Ini Sederet Penghargaan yang Pernah Diraih Garuda Indonesia

07.18 aurabiru 6 Comments

 


Garuda Indonesia merupakan maskapai resmi yang berstatus “flag carrier” atau pembawa bendera negara RI. Maskapai ini bernaung di bawah nama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang merupakan salah satu perusahaan milik negara (BUMN). Saat ini, ada sekitar 220 armada pesawat Garuda Indonesia yang menjangkau 48 rute domestik dan 22 rute internasional.

Selama berkiprah, Garuda Indonesia telah meraih sederet penghargaan bergengsi. Hal ini menunjukkan komitmen dan dedikasi perusahaan dalam melayani pengguna transportasi udara. Apa saja di antaranya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

 

      2nd Indonesia Corporate Branding PR Award in 2021: Transportation dari The Iconomics

Pada 22 April 2021, Garuda Indonesia menerima penghargaan dari The Iconomics sebagai institusi terbaik di bidang transportasi yang berhasil membangun citra organisasi melalui strategi corporate branding. Penghargaan ini diserahkan dalam hybrid event bertajuk Iconomics Corporate Branding PR Award yang dilanjutkan dengan acara Seminar “Harnessing Corporate Brand to Accelerate Business Recovery''.

Adanya strategi corporate branding yang baik bertujuan untuk meningkatkan kesan positif di mata konsumen. Dalam mewujudkan hal ini, divisi yang berada di garda terdepan adalah Public Relations (PR). Melalui performa PR yang optimal, Garuda Indonesia berhasil membangun reputasi perusahaan melalui publisitas.

 

      3 Star for Organization/Corporate Who Has Implemented Safety Culture Programs within Their Organization dan CEO Concern About Safety dari World Safety Organization (WSO)

Garuda Indonesia juga menerima dua penghargaan sekaligus dari World Safety Organization (WSO) pada 3 Februari 2021 lalu. Penghargaan ini diberikan dalam pagelaran event WSO Indonesia Safety Culture Awards (WISCA). Event tersebut merupakan salah satu dukungan WSO Indonesia bagi terciptanya budaya keselamatan di berbagai sektor, termasuk transportasi.

Nah, berdasarkan implementasi safety culture dalam perusahaan, Garuda Indonesia dinilai layak memperoleh apresiasi berupa tiga bintang. Selain itu, CEO Garuda Indonesia sebagai tokoh utama yang berperan dalam mewujudkan keselamatan kerja di lingkungan kerja juga memperoleh penilaian positif.

 

      One of the Global Airline with the Best Health and Safety Protocol Standards in the World dari Safe Travel Barometer

Setiap orang pasti ingin aman dan selamat ketika sedang melakukan traveling ke berbagai tempat. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah standar keamanan dan keselamatan transportasi. Di sini, Safe Travel Barometer berperan penting karena membantu memberikan pertimbangan kepada traveler saat memilih sarana transportasi.

Berdasarkan standard protokol keselamatan dan kesehatan yang diterapkan dalam setiap sesi penerbangan, Safe Travel Barometer menobatkan Garuda Indonesia sebagai salah satu maskapai internasional terbaik. Maskapai ini meraih skor 4 dari 5 dalam penilaian yang dilakukan pada 21 November 2020. Dengan hasil tersebut, tak heran jika banyak penumpang memilih Garuda Indonesia sebagai maskapai andalan.

 

      The Best CEO in Branding & Marketing Transformation dan The Best Branding dari BUMN Track

Pada event BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) yang diselenggarakan BUMN Track pada 5 November 2020, Garuda Indonesia meraih sederet penghargaan, antara lain The Best CEO in Branding & Marketing Transformation, The Best Branding, Global Branding and Marketing Communication, Brand Identity, dan Digital Marketing.

Oleh BUMN Track, Garuda Indonesia dinilai sebagai maskapai terbaik yang aktif dan agresif melakukan inovasi branding bahkan di tengah pandemi. Salah satunya dengan menggandeng Rans Entertainment. Selain itu, CEO Garuda Indonesia juga terlibat dengan mengawal proses marketing dan branding dalam korporasi sehingga hasilnya lebih optimal.

 

      Indonesia WOW Brand 2019 dari Markplus Inc.

Garuda Indonesia pun berhasil meraih Gold Champion dari Markplus, Inc. di kategori Airlines pada 14 Maret 2019 lalu. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang memiliki awareness tinggi. Penilaian dilakukan berdasarkan riset lembaga survei MarkPlus Insight terhadap konsumen.

Setahun kemudian, Garuda Indonesia juga kembali dianugerahi award dari Markplus Inc & CIEL (Creativity Innovation Entrepreneurship Leadership). Medali tersebut diserahkan dalam acara Industry Marketing Champion & Marketer of The Year, tepatnya pada 9 Desember 2020.

 

      Travelers Choice Major Airline Asia dan The Best Airline in Indonesia dari TripAdvisor

Pada 29 Juli 2020, Garuda Indonesia kembali menegaskan eksistensinya, khususnya di kalangan para pengguna TripAdvisor. Berkat komitmen dan dedikasi yang kuat, maskapai ini berhasil meraih perhatian para traveler global sehingga dinobatkan sebagai The Best Airline di Indonesia.

Bukan hanya sekali, Garuda Indonesia telah memperoleh anugerah serupa dari situs travel terbesar di dunia itu selama 4 kali berturut-turut sejak 2017. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras dari semua bagian untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen.

 

      31st ASEANTA Awards dari ASEAN Tourism Association

Garuda Indonesia mengharumkan nama Indonesia dengan menyabet ASEANTA Awards dari ASEAN Tourism Association di kategori Best ASEAN Airline Program “Ayo Liburan”. Dalam acara yang berlangsung di Chiang Mai, Thailand, pada 26 Januari 2018, Indonesia juga berhasil meraih 15 gelar lain, di antaranya Foto Terbaik dan Atraksi Wisata Terbaru Terbaik.

ASEAN Tourism Association disebut sebagai salah satu acara penghargaan paling bergengsi di di bidang pariwisata Asia Tenggara sejak 1971. Ajang apresiasi ini diharapkan makin memicu semangat mereka yang terlibat dalam industri pariwisata untuk memberikan yang terbaik.

 


Nah, inilah sejumlah penghargaan yang telah diraih oleh Garuda Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak 31 Maret 1950 itu berhasil menunjukkan eksistensinya di dunia penerbangan domestik maupun internasional melalui berbagai prestasi. Hingga kini, Garuda Indonesia terus melakukan perbaikan demi meningkatkan performa dan kinerjanya.

Jadi tak ada keraguan lagi untuk bepergian menggunakan Garuda Indonesia, bukan? Kamu bisa mendapatkan tiket Garuda Indonesia lewat Traveloka.

6 comments:

Turn Over Karyawan Anda Tinggi? Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

05.04 aurabiru 7 Comments

 

ruangkerja

Assalamu’alaikum sahabat AuraBiru, apakabarnya nih? Semoga di bulan September yang mendekati akhir tahun semuanya selalu sehat ya dan pandemi lekas berakhir.

Bicara soal sumber daya manusia, sebenarnya apa sih sumber daya manusia itu? Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Mereka berperan melakukan perencanaan, kebijakan, serta aktivitas lain yang kinerjanya menentukan perkembangan perusahaan. Di sisi lain, kemajuan teknologi membawa arus perubahan yang kuat, menyebabkan lingkungan bisnis berubah semakin dinamis. Perubahan zaman ini, tentunya menuntut beragam industri untuk terus berinovasi agar dapat bersaing lebih kompetitif. Akibatnya, perusahaan pun membutuhkan SDM yang berkualitas dan kompeten.

 

Tapi tidak sedikit perusahaan yang justru banyak ditinggal karyawannya. Bermacam alasan, mulai dari tidak kuat dengan sistem kerjanya, tidak bisa beradaptasi, bahkan banyak pula yang bosan dan merasa tidak berkembang.  

 

Menyikapi permasalahan tersebut, sebenarnya perusahaan bisa memberikan program pelatihan kerja bagi SDM. Pelatihan kerja merupakan salah satu media yang efektif untuk memperbaiki performa dan meningkatkan kompetensi karyawan. Sehingga, setiap karyawan merasa dirinya diperhatikan, merasa diajak untuk berkembang bersama, dan merasa difasilitasi untuk memiliki kompetensi yang lebih lagi.

 

Namun, hal ini menjadi kendala bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan, bahkan hingga tersebar di seluruh Indonesia. Beragam kegiatan pelatihan kerja dinilai kurang efisien dan menyebabkan lemahnya efektivitas kinerja perusahaan. Apalagi, di masa pandemi saat ini, pelatihan kerja dapat meningkatkan resiko penyebaran virus.

 

Aplikasi ruangkerja sebuah unit bisnis Ruangguru yang berfokus pada pelatihan SDM secara online, hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Banyak perusahaan yang telah bermitra dengan ruangkerja dalam memberikan pelatihan online bagi karyawan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia. Aplikasi ruangkerja dianggap sebuah solusi karena menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan secara efisien dan profesional.

 

Berikut ini beberapa fitur unggulan aplikasi ruangkerja serta manfaatnya bagi karyawan dan perusahaan Anda:

 

1. Pelatihan Berbasis Digital

 

Kapasitas waktu dan tenaga perusahaan yang terbatas dalam memberikan pelatihan kerja dapat diatasi menggunakan aplikasi ruangkerja, sebuah platform pelatihan berbasis digital. Melalui ruangkerja, program pelatihan kerja akan mudah diakses karyawan. Mereka dapat mengikuti pelatihan kapan pun dan di mana pun, langsung dari perangkat mobile, komputer, atau laptop. Dengan demikian, pelatihan akan jauh lebih efektif dan efisien.

 

2. Memungkinkan Personalisasi Materi Pelatihan dengan Mudah

 

Aplikasi ruangkerja memiliki fitur sistem manajemen konten untuk setiap mitra perusahaan. Sistem ini memberi keleluasan bagi perusahaan untuk mengelola materi pelatihannya dalam bentuk apapun, seperti video belajar, bank soal, dan lain sebagainya. Anda dapat menyusun kelas-kelas pelatihan bagi karyawan secara runtut dan sistematis, sesuai kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Selain itu, Anda juga dapat membuat kelas pelatihan sendiri secepat apa pun yang Anda mau melalui Content Management System (CMS) ruangkerja yang sangat mudah.  

 

3. Sistem Belajar yang Terstruktur dan Up-to-Date

 


Melalui fitur learning journey, materi belajar disusun secara terstruktur dan sistematis. Fitur ini sangat berguna bagi karyawan atau profesional yang sibuk dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran berbasis mobile. Tampilan ruangkerja yang menarik dan user friendly membuat peserta pelatihan nyaman saat menggunakan aplikasi ini. Semua informasi penugasan pelatihan dan pengingat untuk menyelesaikan kelas akan terkirim secara otomatis melalui email maupun push notification. Hal ini membantu peserta agar selalu up-to-date dengan informasi yang diberikan perusahaan.

 


 

4. Kolaborasi dengan Kelompok Secara Online

 

Di aplikasi ruangkerja, peserta pelatihan dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya terkait materi pelatihan melalui fitur forum diskusi. Mereka pun dapat bertanya kepada para ahli mengenai materi yang mereka pelajari. Fitur ini memberikan kemudahan bagi peserta untuk memaksimalkan pemahaman materi, meskipun pelatihan kerja dilakukan secara online.

 

5. Memudahkan Pemantauan Proses dan Hasil Pelatihan

 

Perusahaan dapat memantau progres dan hasil pelatihan para peserta dengan mudah melalui fitur monitoring dashboard. Dashboard di aplikasi ruangkerja akan menampilkan data terbaru terkait jalannya pelatihan yang dilakukan peserta beserta hasil penilaian yang mereka peroleh. Tentunya, fitur ini membantu Anda dan Management Team dalam mengambil keputusan. 

 

6. Menyesuaikan Pelatihan dengan Role-based Access Control 

 

Fitur role-based control berfungsi untuk mengatur hak akses masing-masing karyawan sesuai jabatan (role) pada Content Management System (CMS) ruangkerja. Dengan role-based control, tidak semua data bisa diakses oleh peserta. Artinya, peserta hanya dapat mengakses data-data atau materi yang sesuai dengan jabatannya. Hal ini bertujuan untuk keamanan data serta mencegah penyalahgunaan data yang tersimpan.    

 

7. User Grouping dan Enrollment Peserta Pelatihan  

 

Agar pelatihan peserta dapat berjalan secara efisien dan profesional, ruangkerja menyediakan fitur grouping. Fitur ini akan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok (group) berdasarkan posisinya di perusahaan. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan enrollment peserta secara massal.    

 

8. Meningkatkan Performa Karyawan

   


Aplikasi ruangkerja dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam menyelesaikan materi yang diberikan. Reward points merupakan salah satu fitur yang mampu memicu antusiasme peserta pelatihan. Melalui fitur ini, peserta dapat memperoleh poin setelah menyelesaikan modul pelatihan yang ditugaskan. Selain itu, ada juga fitur leaderboard yang dapat mendorong peserta untuk menyelesaikan materi sebaik mungkin dan menjadi yang terbaik di kelas. Bagi peserta yang sudah menyelesaikan seluruh rangkaian materi pelatihan, mereka akan mendapatkan sertifikat digital yang dapat diunduh dan dicetak. 

 


 

9. Menghemat Investasi dan Waktu Implementasi

 

Dengan bermitra bersama ruangkerja, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan pelatihan pekerja. Subscription model melalui cloud ruangkerja akan menghemat biaya investasi perusahaan, dibandingkan harus membuat sistem pelatihan sendiri. Data karyawan dan materi perusahaan disimpan dalam cloud storage ruangkerja. Hal ini tentunya akan mempercepat waktu implementasi. Anda juga tidak perlu khawatir mengalami kebocoran data karena ruangkerja dilengkapi dengan SSL Security yang mampu menjaga seluruh konten dan data Anda.     

 

Banyak sekali fitur-fitur ruangkerja yang dapat mendukung program pelatihan kerja agar lebih efisien dan profesional bagi perusahaan Anda. Aplikasi ruangkerja juga telah mendapat banyak review dan respon positif dari para penggunanya. Aplikasi ini mendapat rating app sebesar 4.8/5.0 dan engagement rate penggunaan social learning 94.8%. Hal ini menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap metode dan pelaksanaan kegiatan.

Semoga ulasannya bermanfaat ya bagi siapapun yang memiliki perusahaan dan ingin meningkatkan SDM karyawannya bisa menggunakan aplikasi ini.  

  

 

7 comments: