Event Beautiful Malang Travel Mart 2019

20.06 aurabiru 21 Comments



Kota Malang memiliki banyak objek wisata maka tak heran kalau dikenal sebagai kota wisata selain julukan lainnya. Banyak wisatawan baik lokal maupun luar daerah yang menjadikan Kota Malang dan Batu tujuan berlibur mereka. Untuk itu perlu upaya untuk saling mengsinergikan para pelaku industri pariwisata agar makin maju ke depannya. Hal tersebut diwujudkan dalam event yang pertama kali digelar yaitu Beautiful Malang Travel Mart 2109.


Kenapa Beautiful Malang Travel Mart ?



Acara Beautiful Malang Travel Mart 2019 ini digagas oleh pemerintah Kota Malang melalu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, yang mana mempertemukan semua kalangan stakeholder industri pariwisata. Tidak hanya sebatas hotel atau tempat wisata, melainkan ada restoran, toko pusat oleh-oleh hingga travel agent.

Acara Beautiful Malang Travel Mart 2019 diikuti oleh 68 seller dari Malang Raya dengan berbagai kategori dan juga sebanyak 125 buyer yang tidak hanya dari Kota Malang itu sendiri melainkan dari luar kota seperti Surabaya, Solo, Semarang, Jember hingga Makasar. Saya pun beruntung mendapat kesempatan dalam acara ini sebagai buyer. Beautiful Malang Travel Mart diadakan di Paramount Ball Room Lantai 2 Hotel Atria Malang dan berlangsung pada tanggal 14-15 September 2019.


Apa Saja di Beautiful Malang Travel Mart 2019?


Di event Bautiful Malang Travel Mart ini terdapat sebanyak 68 both dari berbagai pelaku usaha industri pariwisata, mulai hotel sampai toko pusat oleh-oleh. Saat acara saya mengunjungi beberapa both untuk mencari informasi maupun promo apa saja yang mereka tawarkan. Di situlah fungsi diadakannya event ini, para buyer bisa langsung bertatap muka dengan bagian marketing seller tanpa harus jauh-jauh untuk mendapatkan info yang valid.


Hotel
Kenapa pilihan pertama saya hotel? Karena saya yang notabene seorang travel family blogger sering bepergian keluar kota untuk menginap sehingga saat bermanfaat mencari info sebanyak-banyaknya mengenai hotel, layanan, harga hingga promo menarik yang mereka tawarkan. Secara ya, saya ini paling sering ditanyain teman dari luar kota mengenai hotel yang recommended di Malang. Sehingga kalau saya sudah pernah menginap di beberapa hotel di Malang Raya ( Malang- Batu ) jadi memudahkan saya memberikan informasi pilihan hotelnya.

Both hotel yang sempat saya kunjungi diantaranya, Hotel Mutiara Baru dan Bata Merah Guest Host bersama Ibu Natalina selaku marketing manajer. Ada Hotel Riche yang dekat sekali dengan Alun-Alun Kota Malang dan dinyatakan sebagai hotel heritage dan masih banyak lainnya.

Tempat Wisata

Nah, ini termasuk urutan kedua yang jadi fokus saya saat mengunjungi both yang ada di Beautiful Malang Travel Mart. Ada beberapa tempat wisata yang sudah tidak asing buat saya, namun tidak ada salahnya saya menggali informasi dari layanan mereka. Benar saja, saat saya mengunjungi both Jatim Park Group ternyata mereka memiliki wahana wisata baru yang bernama Sweet Memories Selfie. Kedengaran menarik kan? Saya dan keluarga berencana ke sana karena jiwa selfie mulai meronta-ronta nih. Kalau mengintip di akun instagram mereka sih menarik banget, baik buat anak-anak sampai dewasa. Maklum ya, sekarang kan era-nya swafoto gitu loh, sayang buat dilewatkan hehehe.

Selain ke Jatim Park Group, saya juga mencari informasi di both BNS atau Batu Night Spectaculer. Tempat wisata malam ini udah lama gak saya kunjungi, terakhir waktu anak pertama umur 2 tahun kalau gak salah ingat. Si bungsu malah yang belum pernah sama sekali. Serta ada Malang Night Paradise, ini juga wahana wisata malam hari yang terdapat taman dinosaurus dan wahana naik perahu mengelilingi 5 miniatur negara gitu.

Selain dua both yang sudah saya sebutkan, masih ada lagi both travel agent, toko pusat oleh-oleh seperti Malang Strudel, Queen Apple dan Ini Kripik. Bagian both restorannya ada Dapoer Lawang dan Warung Kuliner. Bagian transportasi ada komunitas Hiace, bagi wisatawan yang membawa rombongan bisa memanfaatkan sekaligus menyewa transportasi mereka.

Kemeriahan Beautiful Malang Travel Mart


Event ini dibuka langsung oleh Walikota Sutiaji beserta ibu dan jajaran staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang seperti Ibu Ida Ayu Made Wahyuni dan Bapak Agung Bhuana. Acaranya tentu saja meriah karena melibatkan Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.
Diharapkan ketiganya bisa saling sinergi membangun pariwisata di Malang Raya lebih baik dan makin maju. Setiap kota-nya memiliki ciri khas sekaligus kelebihan yang berbeda sehingga bisa saling melengkapi.



21 komentar:

  1. ketika melihat jalanan pantai selatan sekarang merasa lebih baik, saya membayangkan ada bis yang kayak surabaya bis ada kesana dari malang kota hihihih

    BalasHapus
  2. Aahh Malang emang selalu jadi magnet buat siapa aja.. termasuk buatku nih... Pengennyaa bisa lihat event ini.. Semoga ada kesempatan

    BalasHapus
  3. Asyik banget dong ya bisa dapat info lengkap tentang wisata malang di satu tempat

    BalasHapus
  4. Kangen Malang, semoga terus berkembang biar makin ciamik :)

    BalasHapus
  5. Jadi ingat lama tak ke Malang. Haha...Padahal kalau dari Bondwoso, malang termasuk dekat dan banyak tempat wisatanya. Kudu banget diagendakan ke Malang lagi, Nih.

    BalasHapus
  6. Wah meriah banget ya, saya jadi kepengen bisa menyaksikan event ini suatu hari nanti. Semoga kelak bisa ke Malang.

    BalasHapus
  7. Malang menurutku ada banyak tempat wisata dan kuliner enak. Dan kayaknya aku berharap bisa suatu saat balik lagi ke Malang :)

    BalasHapus
  8. Kangen Malang. Baru satu kali ke sana mau lagi. Mau bawa anak2. Waktu itu aku cuma sendiri, kayaknya bakal lebih mengesankan bawa rombongan bocil hehe. Aku suka atmosfer kotanya mbaa

    BalasHapus
  9. Memang ya...Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, ketiganya bisa saling sinergi membangun pariwisata di Malang Raya lebih baik dan makin maju. Setiap kota-nya memiliki ciri khas sekaligus kelebihan yang berbeda sehingga bisa saling melengkapi. Jadi deh enggak cukup beberapa hari berkunjung ke sini. Dan mesti datang lagi dan lagi hihi

    BalasHapus
  10. Malang terus berbenah ya untuk menghadapi pertumbuhan wisata Indonesia. Banyak destinasi cantik loh di Malang Raya, sehingga penanganan yang menyeluruh akan menunjang perkembangan Malang di bidang pariwisata.

    BalasHapus
  11. Malang beneran JOSS. Industri wisatanya digarap serius. Mulai akomodasi, event sampai kuliner-nya juga semua bertumbuh. Seneng akutuh kalau lihat postingan event-event d Malang yang kayaknya adaaa aja. Yang Malang Heritage kemarin aku sampek pengin ke sana lho. Soalnya pasti banyak spot buat hunting foto.

    BalasHapus
  12. Sudah lama ga ke malang. Enak ada gini, potensi ukm dan wisata di malang jadi lebih terangkat dan dikenal masyarakat yo

    BalasHapus
  13. Wah seru yah kak eventnya, kalau gini makin semangat warga Malangnya, trus potensi usahanya jg makin meningkat �� sukses trus

    BalasHapus
  14. Aku jadi pengen ke Malang, tar mah sering mampir ah. apalagi kalau ada event kece begini.

    BalasHapus
  15. Booth pusat oleh-olehnya banyak pusat oleh-oleh kekinian ya.

    Bagus banget ada event kayak gini, memperluas pangsa pasar pariwisata kota malang

    BalasHapus
  16. Seru banget ini acaranya.
    Kayaknya Malang makin ramai aja ya, pas pemdanya jg tau betul potensi Malang. Moga bisa segera ke sana aamiin :D

    BalasHapus
  17. Malang jadi destinasi liburan favorit keluargaku. Pengen kembali lagi liburan ke Malang, karena belum puasa explornya.

    BalasHapus
  18. Malang ini tempat wisatanya ketje-ketje... layak banget buat jadi list lokasi tujuan ya Mak...

    BalasHapus
  19. Belum pernah nih ke Malang, asyik tuh kalau event Malang Beautiful Travel, jadi bisa tahu tujuan wisata di Malang apa aja. Semoga bisa juga diadain di Jakarta, jadi bisa buat bekal kalau ke Malang. Biar nggak cuma kepikiran ke Bandung terus, hehe

    BalasHapus
  20. Pantas saja ya banyak acara keren malang..soalnya malang jadi destinasi wisata yang ciamik..terutama di Batu...jadi ini jelas menjadi keuntungan buat Pemda makanya harus disupport terus

    BalasHapus
  21. Plan tamasya sambil mudik next : MALANG, I miss U Malang
    Apalagi sekarang full dukungan promo & pengembangannya

    BalasHapus