Cara Menabung Sederhana ala Ibu Rumah Tangga

07.33 Ivonie 0 Comments

 


Sewaktu belum menikah dan bekerja mungkin urusan menabung terasa lebih mudah. Lain halnya kalau sudah menikah dan memiliki anak namun tidak lagi bekerja di luar atau kantor. Urusan menabung musti pintar-pintar mengaturnya. Walaupun ibu rumah tangga masih bisa kok menabung dari nafkah yang diberikan suami.

Atau bisa juga ibu rumah tangga yang tetap bisa bekerja dari rumah dan menghasilkan cuan. Pastinya ada banyak cara untuk menabung secara sederhananya. Biasa ibu rumah tangga dituntut bisa mengelola keuangan keluarga kalau suami menyerahkan sepenuhnya gaji yang diterima.

Walaupun dibilang sederhana, namun faktanya masih banyak yang kesulitan untuk menabung. Seringkali uang habis untuk kebutuhan sehari-hari yang makin ke sini makin meningkat saja.

Saya pribadi termasuk yang awalnya susah menabung tapi dengan tekat yang kuat, displin dan rajin bisa kok. Ada beberapa cara menabung sederhana yang sudah saya terapkan selama ini.

1.       Tentukan Skala Prioritas

Sebelum menabung, tentukan dulu uang tabungan tersebut akan digunakan untuk apa? Misal dana darurat, sudah pasti uang tabungan ini nantinya digunakan untuk kebutuhan yang tak terduga saja.

2.       Menabung dengan Celengan

Kelihatannya sederhana ya menabung dengan celengan? Tapi cara ini pun cukup efektif lho buat melatih kita rajin menabung. Saya pribadi mengajarkan pada anak-anak juga menabung dengan celengan, misal sisa uang saku atau pemberian dari saudara.

3.       Menabung di Koperasi

Karena kita mahkluk sosial, biasanya di tempat tinggal sekitar diadakan kegiatan warga yang namanya PKK, nah dalam kegiatan sosial ini terdapat wadah koperasi bagi warga yang menjadi anggota bisa menabung di koperasi PKK. Beda lagi dengan suami, di kantornya pun ada koperasi buat pegawai dan saya dan suami sepakat untuk menyisihkan penghasilan ditabung di koperasi kantornya.

4.       Menabung dengan Uang Receh

Ini baru saya lakukan di awal tahun ini, saya membeli sebuah celengan dengan nominal tertarget. Namun pecahan uang yang ditabung merupakan uang receh, misalnya 10 ribu atau 20 ribu. Target saya menabung dengan uang receh ini sebesar lima juta rupiah. Dengan cara begitu cukup efektif dan konsisten buat saya tiap bulan menabung dengan uang receh.

5.       Menabung Logam Emas

Selain menabung secara konvensional, seperti menaruh uang di celengan atau koperasi. Saya juga memilih menabung berupa logam mulia. Tren menabung emas akhir-akhir banyak jadi pilihan karena menabung emas batangan atau logam mulia nilai asetnya lebih stabil dan bila butuh uang mudah untuk dicairkan dengan cara dijual.

6.        Menabung dengan Ikut Arisan

Meski cara menabung ini masih menjadi perdebatan, namun bagi sebagian orang cara ini cukup efektif lho. Secara setiap bulan kita bakal menyisihkan uang untuk dibayarkan. Nanti bila sudah mendapat giliran arisan uang bisa diambil. Lebih enak sih kalau mendapat giliran di akhir periode, benar-benar berasa menabung deh.

Itulah beberapa cara menabung ala ibu rumah tangga seperti saya. Jadi uang nafkah atau gaji suami yang diberikan kepada kita bisa dikelola dengan baik. Begitupun kalau kita ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah dan menghasilkan cuan. Menabunglah dengan konsisten sehingga tercapai tujuan dari menabung tersebut. Tanpa adanya konsisten, cara menabung apapun tidak akan berhasil apalagi kalau banyak godaan misal agenda diskon 10.10 di eccomerce yang menggiurkan.

0 comments: