4 Fungsi Lampion Imlek yang Wajib Anda Ketahui

07.54 aurabiru 15 Comments

Sumber Gambar : Pixabay


Tahun baru Imlek tentu akan dirayakan dengan penuh suka cita oleh sebagian besar etnis Tionghoa di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Aksesoris pendukung dekorasi seperti lampion imlek  atau pohon angpau menjadi kebutuhan setiap keluarga yang ingin menyambut tahun baru China ini dengan semarak dan meriah.


Fungsi Lampion Imlek yang Wajib Anda Ketahui

Sumber Gambar : Pixabay


Mungkin Anda belum banyak yang tahu mengenai fungsi lampion. Lantas apa saja sih fungsi dari lampion ini? Apakah hanya bisa digunakan saat Imlek saja? Yuk simak informasi tentang 4 fungsi lampion berikut ini.

Pelengkap kemeriahan pesta
Euforia perayaan imlek akan langsung terasa kala ada hiasan imlek di rumah. Hiasan yang paling wajib adalah lampion, angpao hingga panganan khas seperti kue keranjang, buah jeruk dan dodol khas China.

Tak hanya cocok ditempatkan dalam ruangan, lampion juga bisa dipasang di luar ruangan lho. Penggunaan lampion juga bisa berfungsi menyemarakkan pesta bersama dengan orang-orang tersayang Anda. Tak hanya perayaan hari besar saja, lampion banyak digunakan untuk memeriahkan pesta tertentu seperti pesta ulang tahun, pernikahan dan lain-lain.

Sebagai unsur dekorasi   rumah
Penggunaan lampion imlek memang identik menyambut tahun baru China. Namun, lampion juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai unsur dekorasi sebuah rumah. Tak harus menunggu momen tahun baru Imlek tiba tetapi lampion bisa digunakan sebagai pelengkap dekorasi.

Tentu ada syarat yang harus dipenuhi jika tertarik menggunakan lampion sebagai unsur dekorasi yaitu menyesuaikan konsep dasar rumah Anda. Jangan sampai Anda memasang lampion hanya karena tergoda desain yang unik atau elegan namun tak selaras dengan furniture rumah. Menjaga keseimbangan rumah merupakan hal penting kalau Anda ingin memaksimalkan fungsi lampion sebagai unsur dekorasi.

Hiasan taman

Lampion imlek bisa dipasang di mana saja baik indoor atau outdoor rumah, pusat perbelanjaan, rumah makan dan lain-lain. Banyak orang suka memasang lampion di taman rumah agar bisa menciptakan kesan yang lebih menarik. Lampion yang dipilih sesuai dengan keinginan mulai bentuk hewan, karakter, tanaman dan lain-lain.

Berbagai macam bahan lampion juga bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Ada jenis lampion yang menggunakan neon dan halogen sehingga bisa disesuaikan dengan intensitas cahaya yang diinginkan.

Menjadi penerang tidur
Lampion imlek memang cocok dijadikan hiasan menyambut tamu yang datang ke rumah saat perayaan tahun baru nanti. Selain fungsi tersebut, lampion juga berguna sebagai penerang tidur di kamar Anda. Jenis yang paling populer digunakan sebagai penerang tidur adalah lampion benang yang bisa dibuat sendiri.

Lampion benang hanya menggunakan bahan sederhana seperti balon, lem dan benang yang bisa dibentuk sesuai kehendak. Toh, lampion jenis ini juga terbukti awet dalam jangka waktu lama kalau semakin sering digunakan.

Kini Anda tahu mengenai fungsi lain dari lampion yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu Anda bisa memilih macam lampion yang menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalau untuk perayaan hari besar seperti imlek, lampion gantung dengan warna merah menjadi ciri khas tersendiri yang wajib ada. Tentu ada makna baik dibalik penggunaan lampion gantung model tersebut.

Berhubung dalam waktu dekat tahun baru Imlek akan segera tiba, Anda bisa mulai membeli lampion Imlek dari sekarang. Pilih loka market terpercaya untuk mendapatkan produk yang bagus dengan harga bersaing. Pilih transaksi Anda di Bukalapak yang terbukti aman dan menjual aneka barang kebutuhan yang orisinal, termasuk segala macam pernak-pernik untuk Imlek. Bagaimana sudah tahu kan fungsi dari lampion imlek? Tertarik untuk menggunakannya ? Atau sudah ada yang pernah pakai bisa sharing ya di kolom komentar. 

15 komentar:

  1. Banyak juga ya manfaat lampionnya

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  3. Menjadi rumah kelihatan lebih berwarna

    BalasHapus
  4. Wah boleh dicoba tuh di rumah wkwk

    BalasHapus
  5. Waww.. menarik kak, selanjutnya DIY bikin Lampion kak hehehe

    BalasHapus
  6. Wah jadi ternyata lampion itu gak cuman waktu perayaan aja ya, hehehe iya juga sih dulu pernah lewat resto China khas sama lampion

    BalasHapus
  7. foto ketiga di Malang Night Paradise kah?

    BalasHapus
  8. Siap2 liat lampion nih pekan depan..

    BalasHapus
  9. Jadi penasaran sama lampion yg buat lampu tidur..

    BalasHapus
  10. Jadi ingat masa masa SD saat ada ketrampilan bikin lampion dari kertas. Seru.

    BalasHapus
  11. Aku juga pernah bikin lampion dari barang bekas,sayang aku kurang telaten. Aturan bisa dijual tuh, hehehe

    BalasHapus
  12. Lampu yg dipake jenis apa ya? Kynya digantung2 aja kalo lamou buat imlek..

    BalasHapus
  13. salut sama yg bisa bikin lampion secara kan bikinnya ribet ya. soalnya pernah bikin ini pas pelajaran kesenian atuuhlah nyerah saya gak telaten haha. beli aja deh di Bukalapak

    BalasHapus