Biaya Perawatan Mobil yang Harus Disiapkan Setiap Bulan

23.00 aurabiru 1 Comments

Sumber gambar: forbes.com

 Banyak orang harus berpikir ribuan kali untuk membeli mobil, salah satu alasannya karena biaya perawatan mobil yang cukup tinggi. Padahal, jika diperhitungkan secara matang, perawatannya mungkin tidaklah sebesar itu. Lantas, biaya apa saja yang perlu dipersiapkan pemilik mobil setiap bulannya?

Rincian Biaya Perawatan Mobil Setiap Bulan

Setiap bulannya, terdapat pos-pos anggaran yang harus dikeluarkan ketika Anda memiliki mobil, diantaranya adalah:

1. Biaya Servis

Sumber gambar: cannonautorepair.com

Umumnya biaya perawatan mobil setiap bulannya mengacu per 1.000 km jarak tempuh. Biasanya, ini adalah servis bulan pertama setelah pembelian. Tahap itu dibutuhkan untuk memeriksa kondisi mobil usai digunakan menempuh 1.000 km. sehingga jika ditemukan kerusakan pada fase ini, konsumen berhak memperoleh hak garansi sebagaimana panduan servis.

Adapun beberapa komponen yang akan diperiksa pada servis perdana, yaitu aki mobil, RMP idling, rem parkir, filter udara, cairan rem, dan level cairan pendingin. Mengingat servis ini dilakukan untuk pertama kalinya, biasanya pengendara tidak akan dikenakan biaya perbaikan, alias gratis. Namun, pada servis selanjutnya, estimasi biaya perawatan mobil yang diperlukan mulai dari Rp 2,2 juta.

Perkiraan biaya tersebut mencakup biaya komponen berikut:

  • Kanvas rem: Rp 1.000.000

  • Aki: Rp 700.000

  • Oli mobil: Rp 400.000

  • Filter udara: Rp 100.000

Namun perlu dicatat, biaya servis per bulan dapat bervariasi, bergantung pada jenis suku cadang atau komponen yang perlu diperbaiki, serva level kerusakannya.

2. Biaya Cuci Mobil

Anda juga disarankan untuk rutin mencuci kendaraan agar tetap bersih dan menawan. Pada tahap ini, Anda memiliki 2 opsi yakni mencuci sendiri di rumah atau membawanya ke car wash. Apabila Anda lebih senang mencuci mobil di rumah, estimasi biayanya berkisar Rp 141.000. Nominal tersebut meliputi biaya pembelian alat cuci yang bisa digunakan berkali-kali, seperti: 

  • Sabun cuci khusus mobil 5 liter: Rp 55.000

  • Alat-alat cuci mobil: Rp 76.000

  • Kanebo: Rp 5.000 sampai Rp 10.000

Namun, jika Anda tidak punya banyak waktu, Anda dapat mempercayakan kebersihan mobil lewat car wash yang diperkirakan mencapai angka Rp 20.000 sampai Rp 150.000 per kunjungan.

3. Biaya Operasional

Sumber gambar: surfcoastcarremovals.com

Biaya operasional kendaraan roda 4 per bulannya terdiri dari bahan bakar, parkir, dan tol. Estimasi lengkapnya adalah:

  • Biaya bahan bakar: mulai dari Rp 500.000

  • Biaya parkir: mulai dari Rp 100.000

  • Biaya tol: mulai dari Rp 800.000

Dengan demikian, estimasi perawatan mobil untuk kebutuhan operasional bisa dikalkulasikan menjadi Rp 800.000 per bulan. Namun secara keseluruhan, biaya yang dibutuhkan untuk perawatan mobil sekitar Rp 3.000.000.

4. Premi Asuransi

Selain perawatan fisik, kendaraan butuh jaminan yang dapat menjamin risiko kerugian atas berbagai hal, dalam hal ini adalah asuransi. Asuransi mobil sendiri terbagi ke dalam 2 jenis yang bisa disesuaikan penggunaannya sesuai kebutuhan, yakni all risk dan total loss only (TLO).

Nantinya biaya asuransi mobil yang perlu dikeluarkan cukup beragam, tergantung pada nilai mobil, kondisi, dan jenis asuransi yang dipilih. Secara umum, premi asuransi mobil per bulannya mulai dari Rp 200.000-an. Paling tinggi, premi asuransi dapat mencapai angka jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Itulah kisaran biaya yang harus Anda keluarkan untuk perawatan mobil. Sebagai tambahan catatan, estimasi biaya perawatan mobil di atas mungkin akan berbeda dengan kondisi kendaraan Anda. Apalagi jika jenis mobil dan bahan bakar yang digunakan berbeda dari asumsi di atas. Misalnya saja untuk perawatan mobil matik dan manual, atau penggunaan mobil berbahan bakar bensin dan diesel.


1 komentar:

  1. Mobil juga perlu diservis setiap bulan, hemm si paling servis mobil kalau pas rusak dan sekalinya rusak langsung nguras dompet. Memang perlu perawatan setiap bulan dan menyiapkan budget per bulan, nih. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus