Membeli Tanaman Hias di Toko Bunga Mitra Flora Nusantara Batu

01.36 aurabiru 19 Comments




Hidup di daerah perkotaan yang padat penduduknya dan rumah nyaris dempet, memiliki halaman luas tentunya masih sebatas angan. Beda jauh dengan halaman rumah orang tua di desa yang luas dan ada kebun pekarangan. Namun bukan saya orangnya yang mudah begitu saja menyerah, musti punya siasat agar lingkungan rumah tetap asri. Salah satunya dengan menanam bunga di pot dan memanfaatkan sisa tanah di dekat got depan rumah. Lantas bagaimana dengan  bunganya? Saya mendapatkan aneka bunga dengan membeli bunga di Mitra Flora Nuantara Batu.


Kota Batu selain terkenal dengan jargonnya sebagai kota wisata, juga mendapat julukan kota bunga. Lokasi para petani bunga berada di daerah Sidomulyo atau biasa orang menyebutnya Punten. Daerah ini merupakan daerah yang mau mengarah ke tempat wisata Taman Selecta yang juga terkenal dengan taman aneka bunga yang indah.


          Lokasi Toko Terjangkau Kendaraan Sepeda Motor dan Mobil




Sebelum belanja bunga di toko bunga Mitra Flora, saya biasanya beli yang di pinggir jalan raya atau pernah sekali blusukan ke petani bunganya yang berada di dalam kampung. Saya tahu toko bunga ini dari geng teman rumpik yang isinya khsusus emak-emak aja hehehe.

 Sebenarnya saya dan teman-teman udah ada rencana belanja bareng ke sana, cuma saya udah gak sabar pengen ke sana dulu sama suami dan anak-anak. Jadilah pagi menjelang siang waktu itu menuju ke sana. Toko Bunga Mitra Flora  Nusantara berada di Jalan Mawar Putih No.85 Batu, lokasinya masuk gang jalan beraspal dan gak terlalu jauh kok masuknya.



Bagi yang membawa kendaraan mobil, tenang tetap bisa parkir di pinggir jalan depan tokonya begitupun dengan sepeda motor. Ini pertama kalinya juga belanja bunga mengajak anak-anak agar mereka bisa belajar tentang tanaman hias. Mengenal warna dan bentuk bunga, nama-nama tanaman hias baik yang berbunga maupun berupa daun saja.


Mitra Flora Nusantara Batu, Surganya Pecinta Tanaman Hias




Akhirnya saya sampai juga di toko bunganya setelah menembus kemacetan Kota Batu. Seperti biasa kalau weekend memang udah dipastikan macet karena banyak wisatawan luar kota yang memilih berlibur di kota ini. Saat melihat hamparan beraneka tanaman hias, terbayar deh berpanas-panasan karena macet.

“Ah, aku mah gak bisa tanam-tanam karena sering mati, tanganku panas kali!” pernah atau sering dengar ungakapan seperti itu? Buat sebagian orang memang anggapannya seperti itu, kalau saya sendiri sih dari pengalaman bercocok tanam ya biasa-biasa aja asal rajin merawatnya. Tidak selalu tanaman tumbuh subur, bahkan pernah juga saat menanam suatu jenis tanaman jadi mati. Sebenarnya siapa saja bisa bercocok tanaman terutama tanaman hias, hanya saja memang perlu memperhatikan banyak hal, jenis tanaman, media tanam dan proses perawatannya. Saya sempat baca buku mengenai ini, nanti bakal saya review di postingan lain ya.



Balik lagi pas soal belanja tanaman hias, duh beneran deh kalau ke sini musti siapain budgetnya biar gak kalap. Banyaak banget jenis tanamannya, mulai dari Aglonema yang macamnya gak cuma satu tapi banyak sesuai dengan corak daunnya, tanaman gantung, palm, anggrek hingga kaktus yang unyu-unyu gitu.

Setiap jenis tanaman sudah dikelompokkan tersendiri dan tertata dengan baik. Bagaimana soal harga?  Tenang saja, tiap pot sudah ada yang disertakan dengan harganya. Menurut pengakuan teman saya sih, harga di Mitra Flora lebih terjangkau dibandingkan dengan toko sejenis yang ada di sekitaran daerah penjual tanaman hias.  Iya, sih dibandingkan beli di Pasar Bunga Splendid Malang harganya terpaut lumayan banyak. Kalau butuh bunga banyak mending ke sini saja deh, misal mau buat taman di depan rumah.



Saya tadinya cuma pengen beli satu atau dua jenis tanaman jadi kalap deh hahaha. untungnya suami sabar menungguin dan bayarin belanjaan tanaman hiasnya. Jadiya pas pulang kondisi motor makin penuh. Udah gitu masih sempat saya aja blusukan ke kebun petani buat cari tambahan tanaman hias dan beneran berhasil dapat beberapa jenis dengan harga murah. Tanaman apa saja yang saya beli pas belanja nanti saya tulis terpisah ya.


Harga Murah Bikin Kalap Belanja Tanaman Hias Bareng Teman





Rupanya saya tidak hanya puas belanja bareng suami, nyatanya pas rencana ke Mitra Flora bareng teman-teman geng rumpik emak-emak terlaksana sama Mak Happy dan Mak yanie kepincut belanja lagi. Suami sudah menduga saya bakalan kalap lagi karena harga murah dan pas banget ke sananya pakai mobil.


Awalnya cuma siapin uang cash biar gak kalap lagi, tapi jebol juga deh isi ATM saya hahaha. lha gimana, harga bunganya lho mulai Rp.5000 sampai ratusan juga ada tergantng jenis tanaman hiasnya. Niat dengan kenyataan gak sesuai karena belakang mobil teman saya sampai penuh dengan aneka bunga dan pot. Oh iya, di seberang toko Mitra Flora ini juga ada toko aneka pot yang harganya murah yang ternyata masih satu naungan dengan toko bunga. Mau cari pot model apa saja adaa, pot tawon aneka warna ? Ada. Bahkan harga lebih murah beli dalam partai banyak alias lusinan ketimbang bijian.

Edisi blusukan ke petani bunga pun kejadian lagi dan ke sananya jalan akki akrena mobil gak bisa masuk. Rada ngos-ngosan pas berangkatnya, begitu pulang bawa tentengan lagi senyum-senyum puas deh, itu sih saya hahahaha. Kenapa sih suka bercocok tanam termasuk tanaman hias? Buat saya sih selain untuk mengisi waktu luang, memperindah taman depan rumah tapi sebagai salah satu langkah menjaga lingkungan hidup. Adanya tanaman baik tanaman hias maupun tanaman pangan seperti sayur dan obat serta meski tinggal di perkotaan dengan lahan terbatas tetap merasakan udara yang segar rendah polusi dan asri.

Mitra Flora Nusantara
Jl. Mawar Putih No. 85 Batu
WA : 08113681113
Buka : 07.00 WIB – 16.00 WIB
Tutup : Hari Jum’at


19 komentar:

  1. Ini rekomendasi buat yg mau cari tanaman ya Mba.

    Wah jadi pingin cuss k sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kalau main ke Batu dan pengen beli bunga bisa mampir ke sini

      Hapus
  2. Cantik dan segar ya, tanaman di sana. Itu borong banyak banget...

    BalasHapus
  3. Wow tanamannya banyak banget, jadi ingat suamiku yang hobi banget dengan tanaman beda ama aku hahaha, kalau kata suamiku banyak tanaman bikin suasana rumah adem terus udaranya lebih bersih. Tapi walaupun ngak suka berkebun atau tanam-menanam, aku tetep kebagian nyapunyanya...hahaha.

    BalasHapus
  4. aku salfok sama outfitmu yg di sebelah mobil :*
    asikk borong taneman banyak. kalo aku orangnya bertangan panas. udah borong tanaman dua kali, semuanya mati :'(

    BalasHapus
  5. Wah ada yang lagi mborong tanaman hias di Toko Bunga Mitra Flora Nusantara Batu nih hihi

    BalasHapus
  6. Banyak banget nih ya Mbak pilihan tanaman hias yang ada di Toko Bunga Mitra Flora Nusantara Batu ini

    BalasHapus
  7. Saya jadi pingin nih Mbak membeli tanaman hias di sana juga hehe

    BalasHapus
  8. Aku juga suka ngak tahan ngak belanja klo dah nyampe ke sarang tanaman hias spt ini. Ih cantik-cantik banget.

    BalasHapus
  9. Ahhh aku paling ga tahan liat tanaman cantik kayak gt mbak... Di batu ya.. Kalau kesana mau mampir ahh

    BalasHapus
  10. kaktusnya bagus-bagus.
    saya juga biasanya blusukan beli ke petaninya langsung.
    Kapan-kapan mesti coba ke sini deh, pilihannya lebih banyak

    BalasHapus
  11. Iya, ini surga banget bagi pencinta bunga dan tanaman hias. Kalau Deket saya datang terus ke sini mbak hihi

    BalasHapus
  12. Mba ivoon belanjanya banyak amaaat. Aku juga suka kalap belanja taneman tapi kadang kurang bisa merawatnya suka lupa nyiram, hiks.

    BalasHapus
  13. ngeborong kembang sebanyak itu, uwooow. Gimana nih halaman rumah udah kayak taman bunga instagrammable apa belum? nanti ku mampir ke rumahmu yaa mbak.

    BalasHapus
  14. Kayak aku tuh Von, kalo belanja tanaman hias bakal gelap mata. Pasti borong, apalagi kalo harganya murah gitu. Nah, Ivon juga kan tinggal di Malang, pasti tanamannya subur karena udaranya cocok dengan tanaman bunga itu

    BalasHapus
  15. wah cakep cakep tanaman hiasnyaaaaa. harganya juga murah murah ya mak? cocok banget buat memperindah taman di rumah yaaaa

    BalasHapus
  16. Kalau di rumah yang hobi menanam tuh ibuku. Malah suka bereksperimen, menanam sesuatu dengan metode tanam yang beda. Hasil lihat di youtube dicobain gitu hehehee.. Sepuh-sepuh hobi nonton youtube, terutama tutorial menanam bunga dan sayuran.

    BalasHapus
  17. OMG kaktusnya lucu-lucu bangeet. Saya baru belajar punya tanaman nih, Mbak. Itupun gara-gara si kecil yang punya baju gambar kaktus lalu dia minta dibeliin kaktus betulan. Sekarang baru punya 2 kaktus mini. Lumayan sih perawatannya gampang untuk saya yang kurang telaten. Jadi siramnya gak sering-sering pun masih tetap hidup hehe.

    BalasHapus