Ibu Hamil Konsumsi Daun Jambu Biji untuk Atasi Diare, Amankah?

23.58 Ivonie 33 Comments

 

Ibu Hamil Konsumsi Daun Jambu Biji untuk Atasi Diare, Amankah?

 


Di masa kehamilan, seseorang biasanya akan mengalami beberapa keluhan, termasuk sering terkena diare. Diare merupakan kondisi dimana tekstur feses menjadi cair dan memiliki frekuensi buang air besar lebih dari tiga kali sehari.

 

Diare pada ibu hamil umumnya sering terjadi. Hal ini dapat disebabkan oleh tubuh ibu yang belum siap menerima adanya hormon kehamilan sehingga muncul respon diare. Selain itu, rahim yang membesar dan menekan usus juga membuat proses cerna menjadi lambat yang akhirnya berujung dengan diare.

 

Selain itu, diare yang dialami ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal lain. Seperti misalnya intoleransi terhadap kandungan makanan atau minuman tertentu seperti susu, keju, dan produk turunan susu lainnya. Dapat juga dipicu oleh adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, virus ataupun spora, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, dan lain sebagainya.

 

Ketika diare terjadi pada ibu hamil, sebisa mungkin harus segera ditangani. Sebab, diare yang tidak ditangani dengan baik dapat memicu terjadinya dehidrasi pada ibu hamil. Dehidrasi berat dapat menimbulkan komplikasi pada organ-organ penting dalam tubuh, salah satunya adalah ginjal. Untuk mencegah hal ini terjadi, ibu hamil disarankan untuk tetap menjaga cairan tubuhnya selama masa pengobatan dan pemulihan diare.

 

Ketika sedang hamil, seseorang menjadi takut untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia. Biasanya, obat-obatan herbal menjadi solusi yang dipercaya minim akan efek samping. Seperti halnya daun jambu biji yang dipercaya ampuh untuk mengatasi diare. Namun, amankah ibu hamil mengkonsumsi daun jambu biji untuk mengatasi diare?

Manfaat Daun Jambu Biji

Selain buahnya yang manis serta kaya akan vitamin C, daun jambu biji pun tidak kalah bermanfaat. Memiliki aroma yang khas, daun jambu biji sering disajikan dalam bentuk teh. Mungkin Anda masih jarang menemui teh daun jambu biji di Indonesia. Namun, teh tersebut sebenarnya memiliki manfaat sebagai antioksidan serta kaya akan vitamin C.

 

Di beberapa penelitian ilmiah pun tercatat bahwa daun jambu biji memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah menjaga kadar kolesterol, mencegah diabetes, mencegah obesitas, serta mengatasi diare.

 

 

Kandungan Apa yang terdapat di Daun Jambu Biji sehingga Bisa Mengatasi Diare?

 

Di dalam Journal of Smooth Muscle Research tahun 2008, dituliskan hasil penelitian mengenai daun jambu biji yang dilakukan terhadap tikus sebagai objek studi. Penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa ekstrak jambu biji dinyatakan dapat mengatasi diare. Kamu bisa mengkonsumsi rebusan air jambu biji ketika mulai timbul gejala diare, saat diare sudah terjadi, bahkan mengurangi tingkat keparahan diare.

 

Hal ini karena daun jambu biji memiliki kandungan attapulgite yang juga terdapat pada obat diare seperti entrostop. Kandungannya yang satu ini dapat membuat feses menjadi padat sehingga diare teratasi.

Amankah Ibu Hamil Mengkonsumsi Daun Jambu Biji?

Meskipun telah terbukti dapat mengatasi diare pada hewan percobaan, namun ibu lebih baik mengkonsumsi buah atau tanaman lain yang memiliki kemungkinan kecil terkait paparan pestisida. Sebab daun jambu biji kemungkinan besar telah terpapar pestisida yang digunakan ketika masa perawatan tanaman.

 

Pestisida memiliki dampak yang buruk bagi ibu hamil sehingga jika memutuskan untuk tetap mengkonsumsi daun jambu biji, cucilah dengan bersih untuk mencegah paparan. Selain itu, para ahli menilai bahwa perlu penelitian lanjutan terkait manfaat daun jambu biji terhadap diare. Jadi, menghubungi dokter adalah satu-satunya cara yang tepat untuk mengatasi diare pada ibu hamil.

 

 

 

33 comments:

Haven Light Clinic Rekomendasi Pijat Di Malang

04.37 Ivonie 23 Comments

 

Haven Light Premium Message

Akhir-akhir ini banyak aktivitas yang lumayan menguras energi dan emosi. Mulai dari mendampingi anak belajar daring sampai puncaknya waktu saya memutuskan untuk mudik ke Blitar. Ya, memang pulang kampung ini jadi agenda rutin setiap bulan menjenguk orang tua karena tinggal sendirian di desa. Selain itu untuk merefresh pikiran dari penatnya tinggal di perkotaan dalam waktu yang lama.

Namun pada kenyataannya walau pikiran fresh tapi gak berlaku sama badan,
rasanya masih tetap capek mungkin karena efek di jalan dan lumayan lama gak dipijat. Apalagi dengar teman yang cerita habis pijat rasanya itu enak banget.  Saya jadi kepikiran buat segera pijat, tapi tempat pijat di Malang yang beneran enak dimana ya? Yeay, kesempatan pun datang buat pijat di Malang dari Haven Light Clinic  Malang buat mencoba produk terbaru mereka yaitu Haven Light Premium Message.

Mengenal  Lebih Dekat Haven Light Clinic Malang

Apa sih Haven Light Clinic? Jadi ini itu semacam One Stop Beauty Care yang ada di Malang, tepatnya berlokasi di Jl. Buring No.29 Malang. Bisa dibilang berada di lokasi yang strategis karena berada di tengah kota. Bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat serta terdapat lahan parkir yang luas dan nyaman. Klinik kecantikan ini berdiri sejak Januari 2018 yang salah satu pendirinya oleh Mas Bagus Fendi Sudarta.


Haven Light Boutique


 Kenapa disebut One Stop Beauty Care? Karena konsep yang diusung menyajikan beberapa layanan treatment kecantikan dalam satu tempat. Tempat dan interiornya dikonsep lebih homey namun elegan, hal tersebut sudah terlihat dari tampilan luar Haven Light Clinic. Di sini kalian bisa mencoba berbagai fasilitas dan treatment yang ditawarkan. Ada Haven Light Premium Message and Spa, Haven Light Salon by Nita, dan Haven Light Boutique.


Reflexiologi di Malang






Setiap fasilitas menawarkan beragam layanan, mulai dari potong rambut, makeup, pijat sampai aneka produk baju maupun kain batik yang di pajang tak jauh dari pintu masuk klinik. Maka tak heran lagi kalau Haven Light Clinic menjadi salah satu rekomendasi beauty care yang ada di Malang dalam satu tempat menawarkan beragam fasilitas.

Pengalaman Merasakan  Haven Light Premium Message




Walau ada beragam layanan treatment yang ditawarkan, siang itu saya dan Mbak Dini berkesempatan untuk merasakan treatment terbaru mereka yaitu Haven Light Premium Message. Konon treatment pijat ini beda dengan treatment pijat lainnya.

Saya yang sudah pernah merasakan pijat di tempat lain dibuat penasaran dong. Walaupun kondisi masih pandemi begini, saya gak perlu takut untuk treatment karena klinik ini juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pengunjung diminta mencuci tangan lebih dulu, dicek suhu tubuh, disediakan hand sanitaser dan semua wajib pakai masker termasuk pegawai dan terapisnya.

Baca Juga : Merasakan Sensai Pijatan Tradisional 

Kemudian saya diminta untuk mengisi data pengunjung dan menunggu sejenak untuk mempersiapkan fasilitas yang akan digunakan untuk treatment. Sebelum treatment dimulai saya sempat berkeliling ruangan untuk melihat fasilitas apa saja yang ada di Haven Light Clinic. Seperti ruangan salon, ruang reflexiologi, ruangan butik, ruangan spa hingga ada ruangan praktek dokter THT. Usai berkeliling, saya diajak ke ruangan pijat yang berada di belakang bagian kanan. Oh iya, di tengah bangunan belakang terdapat sebuah taman mini  asri  dan sejuk yang memisahkan dua ruangan pijat.




Ruangan tempat saya pijat cukup luas, ada beberapa ranjang yang sudah tertata rapi beserta perlengkapan untuk pijat. Berhubung masa pandemi, ranjang yang digunakan terbatas karena guna menjaga jarak. Sehingga yang bisa dipakai hanya tiga ranjang yang disekat dengan kain gorden.  Saya bergegas untuk menganti pakaian dengan selembar kain jarik yang sudah disediakan. Terapis yang memijat saya namanya mbak Sheila.

Proses memijatpun di mulai dengan dilapisi kain jarik terlebih dahulu dari pundak hingga kaki. Selanjutnya dipijat per bagian badan menggunakan cream khusus yang sudah diracik oleh dokter kecantikan Haven Light Clinic dan minyak zaitun. Selama proses pemijatan, saya sangat menikmatinya. Memang agak sakit tapi masih dalam batas wajar karena badan saya sudah lama gak dipijat, kata mbak Sheila berasa kaku semua. Mbak Sheila sendiri orangnya ramah dan telaten memijatnya.

Ada hal menarik yang mungkin gak didapati di tempat pijat di Malang lainnya, yaitu salah satu media selama proses pemijatan selain kasur juga menggunakan guling. Saya saja sempat kaget, buat apa ini guling hihihi. Proses pemijatannya per bagian dan detail banget. Bisa jadi karena itulah jadi rekomendasi message Malang. Selain guling, proses pijat di Haven Light Clinic juga menggunakan batu mineral gunung yang sebelumnya sudah dihangatkan. Beneran waktu ditempelkan ke punggung dan leher berasa hangat, jangan khawatir soal tingkat kehangatan bisa disesuaikan ya. Selama batu mineral gunung yang dibungkus kain menempel pada punggung kita sambil dipijat. Badan dan punggung rasanya makin relaks.




Oh iya, untuk waktu memijat produk terbaru Haven Light Premiun Message kurang lebih 2 jam, tapi bisa juga menyesuaikan dengan kebutuhan. Tak terasa waktu dua jam pun berlalu dan badan rasanya makin enak dan bugar, cuman dibagian punggung memang masih agak sakit  karena terlalu kaku sehingga perlu dipijat ulang lagi. Kata Mbak Sheila untuk menjaga kebugaran badan waktu buat pijat idealnya dua minggu atau satu bulan sekali. Terakhir saya dikasih pilihan mandi atau cukup diseka saat selesai di pijat dan saya pilih diseka saja.

Harga dan Paket Pijat di  Malang Haven Light Clinic



Selesai pijat, saya diberikan pilihan minuman penutup dan saya memilih wedang jahe hangat saja. Oh iya, bagaimana soal harga dan paket pijat di sini? Tenang, cukup terjangkau kok. Untuk pilihan pijatnya ada beberapa macam seperti Javanese, Balinese, Tuina, Hawaian Lomi-Lomi, Shiatsu, Haven Light Premium, Hot Stone dan Kids Message. Harga menyesuaikan dengan pilihan paket pijat dan durasi waktunya.




Paket Haven Light Premium seperti yang saya coba, pilihan waktunya bisa 60,90 dan 120 menit dengan masing-masing harga Rp. 140.000, Rp. 160.000 dan Rp.180.000 . haven Light Clinic selain jadi rekomndasi message Malang juga menyediakan paket reflexiologi di Malang. Jujur, menurut saya dengan harga segitu cukup worth it fasilitas, waktu dan hasil akhir setelah dipijat. Ini jadi pengalaman yang menyenangkan dan saya jadi penasaran kepengen balik lagi buat mencoba treatment lain. Kalau dilihat dari buku daftar treatment sih lebih enak dan murah ambil yang paketan atau sekalian jadi membernya.

Oh iya, karena Haven Light Clinic mengusung konsep one stop beauty care, misal mau perawatan rambut bisa langsung ke ruangan salonnya. Atau kepengen tambah koleksi baju batik atau kainnya, bisa melihat-lihat dan pilih di bagian butiknya. Buat teman-teman yang mau mencoba paket pijat di Haven Light Clinic bisa melakukan reservasi terlebih dahulu supaya mudah mengaturnya dan tidak terlalu lama menunggu giliran.

 

 

 

 

 

 

 

23 comments:

Kenapa Banyak Orang yang Kena GERD Semasa Pandemi?

21.29 Ivonie 1 Comments

penyebab gerd saat pandemi

Pandemi terus berlanjut hingga kini. Kondisi ini juga membuat banyak perubahan dalam kehidupan. Misalnya tidak leluasa lagi untuk nongkrong di restoran favorit dengan teman, memerlukan persyaratan administrasi saat hendak bepergian hingga work from home demi terciptanya pencegahan optimal di sebuah komunitas, dalam hal ini lingkupnya perusahaan.

1 comments: