Almond Tart, Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian dengan Rasa yang Unik

09.00 aurabiru 23 Comments

 

oleh-oleh surabaya

Sebelum pandemi, saya lumayan sering pergi ke kota tetangga yaitu Surabaya. Alhamdulillah beberapa kali dapat job liputan event, terus juga staycation atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga. Jujur saja kalo ke Surabaya kami jalan-jalannya bukan ke objek wisata melainkan ke mall kayak Royal Plaza, Grand City, Delta Surabaya, Tunjungan Plaza dan lainnya. Kondisi Surabaya yang sangat panas membuat kami milih ngadem di mall daripada jalan-jalan ke objek wisata. Terhitung hanya beberapa saja yang pernah kami kunjungi seperti Pantai Kenjeran, Kebun Binatang Surabaya dan Monumen Kapal Selam. Oh iya, tak ketinggalan juga event Big Bad Wolf yang rutin diadakan di JX Internasional Surabaya.

Setiap kota pasti memiliki oleh-oleh khas, begitu juga Surabaya. Dari sekian banyak oleh-oleh khas Surabaya, Lapis Kukus Pahlawan menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang paling terkenal dan sering dibeli oleh wisatawan. Saya sendiri pernah membeli dan suami juga pernah dapat dari koleganya yang berasal dari Surabaya. Lapis Kukus Pahlawan memiliki keistimewaan yaitu terbuat dari tepung singkong dan tepung terigu. Nggak heran kalo dia punya citarasa yang unik dan khas. Proses pembuatannya dikukus sehingga teksturnya lembut  yang  membedakannya dari kue lapis pada umumnya.

Lapis KukusPahlawan adalah lapis kukus pertama di Surabaya dan berhasil meraih predikat sebagai The Best Oleh Oleh Surabaya di ajang Jawapos Culinary Awards tahun 2017 & 2018. Nggak berlebihan rasanya kalau Lapis Kukus Pahlawan ini diklaim sebagai Lapisnya Arek Suroboyo. Lapis Kukus Pahlawan memiliki cukup banyak varian, ada sekitar 14 rasa antara lain: Original, Brownies, Chocopandan, Terang Bulan, Stroberi dll. Tinggal pilih saja sesuai selera kalian.

Alhamdulillah sejak pandemi mulai beralih menjadi endemi, saya kembali bisa mengunjungi Kota Surabaya. Seperti Minggu yang lalu, tepatnya 29 Juli 2022 ketika saya bersama teman-teman blogger meet-up di event Notaria Fest 2022. Notaria Fest 202 merupakan event bazar yang diselenggarakan oleh Ikatan Notaris Indonesia Pengurus Wilayah Jawa Timur dalam rangka merayakan hari ulang tahun Ikatan Notaris Indonesia yang ke-144. Bertempat di DBL Arena Jl A. Yani Surabaya, Notaria Fest 2022 menyajikan berbagai macam booth fashion dan kuliner. Di halaman depan gedung kita bisa menikmati aneka kuliner yang dimasak secara on the spot, sedangkan di bagian dalam ada booth fashion dan kuliner siap saji. Puncak daru acara Notaria Fest 2022 adalah konser musik yang menghadirkan bintang tamu Judika, Rizky Febian, dan Denny Caknan.



Dari sekian booth kuliner yang ada di Notaria Fest 2022 ternyata ada booth Lapis Kukus Pahlawan. Para pecinta Lapis Kukus Pahlawan bisa membeli oleh-oleh khas Surabaya ini dengan harga spesial. Selain itu juga saya juga baru tahu kalau ternyata Lapis Kukus Pahlawan memiliki produk terbaru yang launching 2021 yaitu Almond Tart.

Almond Tart ini mirip dengan mini pie, isinya lebih padat tapi dengan tekstur yang lebih lembut dan crunchy. Ada empat varian Almond Tart yang memiliki kelezatan dan keunikan masing-masing, yaitu Almond Tart Original, Almond Tart Keju, Almond Tart Coklat dan Almond Tart Abon. Semua varian Almond Tart ini tersedia dalam 2 pilihan kemasan, yaitu kemasan mini pack isi 4 buah dan regular pack isi 6 buah. Harga normal kemasan isi 4 Rp21.000 sedangkan kemasan isi 6 harganya Rp32.000.

Nah, selama event Notaria Fest berlangsung, akan ada promo yang bisa kalian dapatkan apabila membeli Almond Tart dan juga Lapis Kukus Pahlawan. Varian Almond Tart isi 6 harganya diskon tinggal Rp.25.000 saja. Apabila dibundling dengan Lapis Kukus harga menjadi lebih terjangkau yaitu antara Rp. 51.000,- sampai dengan Rp. 55.000,- saja.









Buat saya, Almond Tart ini dari segi rasa tidak usah diragukan lagi, enak dan nikmat. Tidak seperti Lapis Kukus Pahlawan yang identik dengan kelembutan maka Almond Tart menggabungkan dua sensasi saat dinikmati yaitu kelembutan dan kerenyahan. Bagian kulit Almond Tart begitu renyah apalagi topping kacang Almond, crunchy bangett. Untuk kelembutannya terasa banget ketika kita menikmati bagian isi dan topping cream-nya yang lumer.








Oke teman-teman itulah sharing saya menghadiri acara Notaria Fest 2022 sekaligus menikmati produk terbaru dari Lapis Kukus Pahlawan yaitu Almond Tart. Bagi yang tertarik mencoba kue mungil nan lezat ini bisa membelinya di Toko Resmi dan Mitra Resmi. Berikut alamat Toko Resmi Lapis Kukus Pahlawan :

1. Diponegoro (Jl. Diponegoro No.73, Darmo, Wonokromo)

 https://maps.app.goo.gl/jEycMbGfgGyQXPGQ7

2. Sidoarjo (Jl.Pahlawan No.7B, Sidokimpul, Sidoarjo)

 https://maps.app.goo.gl/nj5xWjFva12z5ctdA

3. Genteng (Jl. Genteng Besar No.77, Genteng)

 https://maps.app.goo.gl/us5Xxnao7RmfJrN48 

4. Stasiun Pasar Turi (Jalan Semarang No.1, Stasiun Pasar Turi)

 https://maps.app.goo.gl/9Mqk8QivSc4iV3v46

5. Stasiun Gubeng (Jalan Gubeng Masjid No.1, Stasiun Gubeng Baru)

 https://maps.app.goo.gl/A3dpoHnzKMXu6vVLA 

6. Berbek (Jl. Berbek Industri II No.8, Sidoarjo)

 https://maps.app.goo.gl/bSdiaR8919RQZGv17

7. Island Bu Rudy ( Jl. Dharmahusada No. 140)

 https://goo.gl/maps/unrvdnEQmKhMrkLZ9

 

Kalian tidak hanya bisa membeli via Toko, Lapis Kukus Pahlawan juga saat ini sudah ada pemesanan via online yaitu bisa melalui Whatsapp CS 08111-530-058 atau bisa juga via Marketplace :

Shopee : https://shopee.co.id/lapiskukuspahlawan 

Tokopedia : https://www.tokopedia.com/lapis-pahlawan

23 komentar:

  1. Wah menarik, nih, kalau pas ke Surabaya sering bingung bawa oleh-oleh apa lebih sering barang sih karena di sana murah. Eh ternyata juga ada makanan kayak gini yang biasa ditunggu-tunggu, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Nyam nyam nyaaammm

    Enak bgt ini mbaaaa
    Teksturnya aku juga sukaaaa.
    Pokoke bs diandalkan jadi oleh² warga Sby

    BalasHapus
  3. Terakhir ke surabaya tu brp tahun lalu ya? Zaman masih kuliah, berarti uda uda lebih 15 th yg lalu. Ampuuun deh lamanyaaaa... kalau suatu hari berkesempatan ke sby, noted nih oleh2nya. Saya suka paiiii...krenyes di luar, lembut di dalam.

    BalasHapus
  4. Ini mah oleh-oleh yang sangat berbeda dengan almond tart pada umumnya, kayaknya sih ya rasanya unik dan memberikan kejutan luar biasa.

    Trus keliatan pinggiran renyah berpadu dengan kelembutan pada bagian tengah yang kaya rasa. Taburan remahan kacang almond di atas kue semakin menggugah selera

    BalasHapus
  5. Wah Almond Tart yang coklat beneran bikin ngiler nih kebayang perpaduan antara rasa renyah dan lembutnya deh. Sekarang kalo ke Surabaya udah gak perlu galau lagi buat nyari oleh-oleh yaah

    BalasHapus
  6. Duhblihat almond tart gini rasanya jadi pengen nyobain dan pengen pergi ke Surabaya 😆 tapi kayaknya aku pernah lihat yang persis gini di Semarang itu kira-kira sama apa beda ya

    BalasHapus
  7. Yeay, ada link marketplacenya, mau coba ah...kalau Lapis Kukus Pahlawan dah pernah makan kalau Almond Tart . Kebayang sensasi kelembutan dan kerenyahan Almond Tart dengan topping kacang Almond...mantap!

    BalasHapus
  8. Dari penampakannya udah menggoda dan bikin pengen nyobain Almond Tart. Ini hanya di Surabaya kah Mba, Kota lainnya udah ada belum cabangnya?

    BalasHapus
  9. Waduh lihat almond tart jadi pengen ikutan nyobain nih kepo sama citarasanya. Bentuknya juga lucu bisa nih jadi referensi buat oleh-oleh kalau habis dari Surabaya.

    BalasHapus
  10. Wah, Almond Tart dari Lapis Kukus Surabaya ini nikmat banget yaa..
    Taburan almondnya bikin happy... Di saat almond tuh jadi bahan makanan yang mihils bingits, tapi bikin badan tetap sehat.

    BalasHapus
  11. Ah iya
    Ini enak mbak
    Jadi oleh-oleh kekininian
    Dulu aku juga kasih oleh-oleh almond tart ke teman yang bersasl dari Ambon

    BalasHapus
  12. Waaah menggoda banget Almond tart nya...enak banget nih buat teman nulis blog sambil ngeteh anget.

    Tar coba order aaah...

    BalasHapus
  13. Liat fotonya jadi ngiler. Kayaknya enak bgt tuh.. Bisa dipesan online juga ya. Mau ah. Yg paling recommended varian mana nih, mbak?

    BalasHapus
  14. Terbayang banget itu urusan kue mulai awal sampai selesai. Yang enak sih bagian mencicipi ya. Hehehe

    BalasHapus
  15. Whuaa mak Almond tartnya bikin mupeng pengen pesen. Aku penggemar segala varian kue yang ada almondnya nih mak

    BalasHapus
  16. Nyaamm enak kyke almond tart. Gak bingung lagi kalau mudik Sby bawa oleh2 apa. Aku dulu seringnya beli kripik krupuk di Genteng haha. Kalau almond tart kan kyk lbh pantes gtu dikasi org 😁🤭
    Outlet terdekat dr rumah ortuku kyke di Diponegoro.
    Tfs infonya.

    BalasHapus
  17. Cokelat jadi favorit di rumah
    Salfa Shanum sering rebutan kalau ayahnya jadikan oleh oleh
    Lembut di tengah, gurih di bagian pinggirannya

    BalasHapus
  18. Saya sudah beberapa kali ke Pulau Jawa, tetapi ke Surabaya baru 2 kali, waktu itu oleh-oleh yg saya beli berkisar pada krupuk, kripik dan sejenisnya. Nah, dapat info ini bisa banget dicatat jika suatu saat ke Surabaya lagi.

    BalasHapus
  19. Aku penasaran almond tart nya deh, kacang almond saja udah enak banget ini ada cokelatnya juga, ahh ada ngga ya beli daring von, ngiler..

    BalasHapus
  20. Dah lama bangeet gak ke Surabaya . Kapan kapan kalau ke Surabaya harus coba beli Lapis Kukus Pahlawan dan Almond tart nya nih buat oleh-oleh

    BalasHapus
  21. Bagus kemasannya ya, jadi mudah dibawa dan praktis saat menjadi oleh-oleh khas Surabaya.

    BalasHapus
  22. tartnya mirip pie ya kak :D jadi pengen coba juga

    BalasHapus
  23. kemasannya menarik sekali kalau ke Surabaya mau dong beli juga. Tart-nya enak juga buat oleh-oleh nih, praktis ya.

    BalasHapus