5 Manfaat Kartu Pra Kerja

06.02 aurabiru 1 Comments


 
sumber:pintaria.com

Di tengah wabah Corona yang melumpuhkan hampir semua sendi kehidupan terutama ekonomi, masyarakat Indonesia mendapatkan sedikit harapan dengan hadirnya Program Kartu Pra Kerja. Program Kartu Pra Kerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah.


Bantuan ini diberikan hanya sekali seumur hidup untuk peserta. Kartu Pra Kerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja. Program Kartu Pra Kerja telah dibuka pendaftarannya 11 April 2020 dengan jumlah pendaftar pada gelombang pertama sebanyak 8,4 juta orang. Namun yang berhasil lolos hanya 168.000 orang. Namun peserta yang gagal masih bisa mengikuti pendaftaran di gelombang selanjutnya. Sampai kini pendaftaran masih dibuka hingga nanti bulan November 2020.

Setiap peserta Kartu Pra Kerja akan mendapatkan uang insentif sebesar Rp 3.550.000 yang diberikan secara bertahap selama 4 bulan. Insentif tersebut terdiri atas bantuan pelatihan sebesar Rp.1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp.600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp.50.000 per survei untuk 3 kali survei atau total Rp.150.000 tiap peserta.

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang memiliki profesi sampingan sebagai blogger, saya tertarik untuk mendaftarkan diri di Program Kartu Pra Kerja. Adanya insentif memang menjadi salah satu motivasi saya, namun yang lebih utama adalah kesempatan untuk mengembangkan diri dengan skill (ketrampilan) baru yang akan berguna di masa yang akan datang.

sumber: pintaria.com





Lalu apakah manfaat dari Program Kartu Pra Kerja ini hanya insentif? Tentu saja tidak

Berikut Manfaat Kartu Pra Kerja yang bisa kita terima antara lain:


1.     Meningkatkan efektivitas kerja


Pekerja  yang sudah terlatih biasanya akan mempergunakan bahan dan peralatan kerja dengan lebih baik dan efisien. Di samping itu, resiko kecelakaan kerja dan kerusakan peralatan lebih bisa diminimalisir bila ditangani oleh pekerja yang telah terlatih.

Dengan begitu biaya produksi bisa dikurangi tanpa mengesampingkan kualitas. Mempekerjakan karyawan bersertifikasi akan memberikan keuntungan tersendiri bagi industri maupun perusahaan.

2.     Produktivitas meningkat


Pekerja yang terlatih biasanya lebih produktif dalam bekerja dan kualitas hasil kerja yang lebih tinggi daripada pekerja yang tidak terlatih. Pelatihan akan meningkatkan keterampilan karyawan dalam melakukan pekerjaan tertentu. Hal ini sekaligus mempengaruhi kuantitas dan kualitas output perusahaan.

3.     Meminimalisir pengawasan


Jika pekerja mengikuti pelatihan yang tepat, maka tanggung jawab pengawasan dalam proses kerja akan berkurang. Dengan begitu perusahaan dapat "menghemat energi" dan menyalurkannya pada kebutuhan yang lebih mendesak.

Namun, bukan berarti menghilangkan sepenuhnya kebutuhan akan pengawasan, melainkan lebih pada mengurangi kebutuhan pengawasan yang terperinci dan konstan. Sehingga pekerja bersertifikat pelatihan umumnya dianggap lebih menguntungkan.

4.     Up-grade skill


Ketika sebuah keterampilan baru dibutuhkan, perusahaan seringkali menghadapi kesulitan besar dalam pekerja baru. Nah dengan adanya sertifikasi pelatihan maka perusahaan akan lebih cepat menemukan pekerja yang kompeten sehingga proses seleksi menjadi lebih singkat. Perusahaan pun bisa berproduksi kembali lebih cepat.

5.     Standarisasi prosedur


Setiap perusahaan pastinya memiliki standarisasi dalam setiap proses produksi, hal ini tentunya menuntut kinerja para pekerja yang lebih tinggi. Maka perusahaan biasanya membutuhkan pekerja yang telah terampil atau memiliki pengalaman pelatihan agar bisa mencapai target produksi.


Itulah 5 manfaat Program Kartu Pra Kerja yang bisa kita dapatkan bila kita lolos dalam program ini. Sayangnya saya tidak lolos di gelombang pertama, tapi tidak apa-apa karena saya masih bisa mencobanya lagi di gelombang berikutnya. Bagaimana dengan kalian, apakah kalian juga ikutan Program Kartu Pra Kerja ini? Sharing dong pengalaman kalian di kolom komentar yaa.


1 komentar:

  1. Waktu itu pernah daftar ini tapi gagal deh.Tapi ada temen yang terpilih dan sudah mulai ikut pelatihannya, alhamdulillah ya, membantu banget masa pandemi gini kak

    makasih sharingnya

    BalasHapus