Ini Sederet Penghargaan yang Pernah Diraih Garuda Indonesia

07.18 aurabiru 6 Comments

 


Garuda Indonesia merupakan maskapai resmi yang berstatus “flag carrier” atau pembawa bendera negara RI. Maskapai ini bernaung di bawah nama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang merupakan salah satu perusahaan milik negara (BUMN). Saat ini, ada sekitar 220 armada pesawat Garuda Indonesia yang menjangkau 48 rute domestik dan 22 rute internasional.

Selama berkiprah, Garuda Indonesia telah meraih sederet penghargaan bergengsi. Hal ini menunjukkan komitmen dan dedikasi perusahaan dalam melayani pengguna transportasi udara. Apa saja di antaranya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

 

      2nd Indonesia Corporate Branding PR Award in 2021: Transportation dari The Iconomics

Pada 22 April 2021, Garuda Indonesia menerima penghargaan dari The Iconomics sebagai institusi terbaik di bidang transportasi yang berhasil membangun citra organisasi melalui strategi corporate branding. Penghargaan ini diserahkan dalam hybrid event bertajuk Iconomics Corporate Branding PR Award yang dilanjutkan dengan acara Seminar “Harnessing Corporate Brand to Accelerate Business Recovery''.

Adanya strategi corporate branding yang baik bertujuan untuk meningkatkan kesan positif di mata konsumen. Dalam mewujudkan hal ini, divisi yang berada di garda terdepan adalah Public Relations (PR). Melalui performa PR yang optimal, Garuda Indonesia berhasil membangun reputasi perusahaan melalui publisitas.

 

      3 Star for Organization/Corporate Who Has Implemented Safety Culture Programs within Their Organization dan CEO Concern About Safety dari World Safety Organization (WSO)

Garuda Indonesia juga menerima dua penghargaan sekaligus dari World Safety Organization (WSO) pada 3 Februari 2021 lalu. Penghargaan ini diberikan dalam pagelaran event WSO Indonesia Safety Culture Awards (WISCA). Event tersebut merupakan salah satu dukungan WSO Indonesia bagi terciptanya budaya keselamatan di berbagai sektor, termasuk transportasi.

Nah, berdasarkan implementasi safety culture dalam perusahaan, Garuda Indonesia dinilai layak memperoleh apresiasi berupa tiga bintang. Selain itu, CEO Garuda Indonesia sebagai tokoh utama yang berperan dalam mewujudkan keselamatan kerja di lingkungan kerja juga memperoleh penilaian positif.

 

      One of the Global Airline with the Best Health and Safety Protocol Standards in the World dari Safe Travel Barometer

Setiap orang pasti ingin aman dan selamat ketika sedang melakukan traveling ke berbagai tempat. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah standar keamanan dan keselamatan transportasi. Di sini, Safe Travel Barometer berperan penting karena membantu memberikan pertimbangan kepada traveler saat memilih sarana transportasi.

Berdasarkan standard protokol keselamatan dan kesehatan yang diterapkan dalam setiap sesi penerbangan, Safe Travel Barometer menobatkan Garuda Indonesia sebagai salah satu maskapai internasional terbaik. Maskapai ini meraih skor 4 dari 5 dalam penilaian yang dilakukan pada 21 November 2020. Dengan hasil tersebut, tak heran jika banyak penumpang memilih Garuda Indonesia sebagai maskapai andalan.

 

      The Best CEO in Branding & Marketing Transformation dan The Best Branding dari BUMN Track

Pada event BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) yang diselenggarakan BUMN Track pada 5 November 2020, Garuda Indonesia meraih sederet penghargaan, antara lain The Best CEO in Branding & Marketing Transformation, The Best Branding, Global Branding and Marketing Communication, Brand Identity, dan Digital Marketing.

Oleh BUMN Track, Garuda Indonesia dinilai sebagai maskapai terbaik yang aktif dan agresif melakukan inovasi branding bahkan di tengah pandemi. Salah satunya dengan menggandeng Rans Entertainment. Selain itu, CEO Garuda Indonesia juga terlibat dengan mengawal proses marketing dan branding dalam korporasi sehingga hasilnya lebih optimal.

 

      Indonesia WOW Brand 2019 dari Markplus Inc.

Garuda Indonesia pun berhasil meraih Gold Champion dari Markplus, Inc. di kategori Airlines pada 14 Maret 2019 lalu. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang memiliki awareness tinggi. Penilaian dilakukan berdasarkan riset lembaga survei MarkPlus Insight terhadap konsumen.

Setahun kemudian, Garuda Indonesia juga kembali dianugerahi award dari Markplus Inc & CIEL (Creativity Innovation Entrepreneurship Leadership). Medali tersebut diserahkan dalam acara Industry Marketing Champion & Marketer of The Year, tepatnya pada 9 Desember 2020.

 

      Travelers Choice Major Airline Asia dan The Best Airline in Indonesia dari TripAdvisor

Pada 29 Juli 2020, Garuda Indonesia kembali menegaskan eksistensinya, khususnya di kalangan para pengguna TripAdvisor. Berkat komitmen dan dedikasi yang kuat, maskapai ini berhasil meraih perhatian para traveler global sehingga dinobatkan sebagai The Best Airline di Indonesia.

Bukan hanya sekali, Garuda Indonesia telah memperoleh anugerah serupa dari situs travel terbesar di dunia itu selama 4 kali berturut-turut sejak 2017. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras dari semua bagian untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen.

 

      31st ASEANTA Awards dari ASEAN Tourism Association

Garuda Indonesia mengharumkan nama Indonesia dengan menyabet ASEANTA Awards dari ASEAN Tourism Association di kategori Best ASEAN Airline Program “Ayo Liburan”. Dalam acara yang berlangsung di Chiang Mai, Thailand, pada 26 Januari 2018, Indonesia juga berhasil meraih 15 gelar lain, di antaranya Foto Terbaik dan Atraksi Wisata Terbaru Terbaik.

ASEAN Tourism Association disebut sebagai salah satu acara penghargaan paling bergengsi di di bidang pariwisata Asia Tenggara sejak 1971. Ajang apresiasi ini diharapkan makin memicu semangat mereka yang terlibat dalam industri pariwisata untuk memberikan yang terbaik.

 


Nah, inilah sejumlah penghargaan yang telah diraih oleh Garuda Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak 31 Maret 1950 itu berhasil menunjukkan eksistensinya di dunia penerbangan domestik maupun internasional melalui berbagai prestasi. Hingga kini, Garuda Indonesia terus melakukan perbaikan demi meningkatkan performa dan kinerjanya.

Jadi tak ada keraguan lagi untuk bepergian menggunakan Garuda Indonesia, bukan? Kamu bisa mendapatkan tiket Garuda Indonesia lewat Traveloka.

6 komentar:

  1. Wah baru tahu sih tentang apa yang sudah diraih pesawat Garuda, tentunya ini kebanggan buat kita. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Wow the best CEO in Branding & markerting hem keren, aku baru tahu tentang penghargaan-penghargaan ini. Terima kasih, Mbak.

    BalasHapus
  3. Aku yang belum pernah naik pesawat pastinya gak begitu tahu tentang ini padahal harusnya bangga karena pesawat ciptaan negeri kita bisa meraih banyak penghargaan.

    BalasHapus
  4. Turut bangga atas penghargaannya, sukses terus garuda Indonesia ... semoga aku juga sukses nantinya biar bisa naik pesawat, amin.

    BalasHapus
  5. Gak nyangka Garuda Indonesia dapat penghargaan sebanyak ini, salut dan harus bangga sukses terus Garuda Indonesia

    BalasHapus
  6. Belum pernah naik pesawat Garuda, jadi pengen....

    BalasHapus