4 Alasan Memilih Naik Bus Bandara

09.08 Ivonie 19 Comments

Awal tahun ini menjadi momen paling bahagia buat keluarga kami, terutama buat saya dan anak-anak. Impian saya sejak dulu untuk anak-anak terkabulkan. Saya dan suami memang sengaja tidak merencanakan perjalanan liburan di akhir tahun karena sudah memilih awal tahun saja.

Kota yang menjadi tujuan liburan kali ini ialah ke Jakarta. Bukan tanpa alasan saya memilih kota tersebut, ada beberapa alasan yang menguatkan pilihan saya. Pertengahan bulan Januari suami ada acara di sana dengan salah satu brand smartphone ternama. Bulan Januari merupakan bulan kelahiran anak pertama saya, Mas Aiman sehingga perjalanan ini menjadi semacam kado ulang tahun buatnya. Dan di bulan Januari baru ada budget tambahan.

Ada yang berbeda pula dengan perjalanan liburan kali ini, biasanya saya dan keluarga lebih memilih transportasi darat. Namun liburan ke Kota Jakarta saya memakai dua jenis transportasi yaitu kereta dan pesawat terbang. Kalau naik kereta sih sudah sering buat saya dan anak-anak, tetapi naik pesawat terbang ini yang akan jadi pengalaman pertama mereka.

Baca Juga : Pengalaman Pertama Naik Pesawat Air Asia

Saat hari H perjalanan liburan saya dan anak-anak berangkat dari Malang menuju Jakarta menggunakan kereta api. Sementara suami sudah berangkat terlebih dahulu menggunakan transportasi pesawat terbang yang sudah disediakan oleh pihak brand smartphone. Nah untuk perjalanan pulang kami menggunakan pesawat terbang yang sama.

Adapun objek wisata yang kami kunjungi antara lain Masjid Istiqlal, Kota Tua, Monumen Nasional dan ITC Mangga Dua. Majid Istiqlal menjadi destinasi pertama karena hari pertama kami tiba di Jakarta bertepatan dengan hari Jumat. Agar Papa Ihwan tidak sampai meninggalkan kewajibannya meski sedang travelling maka kami wisata religi sekaligus menunaikan sholat Jumat di Masjid Istiqlal.

Pesona Kota Tua menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke Jakarta, termasuk kami. Bangunan-bangunan tua yang tidak hanya indah namun juga memiliki nilai sejarah Indonesia khususnya di Jakarta adalah objek wisata edukasi yang sayang untuk dilewatkan. Di sini kita bisa mengunjungi beberapa Museum seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia dan masih banyak lagi lainnya. Kita juga bisa melihat atraksi budaya yang diperagakan oleh seniman jalanan atau naik sepeda tua warna-warni keliling Kota Tua.

Jangan mengaku-ngaku sudah ke Jakarta jika belum berfoto di depan Monumen Nasional, ungkapan ini sering kita dengar bukan? So di hari kedua kami travelling di Jakarta, kami menyempatkan diri mengunjungi Monumen Nasional meski sempat hujan sebentar sebelum kami berangkat dari hotel. Blessing in disguise, hujan yang baru saja reda membuat suasana di Monumen Nasional tidak begitu ramai sehingga kami bisa lebih menikmati kunjungan ini. Dan pastinya terhindar dari resiko foto bocor karena banyaknya orang berlalu-lalang.

Destinasi terakhir yang kami kunjungi adalah kawasan Mangga Dua yang sudah populer sebagai objek wisata belanja terbesar dan terlengkap di Jakarta. ITC Mangga Dua menjadi pilihan kami karena barang-barang yang dijual sesuai dengan list belanja kami. Anak-anak minta dibelikan mainan dan saya mau nyari barang-barang kebutuhan wanita seperti tas, pakaian dan make-up.

Oh iya, kami sempat bingung juga memilih armada transportasi dari hotel ke bandara. Kami menginap di Maxone Platinum Hotel yang terletak di kawasan Harmoni. Trus saya nggak sengaja melihat ada pilihan transportasi bus bandara di Traveloka, kebetulan kami pengguna setia Traveloka. Setelah saya cek ternyata ada beberapa pilihan armada transportasinya antara lain mobil, shuttle bus dan kereta.

Ada beberapa pertimbangan kenapa saya akhirnya memilih menggunakan bus bandara untuk menuju Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, antara lain:

1.       Bisa pesen online lewat Traveloka
Di era millenials semua aktivitas manusia telah banyak dimudahkan oleh keberadaan internet, salah satu contohnya adalah pemesanan armada transportasi lewat Traveloka. Kabar baiknya, kini kita juga bisa pesan tiket bus lewat Traveloka lho. Jadi nggak perlu repot pesan ke agent travel konvensional atau pesan dadakan di terminal atau shuttle bus dengan resiko kehabisan tiket. Dengan Traveloka kita bisa pesan kapan dan dimana saja.
2.       Harga terjangkau
Hargat tiket bus bandara di Traveloka cukup terjangkau, apalagi buat wisatawan berbudget tipis seperti kami. Harap dimaklumi karena untuk travelling kami harus menyisihkan sebagian penghasilan. Sehingga kalau bisa pengeluaran saat travelling jangan sampai membengkak.
3.       Shuttle Bus dekat dengan hotel
Suatu kebetulan yang menguntungkan kami menginap di kawasan Harmoni karena di sana tersedia shuttle bus bandara. Jadi kami nggak perlu bingung lagi jika mau naik bus, jaraknya cukup dekat dengan Maxone Platinum Hotel.
4.       Pilihan Jam Keberangkatan banyak
Jam keberangkatan bus bandara di Traveloka cukup banyak sehingga kami bisa memilih yang sesuai dengan jadwal penerbangan kami. Adapun jam keberangkatan bus pilihan kami ada 6 waktu mulai dari yang paling pagi pukul 05.40 sampai paling malam yaitu pukul 20.40.

Oke itulah sedikit cerita travelling saya bersama keluarga tercinta ke Jakarta, waktu tiga hari dua malam tentu saja masih kurang untuk mengeksplorasi ibukota yang begitu luas. Semoga next time kami memiliki rejeki dan kesempatan untuk travelling lagi ke Jakarta. Keberadaan Traveloka membuat agenda travelling kami jadi lebih mudah terutama dalam pemesana hotel dan transportasi. Semoga sharing saya ini berguna bagi Anda yang saat ini berencana mau travelling keluar kota, aamiin.

19 komentar:

1. Aku jadi inget waktu tahun kemarin pas lagi liburan sekolah, tak ajak anak-anak ke Monas. Mereka exciting banget ahaha. Kita juga waktu itu nyoba naik Busway mba. Jd drop mobil di mall senayan city terus ke Monas deh naik Busway ehehe

BalasHapus
  2. Aku rencana mau ke kota tua wacana mulu nih sama temen2, he he. Seru ya, emang bagus juga buat jadi spot foto dan bersejarah, ada nilai edukasinya juga, cocok buat liburan anak2 ya.

3. aku belum pernah ke kota tua nih :( tiap kejakarta urusan kerjaan mulu soalnya :(

4. Aku belum pernah nih ke kota tua :3 padahala disana kayaknya bagus gitu ya destinasinya, selalu jadi pilihan kalau ke jakarta

BalasHapus
  5. aku setuju banget sama alasan mba lebih pilih bus bandara, aku juga merasa begitu. pakai bus bandara lebih praktis dan emang beneran terjangkau harganyaaa :D

6. Wah pas bgt ini yah, buat nekan budget pengeluaran.. setuju sih karena liburan itu gak harus mahal. Thanks for sharing yah mba

Enychan

BalasHapus
  7. Makin lengkap aja yaa fitur di traveloka,sampai ada pilihan bus ke bandara. Biasanya aku harus pesen tiket langsung ke shuttle nya atau ga harus telepon.

8. aku juga beberapa kali naik bus ke Bandara, lho, selain alasan harganya lebih murah dibanding taksi offline atau online, tapi juga jadwalnya yang sesuai dan banyak.

9. Aku dari kecil sampai kuliah di jakarta belum pernah foto di monas mbaa, kasian yaaa.. sekarang malah keburu pindah jogja. Kayaknya ini tanda aku harus ke jakarta lagi, apalagi udah ada traveloka, urusan transportasi pasti lancar jaya :)

BalasHapus
  10. Jadi pengen ke Jakarta lagi deh kak terutama ke Monas ama Kota Tua nya hehe terakhir ke Jakarta kyknya tahun lalu deh wkwk

11. Emang paling gampamg ya urusan transportasi. Apalagi ada traveloka. Tinggal pesen bayar jadi. Ga perlu repot antri dll. Aku juga suka beli disana.

12. Wahhh, nice post, mbak! aku baru tau lhoo di Traveloka bisa pesen tiket bus bandara juga.. Asik banget yaa, jadi lebih praktis.. :D

BalasHapus
  13. Enak yaa traveloka sekarang bisa pesen bis ke bandara hehehe. Perasaa. Dulu cuman pesawat sama hotel. Sekarang jadi buanyaaaak banget!

14. Waaah sekarang semuanya jadi lebih praktis dan di permudah yaaah, mau coba ah kapan kapan, udh gt hrganya juga terjangkau

15. I love those airport bus is as well. Very convenient and so cheap. And the one near my house is so close! Enak banget jadinya

BalasHapus
  16. aku juga malah lebih seneng naik bis yg ada di bandara. apalagi kalau nggak ada yg jemput. lebih nyaman juga kok sekarang. karena menurutku harganya terjangkau jg drpd naik taksi

17. Mungkin bakalan asyik naik bis bisa eksplor juga tapi klo masih punya anak balita mending bawa kendaraan pribadi

18. aku pun suka sekali Mbak memanfaatkan transportasi umum dari bandara Karena menurut aku lebih hemat ya jika dibandingkan menggunakan taksi

BalasHapus
  19. Wah aku belum pernah naik bus bandara. Kalau mau ke bandara, pasti selalu pesan taksi online. Boleh nih kapan-kapan dicoba. :D