Skill Academy: Kelas Pra Kerja Terbaik

08.50 aurabiru 0 Comments

 

kelas pra kerja terbaik

Pandemi tidak hanya membuat orang kehilangan nikmat sehat, orang-orang tercinta namun juga kehilangan mata pencaharian. Ada karwayan atau buruh yang di-PHK karena perusahaan atau pabrik tempatnya bekerja melakukan efisiensi hingga gulung tikar. Lalu ada juga pelaku usaha kecil yang bangkrut karena usahanya sepi konsumen. Belum lagi mereka yang masih mencari pekerjaan pasti kondisi ini sangat sulit.

Pemerintah tidak tinggal diam melihat ini, untuk membantu rakyat yang terdampak pandemi maka diadakanlah Program Kartu Pra Kerja. Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Berhubung pandemi membatasi interaksi secara fisik/offline maka para pemegang Kartu Pra Kerja ini bisa menggunakannya untuk mengikuti pelatihan secara online di platform belajar online yang banyak di internet. Ada Skill Academy, MauBelajarApa, PijarMahir.id, Pintaria, Kelas.com dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan begitu banyaknya platform ini bisa membuat para pemegang Kartu Pra Kerja bingung, tapi kebanyakan memang memilih Skill Academy sebagai tempat untuk mengembangkan kompetensi diri. Nah saya mau sharing neh perbandingan Skill Academy dengan salah satu kompetitornya yaitu MauBelajarApa.

Perbandingan Skill Academy vs MauBelajarApa

 Kalau dari segi tampilan website, Skill Academy dan MauBelajarApa memiliki desain yang informatif dengan pemilihan warna yang elegan. Pada tampilan home, Skill Academy dan MauBelajarApa langsung menyambut para pemegang Kartu Pra Kerja dengan fitur yang bisa langsung diakses dan mengarahkan pada kelas-kelas yang diperuntukkan bagi mereka.

Di era serba digital dan mobile ini, orang lebih suka mengakses website menggunakan HP apalagi jika website tersebut memiliki aplikasi yang tentunya lebih mudah dan praktis untuk diakses. Nah Skill Academy ini memiliki aplikasi yang tersedia Playstore, dengan 384ribu ulasan dan mayoritas memberikan rate 4-5 bintang. Sedangkan untuk MauBelajarApa, ketika saya mengetikkan di PlayStore tidak ditemukan aplikasinya. Malah diarahkan ke Skill Academy.

Metode Pembelajaran

Belajar secara online itu memiliki tingkat kesulitan yang boleh dibilang lebih besar daripada belajar offline. Ketika kita belajar online kita tidak bisa melihat secara langsung instruktur yang mengajar, meskipun hal ini bisa digantikan dengan live via zoom atau live streaming via Youtube namun seringkali koneksi internet yang buruk menjadi kendala yang menghambat.

Saya mencoba mencari kelas fotografi di Skill Academy dan MauBelajarApa. Ternyata di MauBelajarApa semuanya menggunakan aplikasi Zoom, sedangkan di Skill Academy berupa video pembelajaran. Menurut saya metode pembelajaran di Skill Academy memiliki keunggulan yaitu life time artinya peserta bisa mengakses selamanya dengan sekali bayar. Peserta bisa mengulang lagi video pembelajaran itu sampai benar-benara paham. Sedangkan kalau live via zoom, jika tidak ada tayangan ulang maka peserta tidak bisa lagi mengakses materi yang diberikan.

 

kelas pra kerja terbaik

kelas pra kerja terbaik

Harga Kelas

Harga menjadi pertimbangan selanjutnya ketika kita akan membeli sebuah kelas pembelajaran. Dengan kelas yang sama yaitu fotografi, harga kelas di Skill Academy lebih terjangkau daripada kelas di MauBelajarApa. Di Skill Academy memang sering memberikan diskon di hampir setiap kelas yang diberikan sehingga peserta bisa membeli kelas lebih banyak, tentunya tanpa mengurangi kualitas materi yang didapatkan.

Layanan Customer Service

Bagi orang yang masih awam dengan platform belajar online seringkali kebingungan ketika melihat begitu banyak kelas yang ditawarkan. Untuk itulah diperlukan layanan customer service yang bisa memberikan pertimbangan dan referensi tentang kelas apa yang paling sesuai bagi pemegang Kartu Pra Kerja. Di platform MauBelajarApa disediakan fitur Bantuan menggunakan aplikasi chat di website, kelemahan dari fitur ini adalah biasanya tergantung apakah operatornya sedang online atau offline dan antriannya banyak atau sedikit. Sedangkan fitur Bantuan di Skill Academy, langsung diarahkan ke Whats App (WA) yang tentunya lebih cepat mendapatkan respon dari operator. Jika peserta ingin bertanya di kemudian hari, tinggal kirim pesan lagi ke no WA Skill Academy tidak perlu akses website lagi.



 

Demikianlah sharing saya tentang 3 alasan kenapa harus membeli kelas pelatihan prakerja di Skill Academy. Dengan 3 alasan yang menjadi keunggulan Skill Academy bila dibandingkan dengan MauBelajarApa maka tidak salah jika Skill Academy banyak diminati dan disebut-sebut sebagai Kelas Pra Kerja Terbaik yang ada di Indonesia.

 

0 comments: