangka sebuah seminar parenting. Biasanya saya berangkat pagi pulang malam. Namun untuk kali ini, saya sengaja memilih menginap di Surabaya. Apalagi waktu itu ada acara pameran buku besar yang hanya hadir tiap tahun, Big Bad Wolf.

Saya tak melewatkan kesempatan itu, secara dari tahun lalu kepengen bisa datang ke acara pameran buku terbesar yang mendatangkan buku-buku import dengan diskon yang gila-gilaan. Pameran buku Big Bad Wofl diadakan di JX Internasional, sehingga saya pun mesti mencari hotel yang terdekat. Rencananya saya datang ke bazaar buku malam hari setelah event seminar parenting.

Saat browsing cari hotel yang dekat sekaligus harganya masuk akal di kantong saya dengan lokasi bazaar, rupanya sudah banyak yang full booked. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk menginap di hotel The Square Surabaya, yang lokasinya gak terlalu jauh dari lokasi pameran buku.

Lokasi Mudah Dan Strategis

Usai acara seminar parenting saya dan keluarga bergegas untuk memesan taksi online guna menuju ke hotel yang sebelumnya sudah saya booking via Traveloka. Kalau dari hotel tempat seminar parenting jaraknya lumayan sih, namun perjalanan lancar sehingga tak terasa sampai di tujuan. Karena acara seminar parentingnya dari pagi sampai siang, sehingga waktu check in-nya agak telat mendekati sore.

Lobby hotelnya berada di lantai atas, bukan seperti lobby hotel yang sering saya temui yang berada di lantai bawah. Hotel The Square Surabaya ini jadi satu bangunan dengan area perbelanjaan dan apartemen. Di lantai bawah sendiri banyak aneka stand makanan sehingga kalau lapar gak bingung mau makan apa. Serta dekat dengan tempat wisata Surabaya Carnival Park, Mall, Stasiun maupun terminal.

Sesampai di lobby, saya menuju meja resepsionis untuk check in. Resepsionisnya ramah dan cepat tanggap sehingga tidak perlu lama menunggu untuk mendapatkan kunci kamar. sekilas mengenai lobby, lumayan luas dan tersedia sofa yang nyaman.  Oh iya, sewaktu check in saya dimintai deposit cash yang nantinya bakal dikembalikan lagi usai check out.

Saya dan keluarga langsung menuju lift karena Aiman ingin segera masuk ke kamar. Saya lupa dapat kamar di lantai berapanya, yang jelas saya sempat menuliskan pesan berharap mendapat lantai di atas dengan view terbaik.

Merasakan Kamar Tipe Deluxe Yang Nyaman

Akhirnya sampai juga di depan pintu kamar sesuai dengan kunci yang diberikan. Saya memesan kamar tipe deluxe king yang sesuai dengan budget. Begitu pintu dibuka, saya mendapati keadaan kamar ukuran 28.0m2 yang luas, bersih dan nyaman. Dinding kamarnya dibalut dengan wall decor motif batik, serta lukisan sketsa kota Surabaya.

Terdapat tempat tidur dengan tipe king size yang lumayan besar sehingga cukup untuk saya dan keluarga yang terdiri dari suami dan dua anak. selain itu di bagian pojok dekat pintu masuk terdapat mini pantry lengkap dengan teko pemanas air, sepasang cangkir dan sendok serta minuman sachet seperti teh dan kopi, ada juga tempat cuci piring. Ada kompor dan cooker hood yang terpasang namun tak ada gasnya.

Saya suka dengan hotel yang menyediakan teko pemanas serta pelengkapnya, kalau malam-malam males keluar buat ngopi atau makan. Bisa menyeduh teh, kopi atau segelas pop mie di kamar hotel. Sedangkan di  bagian depan tempat tidur terdapat meja kerja memanjang yang menyatu dengan lemari.

Fasilitas lain yang disedikan untuk tipe kamar deluxe king, ada AC yang menyala cukup dingin, mini Kulkas yang menyatu dengan meja kerja, televisi dengan chanel kabelnya, brankas dan free wifi. Space untuk bermain anak-anak pun masih lumayan luas serta lantainya bersih, Cuma sayang tidak dilapisi dengan karpet.

Sementara untuk kamar mandinya sejajar dengan lemari. Sebuah ruangan yang tidak terlalu besar dan  disekat dengan kaca tebal. Interior keramik dinding dan lantai kamar mandi berwarna hijau muda dan kuning. Kamar mandinya termasuk bersih, dilengkapi dengan wastafel, kloset duduk, dua buah handuk bersih dan wangi, peralatan toiletories, shower air dingin dan hangat.

Usai istirahat sejenak, saya pun bersiap untuk menemani anak-anak berenang sekaligus melepas penat usai menghadiri event seminar parenting. Mas Aiman begitu sampai hotel dan masuk kamar, dia yang sangat bersemangat untuk berenang. Meskipun fasilitas kolam renangnya tak ada khusus untuk anak, Mas Aiman tetap senang, dia minta saya temani selamaa nyemplung ke kolam.

Berhubung waktu  mulai beranjak malam, saya segera menyudahi acara berenangnya yang penting anak-anak senang sudah bisa mainan air. Sempat terjadi insiden yang tak saya sadari, saya salah masuk ruang bilas laki-laki, untungnya gak ada tamu hotel yang hendak berbilas dang anti baju. Iya sih, saya masuk bareng Mas Aiman, tapi baru sadar pas sudah di luar wkwwkkw. Selepas sholat Magrib, baru saya dan keluarga keluar hotel menuju lokasi pameran buku Big Bad Wofl diselenggarakan. Oh iya, selain kolam renang, ada juga fasilitas lain yang bebas digunakan yaitu area gym.

Usai berenang saya dan suami menjaani sholat Magrib terlebih dahulu, kemudian bersiap untuk menuju lokasi pameran buku menggunakan taksi online. Jalanan malam itu menuju lokasi pameran cukup ramai dan lumayan macet, padahal saya sudah sengaja memilih malam hari biar gak ramai banget.

Begitu bisa masuk, wow saya excited melihat hamparan buku beragam genre. Mulai dari buku anak-anak dengan harga diskon gila-gilaan sampai buku untuk dewasa yang diskonnya pun tak kalah seru. Saking asyiknya memilah-milah buku sampai lupa waktu mendekati tengah malam. Saya segera meyudahi acara memilih buku dan lekas mengantri ke kasir. Sebelum pulang, saya dan keluarga sempat mampir makan dulu di area food court yang telah disediakan. Usai makan baru kembali ke hotel dengan taksi online.

Menikmati Menu Sarapan Pagi

Begitu sampai hotel, langsung tidur lelaap karena kaki lumayan pegel muterin segitu luasnya tumpukan buku sehingga paginya bangun dengan perasan waktu cepet banget hehehe. Berhubung hari ini gak kemana-mana karena tiket kereta untuk pulang ke Malang memilih jam siang. Sebelum turun ke bawah buat sarapan, saya mandikan dulu anak-anak.

Lokasi restorannya berada di bawah, dekat dengan lokasi kolam renang dan pusat kebugaran. Restorannya tidak terlalu luas sih, tapi cukuplah menampung tamu yang sedang menginap. Bahkan bila ingin menikmati sarapan bisa di outdoor dekat dengan kolam renang.

Sementara untuk menu sarapannya beragam dan lumayan enak dari segi rasanya. Ada paket pecel, nasi goreng, mie goreng, tumis buncis belacan hingga kakap acar kuning. Bahkan ada menu bubur ayam-nya juga lho, sehingga saya gak perlu khawatir menu untuk anak-anak yang gak suka pedas. bahkan Aira suka dengan menu bubur ayamnya. Sedangkan menu western cuma ada roti tawar dengan aneka selai untuk olesannya. Untu minumannya termasuk terbatas pilihannya, hanya ada air putih dan jus yang namanya saya lupa tapi warnanya keunguan gitu deh. Usai sarapan, saya pun balik ke kamar dan beberes untuk siap-siap chek in dan menuju stasiun.

Overall, saya puas menginap di The Square Surabaya ini dari segi pelayanan maupun fasilitas yang ada. Dengan harga yang cukup terjangkau namun fasilitas lumayan lengkap. Recommended deh buat yang pengen menginap di Surabaya dengan low budget tapi cari fasilitas yang lengkap dan baik.