Manfaat Website untuk Bisnismu, Bikinnya Gampang

09.31 aurabiru 1 Comments

 

cara membuat website gratis



Hari gini tidak punya website? Di era internet ini mustahil seseorang tidak tahu apa itu website karena bisa tiap saat berinternet ria. Netizen Indonesia sangat doyan kelayapan di dunia maya. Sehingga kalau kamu punya website akan amat bagus, terutama jika punya bisnis. Karena situs tersebut akan jadi showroom dari produk-produk yang dijual dan juga portofoliomu.

Kamu juga tidak usah khawatir karena cara membuat website gratis amatlah mudah. Tidak usah menggaji programmer atau meminta tolong teman yang kuliah di jurusan komputer karena segala sesuatu bisa dipelajari secara otodidak, temasuk membuat situs gratisan. Website amat bermanfaat, asal diisi secara teratur.

Berikut ini step by step untuk membuat website yang gratis.

1. Menentukan Tema Besar Website

Apa tema websitemu? Jika ingin mengembangkan bisnis tentu isinya tentang toko online atau perusahaan milikmu sendiri. Akan tetapi ada beberapa tipe website yang bisa kamu pilih. Misalnya hanya untuk galeri online sehingga isinya kebanyakan foto dan keterangan harganya, sehingga temanya jadi semacam marketplace mini.

Ada pula tema bisnis yang soft selling alias ada banyak artikel gratis yang bisa dibaca oleh para netizen. Mereka tertarik untuk nongkrong di websitemu karena ada bejibun tulisan yang menginspirasi mereka yang akan membuka usaha sendiri. Nanti di dalam artikel bisa diselipkan link toko onlinemu di marketplace atau Instagram.

2. Membuka Wordpress atau Blogspot

Ada dua pilihan untuk membuat website gratis yakni wordpress atau blogspot. Jika yang versi gratisan maka 100% free karena tidak usah membeli domain tahunan. Akan tetapi nanti jadinya seperti ini, misalnya: tokobungamalang dot blogspot dot com atau dot wordpress dot com.

Blogspot dan wordpress punya masing-masing kelebihan. Akan tetapi kamu perlu ingat bahwa blgospot adalah perusahaan milik Google sehingga relatif lebih mudah untuk membuatnya, karena hanya perlu memakai email gmail.

3. Mendaftar

Daftarkan blogmu memakai email dan harus diingat bahwa harus pakai email yang aktif, dan jangan malah pakai email lawas yang kamu lupa passwordnya apa. Daftarnya amat gampang karena tinggal isi nama, email, dan beberapa data lain. Cara mendaftarnya juga cepat karena tinggal ketik di laptop atau HP lalu klik, klik, secepat kilat.

4. Menentukan Nama Website

Setelah itu tentukan nama websitemu dan harus unik alias tidak boleh kembaran dengan situs lain. Untuk nama bisa dengan nama tokomu karena tujuannya untuk bisnis, jadi tidak dengan nama pribadi. Jika ingin punya situs pribadi maka buat situs lain.

Perlu diingat bahwa nama website tidak boleh terlalu susah karena situs untuk bisnis harus mudah diingat. Jangan memakai nama situs yang memakai kata double konsonan sehingga menyulitkan saat akan mengetiknya. Pakai nama toko yang simple tetapi mengena.

5. Menentukan Template

Template adalah latar situs dan kamu bisa memilih warna dan desain apa yang sesuai selera. Kabar baiknya, ada banyak template gratis jadi kamu tidak usah membayar. Pilih template yang sesuai dengan image bisnis dan jangan alay.

6. Mengisi Website

Setelah websitemu jadi dengan nama yang diinginkan maka isilah dengan tulisan secara teratur, misalnya sebulan 3-4 kali. Jika diisi dengan teratur maka akan ada banyak pengunjung dan mereka bisa jadi calon pelanggan potensial.

Membuat website sendiri amat mudah apalagi bisa gratisan. Ini sangat bermanfaat khususnya bagi kamu yang ingin berhemat untuk biaya promosi. Dengan memiliki situs maka usahamu akan makin berjaya.

1 komentar:

  1. Nah bener banget website pastinya membantu dalam bisnis apalagi bisnis online yang perlu marketing secara luas dan dijangkau orang banyak, pastinya membantu.

    BalasHapus