5 Aktivitas Seru Saat Wabah Corona

01.05 aurabiru 24 Comments





Wabah Corona telah mengubah wajah dunia, kini kita banyak beraktivitas di rumah bersama keluarga. Hal ini kita lakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona lebih luas lagi. Suami sejak 18 Maret 2020 sudah menjalani Work from Home (WFH) demikian juga dengan anak sulung saya, Aiman, juga menjalani Study from Home.


Sebagai ibu rumah tangga, saya sudah terbiasa berada di rumah mulai dari pagi sampai malam. Melakukan pekerjaan domestik, mengasuh anak-anak hingga me time ala emak-emak seperti nonton channel Youtube favorit atau merawat diri. Namun sekarang bedanya semua anggota keluarga ada di rumah sehari penuh.

Berada seharian di rumah apalagi sampai hampir 2 bulan tentunya ada rasa bosan yang menghinggapi. Bahkan bisa menjadi pemicu stress karena meskipun suami dan anak di rumah namun mereka memiliki tanggung jawab untuk bekerja dan belajar di rumah. Nah agar kita bisa menjalani masa karantina mandiri atau Stay at Home dengan nyaman maka kita usahakan melakukan aktivitas yang beragam dan menyenangkan. Syukur-syukur kalau bisa menghasilkan hehehehe.

Ini dia 5 aktivitas seru di rumah saat wabah Corona versi Mama Ivon:

  1. Membuat Kue
Saya memang memiliki passion di dunia baking, bahkan dua atau tiga tahun yang lalu saya membuka usaha kuliner dengan menerima pesanan kue dari rumah. Sesekali saya juga mengajak anak-anak berkreasi di dapur seperti membuat pizza dan es krim, mereka senang banget pastinya. 



Namun sudah lama neh saya tidak mengajak mereka turun ke dapur karena waktunya tersita untuk kegiatan lainnya. Nah dengan keadaan sekarang dengan banyaknya waktu luang di rumah maka saya rasa mereka pasti senang jika diajak bikin kue lagi. Ini salah satu foto saat saya mengajak anak-anak bikin kue kacang.

  1. Berkebun



Halaman depan rumah kami memang tidak luas namun itu tidak menyurutkan niat saya untuk berkebun. Justru dengan lahan yang minimalis kita jadi berpikir kreatif bagaimana mengakalinya. Kalau saya menyiasati lahan minimalis dengan menggunakan rak bersusun untuk menata tanaman sehingga bisa memuat lebih banyak pot. Trus juga menggunakan pot gantung yang saya gantung di teras dan vertical garden yang saya terapkan di salah satu dinding teras.
Anak-anak juga bisa dilibatkan dalam aktivitas berkebun agar mereka bisa sekalian belajar juga tentang aneka tumbuhan dan bagaimana merawatnya.

  1. Make Over Barang
Saya dan suami sama-sama menyukai warna biru. Dari teras, ruang tamu, kamar, dapur hingga kamar mandi selalu ada warna biru di dalamnya. Bisa dominan atau sekedar sentuhan saja sebagai aksen.
Agar keuangan keluarga tidak jebol untuk membeli barang-barang berwarna  serba biru maka saya make over barang-barang di rumah. Apalagi di masa pandemi gini, kita musti berhemat sebisa mungkin. Kalau saya kemarin baru saja make over tatakan kompor yang semula berwarna hitam menjadi biru.

  1. Renovasi Rumah
Lebaran nanti dipastikan tidak boleh mudik dan silaturahmi dengan kerabat meskipun itu di dalam kota. Walaupun begitu saya tetap ingin melakukan sedikit renovasi rumah agar tampak lebih indah dan tidak membosankan. 



Sebenarnya renovasi ini melanjutkan pembangunan karpot mobil kami. Karena keterbatasan dana dan waktu sehingga bagian terasnya belum terselesaikan. Nah mumpung suami banyak waktu di rumah saya mengajaknya untuk mengecat teras karpot dan dinding teras agar lebih serasi.

  1. Berberes Barang Lama
Kegiatan berberes barang lama sudah sering saya lakukan sebelum wabah Corona. Selain agar rumah lebih lapang, saya juga tidak mau nantinya dihisab atas barang-barang yang sudah tidak saya pakai lagi.
Barang-barang lama ini bisa diberikan kepada kerabat atau sahabat yang masih mau menggunakannya. Bisa juga dijual di pengepul barang bekas yang biasa keliling kampong, lumayan uangnya buat tambal kebutuhan dapur hihihi.

Agar kita bisa melakukan aktivitas yang seru tentunya kesehatan keluarga harus dijaga. Sebagai ibu saya harus meng-up grade pengetahuan saya tentang virus Corona. Untuk itu saya banyak sekali searching informasi tentang Corona mulai dari ciri-ciri virus Corona, gejala awal yang dialami saat terjangkit virus Corona hingga penanganan yang benar.

gambar dari Halodoc


Kalau masih ragu dengan informasi yang didapat kita bisa berkonsultasi secara online dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Di aplikasi ini ada beberapa fitur yang berkaitan dengan Corona antara lain: Up-date COVID 19, Periksa COVID 19 dan Tes COVID 19.
Untuk memastikan apakah kita terjangkit virus Corona kita bisa melakukan skrining awal dengan menjawab beberapa pertanyaan secara online. Mulai dari gejala yang dirasakan hingga riyawat kontak dan bepergian ke kota atau negara yang terjangkit Corona.
Dengan aplikasi Halodoc ini kita tidak perlu menempuh resiko terpapar virus Corona di rumah sakit. So, nggak perlu ragu apalagi panik segera install Halodoc di HP kalian yaa.



24 komentar:

  1. bonding sama anak laki-laki satu-satunya jadi terasa lebih kuat nih sejak anjuran buat di rumah aja...

    BalasHapus
  2. make over the room! itu ide pertama waktu pandemi
    Terus dilaksanakan? kagak, mager soalnya mo beli materialnya, tokonya tutup (dilempar kue)

    BalasHapus
  3. Ahh, ngintipin Mama Ivon bikin kue, wanginya ampe kesinii. Jadi kapan mau bikin pizza, kabarin nanti aku mampir icip2 eeehhh..

    Btw enaknya jaman sekarang, cari info tinggal lewat app seperti HAlodoc yang udah jelas terpercaya.

    BalasHapus
  4. sebelum masa isolasi, aku udah beberes gudang n semua lemari baju. banyak barang2 ga kepake yg disumbangin. kerasa banget pas perpanjangan isolasi ini tubuh udah lelah masak. untung deh udah beberes duluan :D

    BalasHapus
  5. Seruuu bgt Aiman Aira
    Bikin kue memang assoy yaaa
    Nyaaam nyaaam

    BalasHapus
  6. Jadi tersentil soal beberes barang lamanya nih, Mak. Di sisi lain aku merasa ga enak juga kalau ngasih barang bekas yang akunya sendiri malas makenya. Tapi kalau numpuk ya emang bikin greget. Kasih tukang rongsokan aja kali ya

    BalasHapus
  7. Wah asyik banget, aku cuman rutiniyas biasa aja dan itupun riweh karena wfh haha

    BalasHapus
  8. Wah toss mbak, saya juga suka bikin kue sama anak-anak juga berkebun. Mereka excited banget dengan kegiatan barunya. Nah, halodoc ini saya juga sering akses mbak untuk membaca artikel kesehatan. Sangat recomended.

    BalasHapus
  9. Kebun (atau taman ya itu) rapi banget mbak.
    Saya sudah lama juga install aplikasi halodoc, biasanya dipakai buat beli obat aja.
    Ternyata bisa buat skrining awal kena corona atau nggak ya, ntar mau cobain ah

    BalasHapus
  10. Sejak pindah rumah hampir 2 tahun lalu, di rumah saya kayaknya masih aja berasa berantakan. Saat lagi di rumah begini jadi momen untuk beberes hehehe

    BalasHapus
  11. Iyaa sekarang parno ke rumah sakit jadi kalau ada keluhan bisa konsultasi online di HaloDoc ya..

    BalasHapus
  12. Asyik ya kalau pinter bikin kue, jadi di rumah aja bisa bikin kue.. Lah aku, bikin bubur kacang ijo aja gosong. Jadi selama di rumah, urusan masak2 serahkan suami deh, masakannya lebih enak. Aku beberes dan berkebun aja. hehehe

    BalasHapus
  13. Kebunnya unik dan manis mba., Terlihat tertata beda ama aku kok ngak bisa rapi ya. Hehhe. Kalau aku jadi pengen bikin kue mba selama di rumah

    BalasHapus
  14. Belajar masak dan beberes rumah, dulu paling males sekarang jadi seneng, hehe/

    BalasHapus
  15. Aku belom bisa bikin kue.mentok cm pisang goreng gitu kak seru banget yaa anak pasti suka

    BalasHapus
  16. Jadi inget pengen ngecat tembokkk. Tembokku ga karuan warna warninyaaaaa. Besok ah tak cat

    BalasHapus
  17. Beberes barang lama udah rutin tiap tiga bulan sekali, tapi karna pandemi ini aku juga beberes lagi. Dapat banyak barang nggak pernah dipakai, akhirnya bisa diberikan pada orang yang lebih membutuhkan.

    BalasHapus
  18. Seru juga tuh aktivitas di rumah bareng anak-anak, terutama yang bikin kue. Aira udah pinter nih diajak bikin kue yaaa...

    Semoga saja kondisi tak menentu dari adanya Corona ini segera berakhir. Pengin bisa menjalani hidup normal kembali seperti sebelumnya ya.

    BalasHapus
  19. Awal pertama masa di rumah aja, saya dan anak-anak juga memilih membuat kue sebagai aktivitas seru kami. Tapi sekarang malah beralih ke kegiatan berkebun, menanam sayuran.

    BalasHapus
  20. Selaa work from home ini aku belum ada buat kue sama anak2, tapi makin rajin masak ajasih, berkebun juga asik, tapi bibit lagi ngak ada, jadi ya stop dulu

    BalasHapus
  21. Pokoknya cari banyak aktivitas biar sibuk terus yaa selama di rumah aja.
    Apalgi buat anak2 kudu dicarikn kegiatan yag pas krn mereka gampang bosenan. Makanan bisa jd nambal biar gak bosen haha

    BalasHapus
  22. banyak aktivitas yang bisa dilakukan yah jadi gak bosen

    BalasHapus
  23. tamannya cantik sekali. biru, sesuai warna kesukaan. itu masnya sampai ngecat rumah sendiri pakai warna biru, haha. iyah jd gak cemas deh kalau hasil screening menandakan kita sehat ya

    BalasHapus
  24. wah seru banget ya memasak bersama si kecil, stay safe and stay healthy ya Bun :D

    BalasHapus