Yuk, Ketahui Dampak Perubahan Iklim dan Solusinya

08.53 aurabiru 0 Comments

 

dampak perubahan iklim

Banyak perubahan yang terjadi di setiap negara di dunia. Setiap perubahan yang ada juga dikarenakan berbagai macam hal yang terjadi. Salah satu penyebabnya ada pada perubahan iklim di negara Indonesia. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam penyebab dari terjadinya perubahan ini.  Hal ini juga menyebabkan berbagai dampak perubahan iklim dan solusinya.

Ada beberapa orang yang masih merasa bingung terkait dengan perubahan iklim. Hal ini wajar terjadi mengingat manusia tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Jadi, perubahan iklim merupakan suatu kondisi dimana ada perubahan suhu dan juga pola cuaca. Tentunya, untuk waktu yang lama sehingga menyebabkan banyak kerusakan. Yuk, simak lebih lanjut akan perubahan iklim!

Ini Dampak Perubahan Iklim dan Solusinya




Tentunya, sebelum mengetahui solusi yang dapat dilakukan pada perubahan iklim, Anda harus tahu berbagai macam dampak yang diberikan jauh lebih dulu. Setelah itu, cek juga solusi yang dapat dimanfaatkan.

Dampak Perubahan Iklim

Ada berbagai macam dampak yang cukup menyebabkan kerugian bagi negara. Berikut ini daftar dampak yang terjadi karena perubahan iklim:

·       Gelombang panas ekstrem

Berdasarkan hasil penelitian yang ada, Indonesia akan mengalami panas yang jauh lebih ekstrem lagi. Tentunya, kondisi ini terjadi lebih dari 3 kali di antara tahun 2020 dan juga 2052. Gelombang ini juga mempunyai intensitas yang jauh lebih besar. Dulu, gelombang panas ini terjadi pada tahun 2010 dan menewaskan 55.000 orang. Apalagi nanti dimana kondisinya lebih panas lagi.

·       Pertumbuhan ekonomi terhambat

Dampak lainnya yang menyebabkan masalah adalah pertumbuhan ekonomi yang terhambat. Indonesia mengalami kerugian yang cukup besar dari berbagai macam bencana alam karena iklim. Bahkan, mencapai 45 juta US dolar lebih.

·       Kenaikan permukaan laut

Perubahan iklim ini juga menyebabkan masalah lainnya yaitu kenaikan rata-rata permukaan air laut. Hal ini akan meningkatkan resiko banjir pesisir juga. Sudah ada banyak wilayah di Indonesia yang mengalami masalah ini seperti Sumatera bagian Utara dan juga Pulau Jawa.

Solusi Untuk Perubahan Iklim

Anda juga perlu tahu berbagai macam hal terkait dengan langkah yang dapat digunakan dalam mengetahui dampak perubahan iklim dan solusinya. Berbagai macam solusi yang ada ini dapat dilakukan dengan mudah untuk mengatasi dampak berbahaya.

·       Memasang energi ramah lingkungan

Langkah mudah yang dapat Anda manfaatkan lebih dulu adalah menggunakan sumber energi yang sesuai. Manfaatkan sumber energi yang ramah lingkungan untuk mengatasi masalah perubahan iklim. Anda dapat memasang panel surya sebagai cara untuk mengurangi pemakaian listrik.

·       Membatasi penggunaan bahan bakar fosil

Selama ini, ada banyak transportasi yang menggunakan bahan bakar fosil. Hal ini akhirnya dilarang oleh pemerintah karena menyebabkan masalah pada udara. Karena itu, sudah ada banyak inovasi hingga menggunakan bahan bakar baterai.

·       Penanaman hutan



Langkah lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah menanam pohon dalam jumlah yang besar juga. Hal ini memberikan ruang hijau terbuka yang lebih besar sehingga dapat menyaring udara. Tanaman juga membuat kondisi bumi lebih banyak oksigen lagi.

Demikianlah hal yang harus Anda ketahui berkaitan dengan dampak perubahan iklim dan solusinya. Cobalah untuk menggunakan beberapa cara sederhana #UntukMuBumiku. Anda dapat mengatasi masalah perubahan iklim jika mengikuti berbagai langkah yang tepat seperti #TeamUpforImpact yang mengkampanyekan aksi-aksi sederhana untuk mengurangi dmapak perubahan iklim. Selamat mencoba! 

0 comments: