Tak Hanya Cek Kendaraan Sebelum Pergi, Intip 4 Cara Menghindari Kecelakaan Lalu Lintas

08.21 aurabiru 23 Comments

 

Sumber Foto : Freepik.com

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, sebagai pengendara kamu diharuskan untuk mawas diri dan tetap waspada akan hal hal yang bisa terjadi. Sebagai bentuk antisipasi, berikut ini beberapa cara menghindari kecelakaan lalu lintas yang perlu kamu perhatikan.


1. Menjaga Jarak dengan Kendaraan Lain


dok. Pribadi




Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, menjaga jarak dengan kendaraan lain menjadi salah satu hal yang terpenting. Sehingga, kamu pun perlu memastikan jarak antara kendaraan satu dengan yang lain tidak terlalu dekat. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kecelakaan, terutama kecelakaan beruntun di tol.

Selain itu, kecepatan antar kendaraan juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan banyak pengemudi yang sekarang mulai abai dengan keselamatan dengan melajukan kendaraan dalam kecepatan yang tinggi terutama saat mengendarai di jalan tol.

Banyak diantara mereka beralasan sedang terburu-buru. Namun hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan dan memiliki dampak yang negatif.

2. Memastikan Kondisi Kendaraan Dalam Keadaan Baik

Sebelum kamu melakukan perjalanan, pastikan bahwa kendaraan yang kamu tumpangi dalam keadaan dan performa yang baik. Hal ini sebagai salah satu cara menghindari kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, kamu wajib untuk melakukan pengecekan seperti oli, mesin hingga tekanan angin yang terdapat pada ban kendaraan kamu.

Hal-hal tersebut sebagai langkah antisipasi agar nantinya kamu bisa berkendara dengan aman, nyaman dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Ketika kamu melakukan pemeliharaan dan pengecekan sejak ini, hal tersebut akan mampu menjadi salah satu bentuk deteksi dini agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

3. Berkendara Dalam Keadaan yang Fit




Bagi kamu yang sedang berkendara, tak hanya perlu mengecek kondisi mobil atau motor saja. melainkan, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu menyetir dalam keadaan yang sehat.

Hal ini bertujuan agar nantinya kamu terhindar dari kecelakaan lalu lintas yang mampu menyebabkan cacat maupun meregang nyawa.

Sehingga, sebelum kamu berkendara pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat dan bugar.

Selain itu, pastikan juga kamu tidak dalam efek obat maupun alkohol yang bisa menyebabkan kantuk maupun kehilangan fokus. Cara menghindari kecelakaan lalu lintas ini bisa kamu lakukan dan terapkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Berada di Jalur yang Sesuai

Ketika kamu berkendara, pastikan kamu untuk mengurangi terjadinya distraksi atau gangguan ketika berkendara. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih fokus dan melihat jauh ke depan.

Fokus tersebut akan bertujuan untuk melihat apakah terdapat bahaya yang ada di jalan raya. Hal ini sebagai bentuk langkah antisipasi yang kamu lakukan untuk hindari kecelakaan.

Selain itu, kamu pun perlu untuk membiasakan agar tidak berpindah-pindah jalur dengan semena-mena.

Kamu perlu membiasakan diri untuk berada di satu jalur dan melakukan antisipasi apabila berhadapan dengan pengemudi yang kerap kali berpindah jalur seenaknya.

Jika kamu menemukan pengemudi yang melakukan hal tersebut, lebih baik kamu segera menjauh sebagai cara menghindari kecelakaan lalu lintas.

Oke teman-teman Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Untuk meminimalisir setiap resiko, kamu bisa mendaftar asuransi kecelakaan diri dari Garda Me memberikan perlindungan utama berupa santunan meninggal dunia atau cacat tetap keseluruhan akibat kecelakaan yang terjadi.

 

23 komentar:

  1. Yeaay, makasih cara-cara di atas, udah aku lakukan juga. Tapi beneran ada di jalan tuh sesuatu. Kalo ga ditabrak ya nabrak. Kita udah hati hati semaksimal mungkin, ehhh yang lain selonong boy cium bamper kita.
    Memang yang paling aman adalah proteksi dengan memiliki asuransi, yang banyak banget manfaatnya buat diri kita atau pun kendaraan, salah satunya pilihan asuransi kecelakaan diri Garda me bisa menjadi pilihan.

    BalasHapus
  2. aku udah enggak berani lagi bawa mobil habis nyenggol motor orang kemarin

    BalasHapus
  3. Banyak sebenarnya yang harus diterapkan demi kelancaran dan keselamatan berkendara..kendaraan plus sopirnya harus sama2 fit..

    BalasHapus
  4. Setuju banget dengan semua tips mbak diatas. Yang pasti harus selalu berdoa siy ya mbak, kadangkala udah bener² melakukan antisipasi kalau pas sudah takdir ya mau gimana lagi.

    BalasHapus
  5. aku klo bawa motor maen capcus aja niiih mba, heheuu cuma periksa bensin kok ternyata udah penuh lagi, oh ternyata udah diisiin bapakee..
    Moga selalu selamat ya di perjalanan kita mba, aku pernah hampir nabrak orang, karena dia tiba2 ajaaaa nggak ngasih sign. Shock, aku juga sih kenceng banget waktu ituuu. Jaga jaraaak kudunya yaa.

    BalasHapus
  6. Penting banget nih diingat tips nya. Aku juga kalau perjalanan jauh dan pakai kendaraan sebisa mungkin setiap 4 jam sekali berhenti untuk istirahat

    BalasHapus
  7. Kayanya harus ditambah 1 lagi ya, jangan berkendara sambil telfonan, karena biasanya memang dijalan tipe2 pengemudi yg sambil telponan ini ngeselin dan membahayakan orang lain, huhuhu

    BalasHapus
  8. yang nomor terakhir kayaknya yang paling penting, kalo badan udah fit baik yang nyetir dan penumpangnya juga sama2 enak

    BalasHapus
  9. Ada satu lagi, nih. Suka sebel lihat mobil menyalakan lampu hazard di saat hujan deras. Justru itu membahayakan. Kalau ada mobil yang begini, saya semakin menjaga jarak, deh

    BalasHapus
  10. 4 tips ini pada dasarnya menjadi standar para pengendara secara umum. Tapi kadang saat mendesak jadi dilupakan. Saya paling ngeri kalau pergi dengan buru-buru tanpa cek kondisi badan si sopir atau kondisi kendaraan

    BalasHapus
  11. Aku sebenarnya termasuk orang yg ekstra hati-hati kalau berkendara. Tapi masalahnya orang lain tuh mak yang suka sembarangan. Gimana dong? Emang kudu siap asuransi juga dah

    BalasHapus
  12. Banyak kecelakaan terjadi memang karena kondisi pengendara yang enggak fit. Makanya kalau pas bepergian jauh, selalu kasih kesempatan supir untuk istirahat barang tidur sejenak untuk mengembalikan kondisi tubuh yang terlalu lelah.

    BalasHapus
  13. Jaga jarak dgn kendaraan lain penting banget nih, pernah kejadian kendaraan depan ngerem mendadak eh krn nggak jaga jarak maka terjadilah, ringsek

    BalasHapus
  14. Jaga jarak itu penting buat menghindari rem mendadak juga. Asuransi juga sama pentingnya y. Aku juga pakai Garda Me mbak

    BalasHapus
  15. Bener bnget tipsnya.. btw Aku lbih seneng nyetir dijalan tol mba apalg klo lancar gak belok2��.

    Bener hrs bnget punya asuransi buat jaga2 y mba

    BalasHapus
  16. Nah, ini sepakat banget. Berkendara dalam KEADAAN fit. Soalnya kalo sakit bisa bahaya di jalan. Makanya perlu selalu juga siapkan minuman yang cukup dan istirahat di jalan jika perjalanan jauh

    BalasHapus
  17. Yes, harus fit dua-duanya yaaa.. ya mobil ya pengendaranya. Bawa nyawa dalam mobil memang harus hati-hati. Konsentrasi saat nyetir juga penting nih.

    BalasHapus
  18. memastikan kendaraan layak jalan itu penting banget soalnya kadang ada hal2 yang luput disiapkan. Yuk, waspada sebelum perjalanan jauh.

    BalasHapus
  19. Kadang dari kitanya udah hati-hati, orang lain malah yang bikin masalah di jalan heu, ya namanya juga hidup ya mbak. Tapi emang banyak persiapan yang wajib diperhatikan sebelum berkendara tuh.

    BalasHapus
  20. Tips berkendara ini penting sekali.
    Karena gak jarang kalau dilewatkan salah satunya, bisa ada hal-hal yang tak terduga.
    Doanya yang baik-baik, semoga selamat sampai tempat tujuan.

    BalasHapus
  21. duh jadi kepengen jalan-jalan soale sambil bawa anak-anak kemana gituu
    sama kudu harus fit soalnya kalau ga fot apalagi ngantuk berabe pasti nyetir mobilnya yaa mak
    sehat-sehat ivon ihwan dan anak-anak

    BalasHapus
  22. Bener banget ini semuanya. Aplg kalo berkendara jauh. Kudu banget perhatiin kondisi badan. Spy gak drop ditengah jalan

    BalasHapus
  23. Bener banget ini, meskipun kadang di jalan itu ada hal-hal di luar prediksi. Kitanya sudah hati-hati yang lain kurang hati-hati. Tapi memang itu di luar kendali kita sih, makanya penting ikut asuransi..

    BalasHapus