Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Kecantikan

19.43 aurabiru 0 Comments

 

maklon kosmetik
Sumber : Freepik.com

Bagi kamu yang suka dunia kecantikan, tidak ada salahnya jika mulai sekarang berpikir untuk memulai bisnis kecantikan. Dengan memiliki pengalaman sebagai konsumen, mencoba berbagai macam produk kecantikan maka itu bisa menjadi salah satu modal bagi kita untuk memulai bisnis kecantikan. Dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen kita bisa menentukan produk apa yang tepat sasaran dan banyak diminati konsumen.

Tapi itu saja tidak cukup, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kecantikan. Dengan mengetahui hal tersebut kita setidaknya bisa meminimalisir risiko kegagalan sebagai pebisnis kecantikan pemula. Yuk simak sharing saya berikut ini.

  1.  Mengetahui Permasalahan Kulit

Sebelum memulai bisnis kecantikan maka kita harus mengetahui permasalahan kulit apa saja yang sering dialami oleh konsumen saat ini. Seperti yang saya sampaikan di awal kita bisa menggunakan pengalaman kita pribadi sebagai konsumen. Namun akan lebih efektif jika kita mencari tahu dari pengalaman konsumen lainnya, misalnya kerabat/keluarga, sahabat, tetangga atau rekan kerja. Kalau di Indonesia, permasalahan kulit yang sering dikeluhkan adalah jerawat dan warna kulit yang gelap. Ya memang tidak dipungkiri jika standart kecantikan di Indonesia itu masih seputar kulit yang putih dan mulus bebas jerawat.

  1. Media Sosial

Di era serba digital ini pengaruh media sosial sangat besar di tengah masyarakat, termasuk di bisnis kecantikan. Saat mengalami problema kecantikan mayoritas wanita akan mencari solusi dan referensi dari media sosial seperti influencer atau reviewer. Selain lebih praktis, membeli produk secara online juga biasanya lebih murah. Oleh karena itu kita harus membangun branding yang kuat untuk produk kita sebelum memulai bisnis kecantikan.

  1. Usia Konsumen

Point selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kecantikan adalah usia target konsumen. Setiap rentang usia memiliki problema kecantikan yang berbeda. Konsumen usia remaja biasanya dipusingkan dengan masalah jerawat dan kulit yang gelap, usia dewasa muda mulai aware dengan perawatan kulit yang sehat sedangkan yang berusia dewasa ke atas membutuhkan produk anti aging. Nah media pemasarannya pun berbeda, para remaja dan dewasa muda senang bermain Instagram dan Tiktok sedangkan usia dewasa ke atas masih betah di Facebook.

  1. Produk Favorit

Kita semua pasti punya produk favorit yang selalu masuk di list teratas belanja kita. Berdasarkan data yang terkumpul dari berbagai situs belanja ada beberapa produk kecantikan yang paling diminati konsumen. Produk-produk itu adalah toner, essence, serum, dan clay mask. Nah kita bisa mempertimbangkan hal ini saat akan memulai bisnis kecantikan.

  1. Google Trend

Jika kamu ingin mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan, cobalah untuk melihat data di Google Trend. Dari sana, kita bisa mendapatkan inspirasi produk yang paling dibutuhkan berdasarkan data bukan sekedar asumsi. Mungkin kamu berpikir di era pandemi ini wanita mengurangi penggunaan lipstik karena menggunakan masker. Padahal menurut Google Trend, grafik pembelian lipstik mengalami kenaikan dibandingkan eyeliner atau maskara.

  1. Kolabs dengan Influencer

Seperti yang saya ungkapkan di point sebelumnya bahwa wanita lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh influencer atau reviewer dibandingkan teman atau keluarga untuk urusan kecantikan. Oleh karena itu bekerjasama atau kolabs dengan influencer/reviewer bisa membantu kita saat memulai bisnis kecantikan. Testimoni dari influencer bisa jadi daya tarik pelanggan.

Maklon


maklon kosmetik
Sumber : Freepik.com


Setelah semua data tentang produk kecantikan yang paling diminati konsumen kita dapatkan maka saatnya kita sekarang membuat sendiri produk kecantikan. Pasti kita berpikir berapa besar budget yang kita butuhkan, apakah kita harus memiliki pabrik sendiri?

Jangan kuatir karena kini ada Maklon Kosmetik atau PT ADEV Natural Indonesia, sebuah produsen kosmetik terpercaya di Indonesia selama lebih dari 15 tahun . Ratusan brand kosmetik telah sukses di pasaran dan puas dengan layanan jasa maklon kosmetik terbaik ADEV. Di Maklon kita bisa membuat aneka macam bahan aktif, warna, aroma, kemasan dari pabrik Maklon bersertifikasi halal LP POM MUI dan berstandar CPKB Grade A BPOM.

So, memulai bisnis kecantikan bukan hal yang mustahil kita lakukan sekarang. Tinggal kita berani atau tidak selangkah lebih maju dengan tidak lagi menjadi konsumen terus tapi menjadi produsen.

0 comments: