Sup Ceria Bakso So Good, Pilihan Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Keluarga

08.32 Ivonie 12 Comments



Kegiatan memasak bagi saya sangat menyenangkan. Sejak remaja, saya sudah terbiasa memasak sendiri untuk keluarga. Tentunya menu-menu yang mudah dan cepat. Saya belajar otodidak baik dari melihat acara memasak di televisi maupun lewat resep di majalah. Apalagi zaman sekarang makin banyak media yang dapat dijadikan referensi belajar memasak, ada youtube, facebook cookpad hingga instagram.

Kebiasaan memasak untuk keluarga pun berlanjut hingga saya menikah dan memiliki keluarga sendiri. Saat masih pengantin baru, tentunya saya memasak untuk suami. Lain halnya sekarang yang sudah memiliki dua anak.

12 comments:

INI KERIPIK by Andre Taulany : Oleh-Oleh Terbaru Kota Malang Rasanya Apik

23.43 Ivonie 20 Comments



INI KERIPIK by Andre Taulany : Oleh-Oleh Terbaru Kota Malang Rasanya Apik. Kota Malang dan Batu sepertinya memiliki sejuta magnet sehingga banyak para wisatawan yang berbondong-bondong kemari. Perkembangan wisata di kota yang juga dijuluki kota pendidikan makin berkembang pesat. Bicara mengenai tempat wisata, kurang afdol kalau gak bahas oleh-olehnya.

Kalau sebelumnya sudah lebih booming oleh-oleh berupa kue atau cake yang juga digawangi beberapa artis Indonesia, lain halnya dengan Ini Keripik. Kalian belum pada tahu kan? Apa sih INI KERIPIK ? Penasaran? Simak terus reportase-nya ya.

20 comments:

Jalan-Jalan Bersama Anak? Why Not. Ini Hal Yang Perlu Dipersiapkan

10.00 Ivonie 15 Comments



Ketika memutuskan mengajak anak jalan-jalan, tentunya sudah mempertimbangkan banyak hal. Setidaknya sudah memiliki perencanaan bakal mau  pergi kemana dan persiapan apa saja yang mesti dilakukan. Agar acara jalan-jalan bisa berjalan lancar serta anak-anak pun happy. Saya mesti siap dengan perbekalan kebutuhan anak-anak.

Terkadang ada anggapan yang mengatakan travelling dengan anak-anak itu ribet. Padahal tidak selalu demikian, ya biasalah kalau satu dua kali drama atau rewel. Itu hal yang wajar selagi sepanjang perjalanan gak rewel atau tantrum. Bepergian atau travelling bersamaa anak-anak bukanlah hal pertama yang pernah saya lakukan. Secara sejak mereka lahir, saya biasa membawanya serta kalau bepergian. Baik Mas Aiman atau Adik Aira pertama kali saya mengajak mereka berpergian itu umur tiga bulan. Kalau sekarang malah sudah ada yang dibawah itu ya umurnya diajak bepergian.

Mas Aiman pertama bepergian naik motor mudik ke rumah nenek di Blitar. Sementara Adik Aira waktu acara keluarga di Kediri naik mobil saudara dan melewati jalanan yang berliku-liku. Kalau bepergian saat masih kecil, mereka cenderung masih anteng ya. Lain halnya kalau sudah gedean gitu, tantangannya makin beragam.

Nah, supaya acara bepergian atau travelling bersama anak lancar, diperlukan persiapan apa saja yang mesti dibawa. Kalau perlu catat dengan sedetail mungkin agar saat dibutuhkan barangnya sudah siap. Terkadang sudah dipikirkan dan dicatat pun masih ada yang ketinggalan kan? Hayo ngaku..? Saya juga kok hahaha.

-         Pakaian
Sudah pasti ya ini, kalau bepergian mesti bawa pakaian ganti. Hanya saja supaya bawaan tidak terlalu berat. Pastikan pakaian anak-anak yang dibawa secukupnya. Bolehlah menambah satu sampai dua item buat jaga-jaga kalau ternyata baju yang dipakai kotor atau basah. Jangan sampai bawa baju bejibun, eh ujung-ujungnya gak kepakai. Saya pernah ngalamin soalnya hahahaha. Padahal pakaian per hari sudah dipikirkan masak-masak dengan segala kemungkinannya. Oh iya, pilih bahan pakaian anak-anak yang mudah menyerap keringat misalnya katun. Biasakan anak-anak gak bisa diem polahnya, pasti produksi keringatnya bakal berlebih.

-         Perlengkapan Anak

Selain pakaian, jangan lupa tetap bawa perlengkapan anak, seperti perlengkapan mandi yang komplit sekalipun nantinya bakal nginep di hotel atau rumah saudara. Terkadang kalau ada tidak cocoknya dengan perlengkapan mandi, misal alergi sabun tertentu tidak bingung lagi. Kulit anak-anak kan agak sensitif ya, sehingga perlu perhatian khusus. Oh iya, perlengkapan anak  lainnya seperti bedak, minyak telon, handuk dan tisu bayi jangan lupa. Terus terang saya lebih prepare bawa tisu bayi secara lebih efektif membersihkan kotoran kalau anak-anak habis makan sesuatu berlemak, seperti coklat.

-         Perlengkapan Obat-Obatan

Obat-obatan ini penting dibawa selama bepergian dengan anak-anak, karena kita gak tahu cuaca ke depan seperti apa. Kalau tetiba anak-anak sakit pas bepergian gak panik lagi. Obat apa saja yang sekiranya dibawa, itu tergantung kebutuhan anak. kalau saya sih biasa bawa obat penurun panas, diare, hansaplast dll.

-         Gendongan Dan Selimut

Bepergian dengan anak, terutama yang masih belum bisa jalan, gendongan wajib hukumnya selain stroller. Usahakan memilih gendongan yang nyaman, baik untuk yang menggendong maupun yang digendong sehingga walaupun jalan-jalan samba gendong tidak mudah capek. Selain gendongan, perlu juga membawa selimut bayi atau anak-anak yang hangat. Tidak hanya berfungsi menghangatkan, bisa juga untuk alas duduk. Itu sih saya dulu waktu Adik Aira belum bisa jalan hehehe.

-         Camilan Dan Minuman

Travelling dengan anak atau balita gak bawa camilan? Jangan sampai deh ya. Camilan ini mesti disiapkan sebelum berangkat. Selain buat menemani selama di perjalanan juga agar perut anak gak kosong. Selain camilan juga perlu bawa air minum yang cukup. Saya kalau travelling sama anak, bawaan yang paling banyak ya camilan dan minum ini. Mas Aiman suka banget minum air putih usai ngemil.

-         Mainan

agar anak tidak mudah bosan selama di perjalanan saat travelling, jangan lupa bawa beberapa mainan favoritnya. Bawa mainan yang ringkas dan praktis sehingga tidak perlu banyak memakan tempat. Kalau Mas Aiman biasanya suka membawa beberapa koleksi hot weels dan replika hewan dino-nya. Kalau Adik Aira saya bawakan boneka, tentunya yang ukurannya kecil supaya mudah dibawa-bawa olehnya.

-         Buku Bacaan


Selain mainan, buku bacaan bisa juga untuk menemani anak-anak selama di perjalanan. Misal di kereta, daripada berlarian mending diarahkan membaca atau dibacakan buku cerita. Buku bacaan usahakan yang banyak gambar-nya agar anak-anak juga gak bosen.

Oh iya untuk perjalanan jauh misal keluar provinsi jangan lupa untuk membeli tiket kereta api atau pesawat jauh-jauh hari. Kalau saya sih selama ini baru sebatas naik kereta api, maklum dananya terbatas. Nah agar lebih efisien dan nggak perlu antri biasanya suami memesan tiket kereta api secara online. Apalagi sekarang makin banyak toko jual beli online yang melayani pembelian tiket kereta api, selain lebih praktis juga biasanya ada diskonnya.

Demikianlah sharing saya tentang barang-barang yang perlu kita siapkan ketika akan melakukan travelling bersama anak. Jika semua barang sudah dipersiapkan dengan baik maka hati pun tenang dan travelling berjalan lancar. Jika Anda memiliki tips tambahan lainnya silakan sharing di kolom komentar ya, terimakasih banyak.



15 comments:

Flash Blogging, Peran Blogger Dalam Menuju Indonesia Yang Bergerak Maju

23.05 Ivonie 2 Comments



Pada hari Jum’at, 2 Maret 2018 saya mendapat kesempatan untuk hadir dalam acara flash blogging. Pertama tahu informasinya, tanpa pikir panjang saya langsung mendaftarkan diri. Acara yang diadakan di Hotel Aria Gajayana Malang ini merupakan kerjasama antara Kementrian Kominfo RI dan Dinas Kominfo Kota Malang serta Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

Rencananya acara akan dimulai pukul delapan pagi, saya pun bergegas memacu motor ke lokasi yang sebenrnya tidak jauh dari rumah. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya terlebih dahulu. Selanjutnya diisi dengan sambutan dari tuan rumah yaitu sambutan Kepala Dinas Kominfo Kota Malang yang diwakili oleh Ibu Yayuk Hermiati MH.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kota Malang menyampaikan beberapa data mengenai perkembangan pengguna internet di Indonesia maupun di Dunia. Indonesia sendiri menduduki peringkat ketiga di dunia, pengguna internetnya. Negara India yang pertama dan kedua oleh negara Tiongkok. Salah satu kegiatan dari pemanfaatan internet adalah blogging. Kepala Dinas Kota Malang juga sempat menyinggung beberapa manfaat mengenai blogging.

Pengisi materi selanjutnya disampaikan oleh Mira Sahid, selaku Founder Emak Blogger dengan tema materi “ Ide Kreatif Menulis Blog”. Dalam kesempatan tersebut Mbak Mira menyampaikan juga manfaat dari kegiatan blogging  serta bagaimana untuk memulai ngeblog yang diantaranya;

-          Hobi
-          Rekam Jejak Digital
-          Media Informasi
-          Personal Branding
-          Engagement
-          Peluang

Mbk Mira Sahid juga menyampaikan bagaimana sebaiknya bentuk blog yang baik. Hal tersebut mencakup dalam enam aspek yang terdiri dari ramah mata, up to date dan informatif, spesifik, personal, berguna dan unik. Serta menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta.

Acara yang kedua dibawakan oleh bapak Andoko Data, dengan mengusung tema “Sudut Istana” secara beliau merupakan Tim Komunikasi Presiden. Dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa data yang membuat saya terdiam sekaligus manggut-manggut memahami keadaan Indonesia sekarang ini.

Diawali dengan table Menuju Indonesia Satu. Tahun 2015 merupakan tahun pondasi. Tahun 2016 percepatan, kemudian tahun 2017-2019 merupakan pemerataan Berkeadilan Pembangunan Manusia. Berbicara mengenai percepatan, pemerintah bekerja keras agar pemerataan dapat dicapai dengan keadilan. Daerah terpencil yang dulunya selama 72 tahun hidup dalam kegelapan, kini sudah bisa merasakan adanya penerangan.

Sementara untuk di daerah Jawa Timur sendiri ada beberapa pembangunan infrastruktur diantaranya :
-          Pembangunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan
-          Jalan Tol Waru- Aloha-Tanjung Perak
-          Ekspansi Kilang Minyak Tuban
-          Pembangunan Fly Over Di Teluk Lamongan.




2 comments: