Wisata Edukasi Religi Marwah Tirta dan Resto 1 Kediri

09.21 aurabiru 2 Comments

 


Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang memiliki kota-kota besar dengan daya tariknya masing-masing, salah satunya adalah Kediri. Kota ketiga terbesar di Jawa Timur ini adalah kota penghasil rokok terbesar di Indonesia dan dikenal sebagai Kota Tahu. Saya baru dua kali mengunjungi kota ini, mulai dari acara arisan keluarga hingga kopdar (ketemuan) yang diadakan oleh komunitas baking yang saya ikuti.

Kediri memiliki banyak objek wisata namun sayangnya hanya satu objek wisata yang sudah saya kunjungi yaitu Monumen Simpang Lima Gumul. Bangunan yang menjadi landmark kota Kediri ini memiliki daya tarik tersendiri karena mirip dengan La’arch De Triomphe yang berada di Perancis. Itulah sebabnya saya masih menyimpan keinginan yang kuat untuk mengunjungi Kediri. Apalagi ada teman yang merekomendasikan beberapa tempat wisata Kediri yang terbaru dan terhits, salah satunya Marwah Tirta and Resto 1 Kediri. Marwah Tirta and Resto 1 adalah sebuah wisata kolam renang dan edukasi religi miniatur tanah suci Makkah yang paling hits di Kediri.

Sejarah Berdirinya Marwah Tirta and Resto 1

Teman-teman pasti bertanya-tanya, kok di belakangnya ada tambahan 1 sih. Memangnya ada Marwah Tirta and Resto di Kediri? Oke, biar kalian nggak penasaran sampai nggak bisa tidur maka baca terus tulisan saya ini sampai habis yaa.

Jadi Marwah Tirta and Resto ini ada 3 lokasi dengan konsep berbeda dan memiliki keunikan masing-masing antara lain:

  • Marwah Tirta and Resto 1 Kediri dengan konsep wisata edukasi religi miniatur tanah suci Makkah
  • Marwah Tirta and Resto 2 Kediri dengan konsep gebyok rumah Jawa
  • Marwah Tirta and Resto 3 Kediri dengan konsep Wisata Kampung Dermaga

Namun dalam tulisan kali ini saya akan fokus membahas tentang Marwah Tirta and Resto 1 karena saya tertarik dengan konsep wisata edukasi religi yang ditawarkan yaitu berupa miniatur tanah suci Makkah. Sebagai umat muslim, tentunya saya punya keinginan untuk bisa melaksanakan ibadah haji atau umroh. Harapannya dengan melihat miniatur tanah suci Makkah bisa semakin memotivasi saya untuk rajin menabung untuk haji atau umroh, aamiin. Lalu saya juga ingin mengenalkan tentang Makkah kepada anak-anak sedini mungkin.



Marwah Tirta and Resto 1 beralamat di Jl.Gading Dsn.Tambakwirang Ds.Sidowarek Kec.Plemahan Kab.Kediri 64155. Pendiri atau owner dari Marwah Tirta and Resto 1 adalah Bunda Asih, seorang pengusaha yang cukup sukses dari Kediri. Ide pembangunan Marwah Tirta and Resto berawal dari pembuatan kolam renang di halaman belakang rumah untuk anak-anaknya. Ternyata banyak anak tetangga yang ikutan berenang juga bahkan mengajak teman-temannya yang lain. Dari situlah, Bunda Asih melihat peluang untuk membangun sebuah objek wisata kolam renang bernama Marwah Tirta and Resto yang resmi dibuka mulai 19 Juni 2018.

Semakin lama, pengunjung Marwah Tirta and Resto semakin banyak. Bunda Asih kemudian berpikir untuk mengembangkan dan memberi nilai lebih pada objek wisata miliknya ini. Bunda Asih lalu teringat dengan perjalanan spiritualnya saat umroh pada tahun 2013. Akhirnya beliau membangun wisata edukasi miniatur kabah, shafa, marwah  yang baru dibuka Agustus 2020. Yang mendasari Bunda Asih membangun wisata edukasi religi ini adalah ingin memberikan gambaran tentang ibadah Haji dan Umroh pada masyarakat yang belum berkesempatan ke Tanah Suci. Selain itu juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak atau rombongan manapun yang ingin bermanasik Haji.

Nama Marwah sendiri terinspirasi dari salah satu ibadah yang dijalankan saat haji atau umroh yaitu Sa’i. Ibadah ini menggambarkan perjuangan Siti Hajar yang berlari dari bukti Shafa ke Marwah untuk mencari sumber air untuk Nabi Ismail. Bunda Asih merasa related  dengan perjuangan Siti Hajar karena beliau juga berjuang untuk keluarganya. Dari situlah akhirnya Bunda Asih menggunakan nama Marwah Tirta and Resto.

Kelebihan dan Fasilitas di Marwah Tirta and Resto 1



Saya kagum dan salut dengan totalitas Bunda Asih dalam membangun wisata edukasi religi ini karena menghadirkan miniatur dan suasana layaknya di tanah suci Makkah. Sebelum menuju miniatur Ka’bah, para pengunjung terlebih dahulu melewati sebuah terowongan yang mirip dengan Terowongan Mina. Setelah melewati Terowongan Mina, pengunjung akan disambut dengan deretan replika miniatur Kabbah, lukisan dinding masjid Madinah, Nabawi, Mina, Musdalifah, jumrah Ula, Wustho, dan Aqobah yang lengkap dengan penjelasannya.

Wisata Edukasi Marwah merupakan satu-satunya Wisata Edukasi Kediri yang menghadirkan nuansa islami yang bertema Miniature Tanah Suci Makkah. Maka tidak heran jika selama ini sudah banyak anak-anak sekolah melakukan latihan manasik haji di sini. Apalagi HTM (Harga Tiket Masuk) sangat terjangkau yaitu hanya Rp.10.000  yang sudah mencakup free masuk kolam renang, free masuk wisata edukasi dan free muthowif/pemandu.

Kolam Renang




Selain miniatur Ka’bah, yang menjadi andalan dari Marwah Tirta and Resto adalah kolam renang. Ada 2 kolam dengan ukuran yang cukup luas yang tersedia untuk anak dan dewasa. Yang membedakan kolam renang Marwah Tirta dengan kolam renang lainnya adalah konsepnya yang indoor. Dengan konsep indoor para pengunjung tetap bisa nyaman berenang, tidak usah khawatir kepanasan atau kehujanan.

Kolam renangnya didesain dengan indah mulai dari hiasan bunga yang menjuntai hingga langit-langit yang dilukis awan sehingga pengunjung merasa seperti berenang di luar. Terus yang juga penting adalah kolam yang senantiasa terjaga kebersihan dan kejernihannya.  Para petugas selalu mengontrol keamanan serta kebersihan agar customer merasa nyaman ketika berenang. Tersedia juga gazebo-gazebo untuk menaruh pakaian, tempat melepas lelah setelah berenang sambil menikmati menu-menu andalan dari Restoran Marwah

Restoran

Restoran Marwah menyediakan berbagai menu khas andalan yang pastinya sudah terjamin status kehalalannya namun tetap memanjakan lidah. Menu yang paling laris di sini adalah ayam geprek dan ayam bakar dengan 10 ribu saja. nggak ketinggalan juga minuman dari harga 3 ribu sampai 5 ribu. Kalian juga bisa menikmati menu Timur namun hanya dikhususkan untuk pesanan. Selain untuk makan, Resto Marwah juga menjadi tempat penyelenggaraan acara-acara  penting seperti pernikahan, ulang tahun, dll. Biaya sewa sangat terjangkau yaitu Rp.100.000 per jam.

Toko Oleh-Oleh




Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Kediri tidak perlu mencari di tempat lain karena di Marwah Tirta and Resto juga ada toko oleh-oleh. Marwah bekerjasama dengan UMKM Kediri yang memproduksi oleh-oleh seperti cemilan, pakaian, kerajinan tangan hingga perlengkapan haji.

Bagaimana teman-teman, kalian pasti tertarik untuk mengunjungi Marwah Tirta and Resto 1 ini. Agar nggak zonk, catat hari dan jam operasionalnya yaitu buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi sampai dengan 4 sore.

2 komentar:

  1. Sebetulnya aku tertarik untuk ke sini .
    Tapi sebagai orang yang sama sekali tidak pakai jilbab, aku pengen tau apakah cewek kalo ke sini harus baju tutupan rapet.

    BalasHapus
  2. Wah asyik nih ada replika ka'bah, bakalan bermanfaat banget untuk edukasi tempatnya juga bagus. Apalagi ditata rapi dan cantik, jadi pengin ke sana. Baju-baju ini kok aku nangkepnya kayak baju yang dibuat oleh-oleh di pulau Bali. Keren sih, terima kasih informasinya!

    BalasHapus