Cara Memandikan Kucing Persia yang Benar

02.09 aurabiru 5 Comments

 

cara memandikan kucing persia yang benar
sumber : Pinterest

Kucing Persia adalah salah satu binatang yang sering dijadikan sebagai binatang peliharaan. Alasan mengapa jenis kucing ras ini digemari adalah sifatnya yang penurut dan sangat menggemaskan. Sementara itu, karakteristik yang bisa kamu kenali dari kucing ini adalah ukuran tubuhnya yang tambun dan berbulu lebat. Nah, untuk merawat keindahan bulunya bisa dilakukan dengan cara memandikan kucing Persia dengan benar.

 

Selain untuk menjaga bulunya tetap lembut, tujuan memandikan kucing adalah menghindarkannya dari jamur maupun bakteri yang bisa menimbulkan penyakit. Tentunya, kamu tidak akan membiarkan kucing kesayangan yang biasa menemani kamu belajar atau nonton TV ini terinfeksi penyakit, bukan?

 Baca Juga : Pengalaman Pertama Memelihara Kucing Persia


Boleh dikatakan jika memandikan kucing Persia tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Nah, berikut adalah cara memandikan kucing Persia yang baik dan benar:

 

1.  Biasakan memandikannya sejak kecil

Kerepotan saat memandikan kucing Persia kamu? Jika iya, maka sebetulnya bukan suatu yang mengejutkan. Hal ini karena para pemelihara kucing baik kucing Persia maupun kucing jenis lainnya mengeluhkan hal yang sama. Namun, berbeda kondisinya jika kamu sudah membiasakannya mengenal air sejak kecil.

 

Meski begitu, kamu pun harus tetap mematuhi tips cara memandikan kucing Persia dengan benar. Ini karena tidak disarankan memandikannya terlalu sering. Kamu bisa melakukannya 3-4 minggu sekali, sebab jika terlalu sering akan membuat bulunya rontok dan mudah iritasi.

 

2.  Potong kuku dan rapikan bulunya lebih dahulu

Memotong kuku kucing sebelum memandikannya adalah langkah yang tepat sebagai perlindungan dari risiko ia akan melukai tangan Kamu. Hal ini karena secara alamiah, kucing memang jenis binatang yang tidak suka dengan air. Sehingga dikhawatirkan, efek kejut dari kucing Persia kamu yang terkena air menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Selain kuku, bulunya yang lebat juga harus mendapat perhatian lebih. Mengusirnya sebelum memandikannya juga akan mencegah bulunya lengket atau menggumpal. Sisir yang digunakan pun sebaiknya merupakan sisir khusus. Yang paling sering digunakan adalah sisir kawat dengan ruas cukup panjang yang bisa menjangkau hingga bagian kulitnya.

 

3.  Gunakan shampo khusus kucing

Poin penting dari cara memandikan kucing Persia berikutnya adalah gunakan shampo khusus kucing. Ini karena tentunya, kucing memiliki rambut dan kulit tubuh yang berbeda dengan manusia. Oleh karena itulah, tidak disarankan memberikan sampo yang sama dengan kamu untuk kucing Persia, ya!

 

Tidak hanya itu, mengingat kucing Persia memiliki rambut yang lebat, kamu perlu memperhatikan bagian-bagian penting yang tidak boleh kamu lewatkan saat membersihkannya. Mulai dari telinga, kulit bagian tekuk, bagian ekor, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pastikan juga busa tidak mengenai mata dan masuk ke hidungnya ya, hehe.

 

4.  Bilas lalu keringkan  tubuh dengan handuk

Yang terakhir adalah bilas kucing dengan menyeluruh tanpa ada busa lagi yang tertinggal pada bulu atau di sela-sela tubuhnya. Setelah itu, keringkan tubuh kucing dengan handuk yang lembut. Jenis handuk ini dipilih untuk menghindari kucing Persia kamu mengalami iritasi kulit karena bulunya yang masih basah.

 


Nah, itulah beberapa cara memandikan kucing Persia yang perlu kamu perhatikan. Selain memandikannya, perawatan yang dibutuhkan adalah pemeliharaan kandang dan pemilihan makanan yang tepat. Dengan begitu, kucing kesayangan kamu akan senantiasa bersih dan sehat.

5 comments: