Selasa, 10 Agustus 2021

Lembaga Apa Saja Yang Menerbitkan Sertifikat TOEFL Yang Diakui Dikti ?

 

                                        Sumber gambar : http://www.scholarsofficial.com

Assalamu’alaikum...

Apakabar sahabat Aura Biru? Semoga selalu sehat dimanapun kalian berada ya. Pandemi saat ini memang belum berahir dan entah sampai kapan, tetapi semangat untuk terus mendampingi anak-anak belajar dari rumah tetap tersemat. Ngomongin soal belajar, ada gak sih yang kepikiran untuk sekolah ke luar negeri? Kalau saya pribadi agak pesimis tapi saya berusaha menyemangati siapa tahu suami suatu saat tergerak hatinya.

Seiring makin maraknya program beasiswa hingga magang ke luar negeri. Tentunya menjadikan kemampuan berbahasa Inggris menjadi hal yang diwajibkan. Untuk melengkapi persyaratan tersebut, dikenal dengan adanya tes TOEFL. Meskipun kini telah banyak lembaga yang menyelenggarakan tes TOEFL ini. Namun Anda harus jeli untuk memilih beberapa lembaga yang menerbitkan sertifikat TOEFL yang diakui Dikti. Mengapa demikian ? Selengkapnya bisa Anda simak dalam penjelasan di bawah ini.

Beberapa Alasan Mengapa Harus Memiliki Sertifikat TOEFL Yang Diakui Dikti ?

Dikti merupakan singkatan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Yaitu sebuah lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk menaungi semua perguruan tinggi di Indonesia. Namun kini, fungsinya menjadi lebih luas, dengan memberikan perlindungan bagi para mahasiswa dan pelajar Indonesia yang ingin dan berniat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat tinggi.

Meskipun demikian, untuk menjamin kemudahan dalam memilih perguruan tinggi yang diinginkan. Terutama bagi perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Terdapat beberapa sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya dengan sertifikat TOEFL yang diakui Dikti.

Mengapa demikian ? karena lembaga yang telah tersertifikasi dan telah memenuhi standar dikti akan menjamin bahwa hasil tes yang diberikan, sesuai dengan kemampuan individu. Bukan itu saja, dengan nilai tes yang diperoleh tersebut. Tentunya menjadi bukti, bahwa orang tersebut telah memiliki bekal untuk belajar di luar negeri maupun di perguruan dalam negeri lainnya, berdasarkan kemampuan bahasa inggris yang dimiliki.

Selain itu, dengan memperoleh sertifikat TOEFL yang diakui Dikti, tentunya memungkinkan Dikti untuk memberikan sejumlah jaminan dan perlindungan terhadap mahasiswa dan pelajar. Selama  belajar di perguruan tinggi yang diinginkan.

Bahkan dengan sertifikat TOEFL tersebut, bisa menjadi salah satu jalan untuk memilih perguruan tinggi yang telah direkomendasikan Dikti. Dan sebagian diantaranya adalah perguruan-perguruan tinggi yang terkenal dan ternama.


Baca Juga : Lembaga Terpercaya Pembuat Sertifikat TOEFL

Sertifikat TOEFL Yang Diakui Dikti Dan Lembaga Yang Menyelenggarakannya


TOEFL sendiri terbagi ke dalam 2 jenis. Yaitu tes TOEFL dengan paper based test ( PBT ) yang memiliki skor tes standar antara 310 hingga 677. Sementara tes TOEFL lainnya yaitu berupa internet based test ( IBT ), dengan skor standar dimulai dari nilai 0 hingga 120.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki sertifikat TOEFL yang diakui Dikti. Mungkin Anda bisa mengikuti beberapa tes TOEFL yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga berikut ini. Diantaranya :

1.Lembaga Bahasa Universitas Indonesia           

Lembaga pertama yang selalu mengadakan tes TOEFL dengan sertifikat yang diakui Dikti yaitu lembaga bahasa Universitas Indonesia. Merupakan salah satu lembaga bahasa yang menjadi bagian dari universitas terbesar di Indonesia.

Sertifikat TOEFL dari lembaga bahasa UI ini bisa digunakan sebagai persyaratan untuk memilih perguruan tinggi yang diinginkan. Terutama perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. Sementara untuk perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Anda bisa melihat beberapa rekomendasinya pada bagian informasi. Tepat disaat penyelenggaraan tes TOEFL berlangsung.

2. Sun Education Group

Sun Education Group adalah salah satu lembaga yang rutin mengadakan tes TOEFL dalam setiap tahunnya. Meskipun memang,lembaga ini lebih dikenal sebagai penyelenggara berbagai beasiswa ke luar negeri.

Mungkin dengan penyelenggaraan tes TOEFL ini lebih dimaksudkan untuk memudahkan para pendaftar beasiswa untuk ikut juga dalam mengikuti tes TOEFL. Sertifikat tes TOEFL dari Sun Education Group ini merupakan salah satu sertifikat TOEFL yang telah terdaftar dan juga diakui oleh Dikti.

3. Vista Education

Lembaga lainnya yang sering mengadakan tes TOEFL yaitu Vista Education. Merupakan lembaga pembelajaran bahasa Inggris yang menyediakan beragam program pembelajaran bahasa Inggris. Dari mulai program Online English Learning, Conversation Class, General English, dan yang lainnya.

Untuk memudahkan pembelajaran, di akhir sesi, para peserta akan diminta untuk mengikuti tes TOEFL. Tentunya dengan sertifikat TOEFL yang diakui Dikti. Sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan di berbagai perguruan tinggi yang diinginkan.




Demikian beberapa lembaga yang menyelenggarakan tes TOEFL dengan sertifikat TOEFL yang diakui Dikti. Jika Anda ingin memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan Anda. Terutama jika perguruan tinggi tersebut berada di luar negeri. Maka salah satu persyaratan yang harus Anda penuhi, tentunya memiliki sertifikat TOEFL yang diterbitkan dari lembaga-lembaga yang diakui Dikti. Seperti lembaga-lembaga yang telah disebutkan di atas.

 

4 komentar:

  1. Sejak SMA harus tahu informasi ini, nih, apalagi sertiikat TOEFL sangat dibutuhkan untuk kerja dan lain sebagainya. Baru tahu kalau ada yang diakui dikti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget tahu info ini kalau mau lanjut sekolah di luar negeri maupun ntar daftar cpns

      Hapus