Mewujudkan Rumah Impian

17.07 aurabiru 18 Comments

 

rumah impian

Setiap orang pasti memiliki rumah impian, termasuk saya. Saat ini saya sudah menempati rumah sendiri, rumah ini awalnya milik tetangga yang kemudian dijual. Dari segi aristektur bangunan rumah tersebut bukanlah rumah impian saya dan suami, sehingga kami pun memutuskan untuk merenovasinya agar mendekati rumah impian versi kami.

Dari segi status, rumah yang kami beli berdiri di atas tanah milik pemerintah sehingga tidak memiliki sertifikat tanah. Dengan status tersebut, suami agak mikir-mikir untuk merenovasi lagi menjadi jauh lebih bagus. Dia masih punya keinginan untuk memiliki sebuah rumah di perumahan atau real estate. Saya sih setuju-setuju saja asalkan lingkungannya aman, nyaman dan kondusif.

Ada beberapa alasan mengapa kami memilih untuk membeli rumah di perumahan, yuk langsung saja simak berikut ini:

  1. Tidak perlu repot survei

Jika beli rumah di perumahan, kita tidak perlu repot melakukan survei, mencari harga yang sesuai budget dan faktor keamanan wilayah yang akan kita tempati. Kalau kita mau membeli rumah baru, tentunya kita harus mencari informasi seputar perumahan tersebut. Informasi mengenai perumahan baru sudah pasti tersedia sehingga proses survei jadi sangat mudah.

  1. Pilihan desian dan tipe lebih banyak

Pilihan desain di perumahan baru biasanya cukup banyak. Begitu juga dengan luas dan tipenya pun lebih banyak pilihannya, kita tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Selain itu rumah di perumahan baru memberikan kemudahan bagi penghuninya dalam merawat rumah. Tak ketinggalan, sistem pengamanannya juga lebih terjamin.

  1. Legalitas dokumen lebih terjamin

Keuntungan beli rumah di perumahan baru terdapat pada aspek legalitas serta dokumen rumah yang lebih terjamin. Kita bisa meminta jaminan dari pengembang. Dana membeli rumah yang tersisa dapat kita alihkan untuk perencanaan keuangan lainnya, misalnya investasi atau usaha wiraswasta.

  1. Fasilitas lebih lengkap

Saat ini pasar perumahan baru semakin kompetitif, sehingga pengembang properti pun semakin giat bersaing untuk menyajikan komplek rumah baru dengan kualitas unggul dan fasilitas yang lengkap. Apalagi, jika kita membeli rumah baru di perumahan yang dibangun pengembang besar, fasilitasnya akan semakin beragam bahkan terdapat area komersial. Hal ini tentu akan memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

  1. Tidak perlu renovasi

Bila dibandingkan dengan membeli rumah bekas, membeli rumah baru lebih memudahkan kita dari segi biaya dan waktu karena tidak perlu renovasi. Bahkan beberapa pengembang perumahan baru memberikan jaminan perbaikan jika terjadi kerusakan pada rumah dalam periode waktu yang telah ditentukan.

  1. Nilai investasi lebih tinggi

Perumahan baru yang dilengkapi dengan fasilitas umum, fasilitas sosial dan fasilitas komersial lainnya akan mendongkrak nilai tanah dan rumah yang kita miliki. Hal ini akan sangat positif untuk investasi di masa yang akan datang.

  1. Pembayaran lebih mudah dengan KPR

Keuntungan selanjutnya jika membeli rumah di perumahan adalah kita tidak akan terlalu pusing memikirkan anggaran karena dapat memanfaatkan KPR. Apalagi sekarang makin banyak pilihan bank KPR, kita tinggal memilih saja bank KPR termurah atau yang sesuai budget. Kita bisa dengan mudah menempati rumah baru walaupun baru membayar biaya sepertiga dari total harga rumah.

Nah berbicara tentang Bank yang melayani pembiayaan utuk KPR, ada dua pilihan yaitu bank konvensional dan bank yang menggunakan sistem Syariah. Bagi umat muslim, bank dengan sistem Syariah bisa menjadi alternatif pilihan. Dalam sistem Syariah istilah KPR lebih dikenal dengan pembiayaan pembelian rumah, hal ini agar sesuai dengan prinsip dan hukum Syariah.

rumah impian


BSI (Bank Syariah Indonesia) telah platform resmi untuk apply KPR Syariah yaitu rumahimpian.id. yang bisa diakses melalui smartphone. Sehingga untuk apply KPR Syariah jadi lebih mudah dan praktis. Salah satu layanan di rumahimpian.id adalah simulasi pembiayaan sehingga kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.  Bahkan saat ini ada promo 1,11% yang berlaku hanya sampai Maret 2022. Jadi buat yang saat ini mau mewujudkan rumah impian, nggak ada salahnya mencoba untuk apply KPR di rumahimpian.id.

18 komentar:

  1. Jadi begitu, ya. Semoga bisa segera mendapat rumah impian dan berkah selalu, deh.

    BalasHapus
  2. Setiap orang memang punya rumah impian sendiri yang entah kapan bisa mewujudkannya, tapi rumah memang satu-satunya tempat yang penting dan pasti diutamakan.

    BalasHapus
  3. Impian saya juga nih memiliki rumah impian dan bisa pakai KPR sistem syariah.
    Pastinya bisa lebih nyaman ya tinggal di rumah impian.

    BalasHapus
  4. Jadi kalau milik pemerintah sewaktu-waktu bisa diambil kembali gitu kah mbak meskipun kita sudah membelinya? jadi kalau di renov terlalu banyak agak was-was juga ya mbak. Kalau sayarumah impiannya pengen di desa yang sejuk tapi internetnya bagus hahaa.. remeh banget.

    BalasHapus
  5. KPR ini bisa jadi pilihan pendanaan bagi yang ingin memiliki rumah impian sementara dana di tangan belum mencukupi ya. Tentunya mesti dipilih dengan cermat bank pemberi KPR nya

    BalasHapus
  6. Terlepas dari riba ya maak, Alhamdulillah saya dan suami terbantu dengan adanya KPR rumah. 2x KPR sudah lunass semuaa gak berasa pula karena kalau beli cash rasanya belum mampu apalgi puluhan tahun lalu gaji masih kecil. Misalkan rumah sekarang kami jual hara sudah naik 5x lipat dari harga beli pluss cicilan kpr lho jadi Alhamdulillah banget.

    BalasHapus
  7. Semua pasti punya keinginan untuk dapat memiliki rumah impian. Apalagi zaman sekarang segalanya terasa dimudahkan dengan adanya KPR di bank. Siapapun yang memenuhi persyaratan dapat memiliki rumah di perumahan yang diimpikan ..

    BalasHapus
  8. Sekarang enak ya untuk pembiayaan KPR sudah ada bank yang menggunakan sistem Syariah dari BSI jadi buat umat muslim gak khawatir lagi. Wah biru juga rumahnya ya

    BalasHapus
  9. Impian saya banget bisa punya rumah. KPR Syariah memang sangat memudahkan ya mba bagi orang-orang yang ingin memiliki rumah.

    BalasHapus
  10. Kemudahan yang diperoleh di zaman pandemi menjadikan adanya apply KPR Syariah yang memudahkan dengan menggunakan rumahimpian.id yang bisa diakses melalui smartphone. Mudah, cepat dan semoga impian memilik rumah sendiri bisa segera terwujud.

    BalasHapus
  11. iyatu..legalitas maha penting, kalo tanah pemerintah terus surat menyuratnya gak lengkap..serem aja..ketika udah lam n udah cakep..ujug ada yang ngakuin tanah dia atau diambil pemerintah..

    enakan beli diperumahan..tetangg ada, bisa pilih type sesuai kebutuhan kalo ada tanah lebih bisa nambah dapur atau ruangan lain..legalitas surat juga ada..aman nyaman..

    BalasHapus
  12. Aaah akhirnyaaa ada juga KPR syariah yang jauh dari riba
    aku di sini juga pernah dapat pencerahan di perumahan Islamic mbak, jadi tahu bahwa memang sebaiknya kita menelusuri behind the scenenya sebuah pembiayaan sebelum tercebur ke dunia riba

    BalasHapus
  13. Aku sih impian rumah cat rumah sudah tercapai walau masih nyicil tiap bulan. Rumah nyaman itu impian banget ya. Jika ada KPR syariah akan sangat membantu.

    BalasHapus
  14. Iya Mbak memiliki rumah di perumahan atau real estate itu banyak keuntungannya diantaranya ya poin-poin di atas memang semuanya jelas dan benar.

    BalasHapus
  15. Punya rumah di perumahan yg kita inginkan memang menyenangkan ya mbk, selain keamanan terjaga dan fasilitas yang komplit. Apalagi kalo bayar KPRnya menggunakan bank yang kita inginkan seperti BSI

    BalasHapus
  16. Sy pun memiliki rumah dengan kpr, ga kebayang kalau beli cash heuheu. Kpr membantu banget. Pilih syariah pastinya lebih tenang, akad tanpa riba ya

    BalasHapus
  17. Akad murabahah dari BSI ini memang lagi banyak bekerjasama dengan banyak developer ya. Lagi naik daun pokoknya. Niatku kalo KPR juga maunya ke BSI.

    BalasHapus
  18. Beli rumah memang enaknya dicicil ya secara harga rumah belum tentu bisa kebeli kecuali kita punya warisan banyak... hahaha... BSI untuk umat muslim emang paling nyaman buat transkasi pembelian rumah secara KPR.

    BalasHapus