Alasan Memesan Tiket Kereta Api Online, Menghemat Waktu hingga Pembayaran Mudah

09.54 aurabiru 41 Comments



Akhir-akhir ini saya sering berdiskusi dengan suami, setelah urusan sekolah Mas Aiman kelar inginnya saya merencanakan perjalanan ke luar kota. Tidak seperti tahun sebelumnya yang nyaris tiap bulan ada agenda keluar meskipun gak jauh alias kota tetangga saja. Selain dalam rangka menghadiri undangan event blogger, juga sebagai family time dengan staycation di salah satu hotel di Surabaya.

Walaupun cuma travelling ke kota tetangga di Surabaya, anak-anak sudah cukup senang. Sementara untuk merencanakan perjalanan keluar kota yang jaraknya jauh masih sekedar wacana. Mengingat awal tahun sudah melakukan perjalanan ke Jakarta. Tapi yang namanya kegiatan travelling itu bikin ketagihan, karena banyak hal yang bisa didapatkan dari kegiatan ini. Mulai bonding dengan anak makin erat sampai menambah pengalaman bagi anak-anak mengunjungi tempat baru.

Beberapa kota memang sudah sempat kami kunjungi walau masih sebatas pulau Jawa saja. Maklum saja selain budget yang masih terbatas, kami sekeluarga lebih suka naik kereta api saat travelling dan banyak kota yang bisa dijangkau dengan transportasi ini. Kami sudah pernah travelling ke Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang hingga Cirebon dengan kereta api. Namun saat travelling ke Semarang waktu Mas Aiman masih kecil dan belum ada Adik Aira.

Keputusan akhir diskusi dengan suami sih, rencananya kami ingin melakukan perjalanan ke Kota Semarang lagi dengan formasi lengkap, saya, suami, Mas Aiman dan Adik Aira. Tentu saja ini bakal jadi pengalaman pertama Adik Aira mengunjungi Kota Semarang, kalau kemarin-kemarin sih cuma numpang lewat di stasiunnya.

Memilih Kota Semarang sebagai Destinasi Liburan


Di Kota Semarang ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Nantinya kami pun bakal balik ke tempat wisata yang dulu pernah dikunjungi, meski tempatnya sama bisa jadi pengalamannya akan berbeda ya. Ada wisata Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah, Klenteng Sam Po Kong, Kawasan Gereja Blenduk hingga Showroom Sango tempat favorite saya hehehe.


Selain itu pengennya menambah destinasi wisata lain yang dulu belum sempat kami kunjungi sewaktu pergi bertiga saja. Setahu saya, banyak tempat wisata baru pula di Kota Semarang yang musti dikunjungi terutama yang ramah anak-anak ya.

Memesan Tiket Kereta Api via Online
 

Usai menentukan kota tujuan liburan, biasanya saya mulai hunting keperluan lainnya seperti memesan hotel tempat menginap dan membeli tiket kereta api. Yup, kami masih menjadikan kereta api pilihan transportasi utama selama travelling. Ada banyak alasan kami memilih naik kereta api, mulai dari harganya yang terjangkau hingga lebih merasa nyaman kalau mengajak anak-anak.

Namun untuk urusan pesan tiket kereta api secara online. Ada beberapa alasan kenapa lebih memilih pesan tiket kereta api online dari pada di loket stasiun. Berikut alasan versi saya dalam hal beli tiket kereta api.
-          Menghemat Waktu. Pesan tiket kereta api secara online menurut saya lebih mengehat waktu dan tenaga. Secara kalau beli di loket stasiun terkadang antriannya memanjang apalagi kalau pas musim liburan.
-          Cek Jadwal Kereta Api. Kalau beli tiket kereta api online bisa cek jadwal kereta api lebih cepat, baik jadwal keberangkatan maupun kepulangannya. Serta kereta apa saja yang tiketnya masih avaible. Kalau musti ke loket stasiun, udah antri panjang gak tahu sampai giliran seat kursinya sudah habis. Kalau pesan online pun mudah dalam milih posisi tempat duduk.
-          Harga Terjangkau. Dari segi harga naik kereta api memang lebih terjangkau, namun ada hal yang menarik lainnya kalau beli online biasa ada promo atau diskon di travel online agent gitu.
-          Pembayaran Mudah. Nah ini nih alasan terakhir saya, pembayarannya mudah kalau pesan tiket kereta api online. Tidak harus menyiapkan uang tunai untuk membayar karena bisa via transfer bank supaya lebih cepat.

Nah itulah beberapa alasan saya pesan atau tiket kereta api secara online. Salah satu pilihan saya untuk pesan tiket kereta api online ya di Pegi Pegi terutama via aplikasi di smartphone karena bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Pengoperasian aplikasinya pun mudah dipahami, pilihan kereta apinya banyak serta promo harga tiket kereta api yang menarik.






Anak-anak pastinya senang kalau mereka tahu kalau akan melakukan perjalanan dengan naik kereta api. Harga tiket kereta api pun termasuk yang mudah dijangkau oleh isi atm keluarga kami hehe. Teman-teman kalau merencanakan liburan lebih suka memilih transportasi apa nih? Boleh sharing ya di kolom komentar. 

41 komentar:

  1. Pokoke, kalo pesen sepur, emang cucok meong di pegi-pegi.
    Ada KA ekonomi juga... Buereeesss pokoke :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mbak, promonya kadang menggiurkan

      Hapus
  2. Aku seringnya sih ke Surabaya kalo anak-anak libur sekolah.
    Senang naik kereta api sekarang, karena kondisi angkutan umum ini udah jauh beda dengan dulu. Sekarang bersih dan nyaman. Pesan tiketnya juga via online aja, praktis :)

    BalasHapus
  3. aku juga kalau naik kereta selalu pesen online mba,selain dapat cashback juga gampang kalau mau check in

    BalasHapus
  4. Seru ya jalan jalan naik kereta belinya mudah banget bisa langsung di pegi pegi

    BalasHapus
  5. Pegi-pegi memberikan pilihan untuk memesan tiket perjalanan maupun tiket menginap yaaa. Saya juga kalau ajak anak-anak main meski dekat sudah seneng tuh anak-anak.

    BalasHapus
  6. Wahh samaan nih destinasinya Semarang :)
    Kalo gak bawa bayi, balita, naik kereta masih jd pilihan hemat sih,gak capek di jalan ya.

    BalasHapus
  7. Seneng ya bisa jalan2 naik kereta... Apalagi belinya mudah banget bisa di pegi pegi

    BalasHapus
  8. Bener mbaaa dengan pesan tiket secara online d Pegi-pegi memudahkan banget ya tinggal klik klik. Trus aku baru aja matur k suami kalo pengen travelling k Semarang banget

    BalasHapus
  9. Ditunggu di Semarang ya Ivoon, kita berpanas-panasan lagi hihi..aku malah belum pernah ke Sango itu, pengen cari mangkok deh..

    BalasHapus
  10. bener nih, disamping harga terjangkau, juga membantu banget dengan pesen tiket nya bisa secara online.

    BalasHapus
  11. Ke Semarang. Saya juga lagi ingin liburan ke sana. Sudah lama banget enggak main ke Semarang karena seringnya ke Jogja. Kalau saya baca-baca, di Semarang sudah banyak tempat wisata yang baru.

    Untuk booking tiketnya saya setuju banget, pakai pegi-pegi lebih mudah dan praktis.

    BalasHapus
  12. Iya mbak memesan tiket KA secara online menghemat waktu banget, apalagi pakai Pegi pegi ya Mbak yg praktis banget. Buat liburan sekeluarga naik KA juga jadi nggak ribet. Duh lihat foto lawang sewu bikin kangen kesana nih

    BalasHapus
  13. Betul mb.. Layanan online tu memudahkan dan membuat tidak kemrungsung..kekhawatiran kehabisan tiket juga bisa kita minimalisir.. Syukur-syukur pas dapat promonya, hihi.

    BalasHapus
  14. Yayayaya.. aku sejak tau tiket itu guampang buanget dipesan secara online, aku hampir gak pernah antre di loket.
    Kecuali kalau dadakan, beli yg apa istilahnya ya... Go show.

    BalasHapus
  15. aku kemaren dah mau pesen tiket kereta online ke bandung, lho. tapi ga jadi karna pada abis. soalnya pesen ngedadak ga booking seminggu sebelumnya. krna ga jadi naik kereta, ngerayu suami minta dianter :D
    pankapan pengen beneran pesen kereta online. kangen naik kereta...

    BalasHapus
  16. inget zaman dulu ortu kalau mau pulang kampung harus ngantri di loket lumayan panjang. sekarang beli tiket kereta bisa online :D

    BalasHapus
  17. Asyik mau family traveling ke Semarang, pengen deh traveling keluarga ke Jatim, banyak kota yang pengen dikunjungi, naik kereta api juga jadi favorit anak-anak, nih, sekaranb praktis ya pesan tiketnya via pegipegi

    BalasHapus
  18. Kok aku malah salfok ke pecah belahnya sih itu. Btw aku juga kalau pesan tiket kereta selalu online karena lebih mudah sekarangkan bisa langsung lewat appsnya Pegipegi juga terus kita gak perlu repot antri kayak jaman dulu.

    BalasHapus
  19. Membantu sekali nih kalau pesan tiket kereta api bisa lebih mudah begini. Aku bakalan gampang juga traveling pakai kereta api

    BalasHapus
  20. Setuju! Aku selalu pesen tiket kereta online. Nyaman, bisa pilih seat, trus tenang

    BalasHapus
  21. Bener banget ya mbak, kalau udh ada uang gampang kenapa harus repot repot datang ke stasiun, udh canggih jaman sekarang

    BalasHapus
  22. Aku juga senang naik kereta api mba. Bisa menikmati pemandangan alam dari beberapa daerah. Naik yang ekonomi sampai bisnis udah ngerasain semua hehehe.

    BalasHapus
  23. Destinasi wisata Semarang lumayan banyak yaa...jadi mungkin ga cukup kalau hanya berlibur sehari dua hari.
    Hehehe...extend jadi seminggu, asiik niih...

    BalasHapus
  24. Aku belum pernah nyoba pesan tiket kereta api secara online. Dan baru tahu kalau pegi pegi bisa buat pesan tiket kereta api ya. Mantap. Jadi pengen liburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan kayaknya aku rencana mau liburannya pas anak liburan sekolah nih

      Hapus
  25. Aku kalau pesen tiet jg selalu lewat OTA lbh praktis trus kadang nemu promo/ diskon :D
    Pembayaran jg mudah cukup pakai inet banking aja bisa. Dasar mager hahahaha

    BalasHapus
  26. Aku ingat banget dulu pas pulang kampung ke Garut karena takut macet aku lewat Bandung naik kereta api ke Jakarta via OTA. Mudsh banget ya sekarang tiket kereta api pun sudah bisa beli online.

    BalasHapus
  27. Akupun selalu online mba,, jadi datang k stasiun tinggal print gitu,, sekarang lbih mudah serba online praktis gk perlu antri

    BalasHapus
  28. Memang kalau untuk jalur darat lebih praktis dan nyaman pake kereta api aja yah mbak, tepat waktu dan gak kena macet. Apalagi sekarang bisa pesen via online di pegipegi, tambah praktis aja deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, skrng aku jg kalau mudik lbh sering pakai kereta api, soalnya tiket pesawat gak turun2 hiks #curcol

      Hapus
  29. Di zaman digital seperti sekarang gini, memang segalanya jadi serba praktis dan mudah ya...
    Saya juga lebih nyaman untuk memesan tiket secara online.

    BalasHapus
  30. Karena aku tinggal di Kaltim pilihannya cuma ada bis atau mobil pribadi kalau au travelling antao kota. Tapi lebih dominan mobil pribadi.
    Belum ada kereta api di Kaltim.
    Justru kalau pas jalan-jalan di pulau Jawa, aku sering memasukkan kereta api sebagai pilihan alternatif mode transport, untuk menambah jam terbang pengalaman

    BalasHapus
  31. Iya banget. Hai gini gak perlu lagi ngantri di loket untuk pesen tiket. Bisa secara online sambil tiduran di kasur pun bisa. Mana bayarnya juga bisa dengan cara apa pun

    BalasHapus
  32. Naik kereta membuat anak-anak banyak belajar.
    Senengnya...KAI sekarang gak kaya dulu.
    Lebih rapih, teratur, bersih dan tepat waktu.

    BalasHapus
  33. Anakku suka naik kereta mba. Seru katanya. Dan makanannya juga enak-enak

    BalasHapus
  34. Beneran deh beli tiket kereta online tuh memudahkan banget... KAI ya juga keren lah ya sudah bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

    BalasHapus
  35. Aku juga mba. Suka banget beli online. Lebih flejsibel dan hemat wajtu. Bisa juga nentuin kursi dan ga peelu antri

    BalasHapus
  36. Memang kalau online lebih praktis, ga buang-buang waktu. Tinggal klak klik gadget, beres. Sungguh, kubersyukur lahir di era digital hehehhe

    BalasHapus
  37. wah pegi-pegi sudah ada pemesanan tiket kereta ya duh makin banyak pilihan nih cocok kalo mau mudik gak mantengin 1 web doang bisa ke pegi-pegi juga

    BalasHapus
  38. Praktis dan tidak perlu antri cukup dengan memesan tiket kereta api lewat online, tinggal datang ke stasiun dan langsung jalan deh

    BalasHapus