Ide Menulis Banyak tapi Waktu Terasa Tak Banyak

22.03 Ivonie 1 Comments

 


Kalau dihadapkan dengan pertanyaan kenapa lama gak menulis blog? Pasti bakal banyak banget alasannya. Mari kita simak dongeng mengenai ngeblog ini. Pada dasarnya saya sudah mulai ngeblog tahun 2006, jauh sebelum seramai ini deh. Iya, blog pertama yang saya miliki itu blogspot. Itupun hasil belajar dari kenalan teman di YM. Duh, bahas YM jadi ketahuan umurnya kan? Hahaha

Bikin blogspot gratisan niatnya buat belajar menulis cerpen terinspirasi dari curhatan dan pengamatan cerita orang-orang di sekililing. Ya, waktu itu saya masih bekerja di Hong Kong jadi banyaak ide buat tulis cerpen. Namun seiring berjalannya waktu, saya tergoda platform baru yang namanya Multiply. Ada yang alumni platform ini?

Saya malah rajin tulis di platform tersebut ketimbang blogspot. Blog saya yang itu tersingkirkan deh. Di platform Multiply saya rajin banget menulis dan banyak teman. Tapi sayangnya platform tersebut sekarang sudah raib, pasrah deh. Mau bagaimana lagi, namanya juga gratisan dan sang pemilik lebih memilih menutup karena inovasinya gagal.

Sedih? Banget tapi saya sempat menyelamatkan tulisan-tulisan yang diposting di platform tersebut, istilahnya migrasi ya ke sini. Cuma tulisan saja, sementara foto-foto yang disematkan tak ada. Walaupun sudah migrasi ke wordpress gratisan, bukan berarti saya jadi rajin menulis lagi. Saya patah hati lebih tepatnya. Saya biarkan hasil migrasi begitu saja.

Saat tulisan lama dimigrasi ke wordpress, saya sudah menikah dengan lelaki yang suka menulis pula. Malah dia yang masih rajin menulis. Menikah, menjadi istri kemudian hamil rasanya makin malas buat menulis blog lagi. Apalagi pengalaman hamil anak pertama kerjaan saya setiap hari rebahan alias tidur sepanjang hari. Usai suami kerja saya tidur, bangun cuma makan sholat kemudian tidur lagi sampai suami pulang kerja.

Bahkan cerita pengalaman saya hamil, bukan saya yang menulis melainkan suami. Dia mendapat masukan bikin blog sesuai dengan tagline keluarga kami yang suka warna biru dari teman baiknya. Mungkin ada yang ingin membaca ceritanya bisa ke sini ya.

Hamil kemudian melahirkan anak laki-laki yang menggemaskan. Dunia menulis saya benar-benar teralihkan olehnya. Saya sibuk merawat anak pertama sudah cukup menguras tenaga dan pikiran, mana sempat menulis blog? Sungguh saya salut dengan ibu-ibu yang sekarang dari hamil sampai melahirkan masih menyempatkan diri menulis blog.

Saat anak saya mulai merasakan makan pertamanya atau MPASI, saya jadi rajin bikin menu-menu untuknya. Saya membuat dokumentasi menunya dalam bentuk foto kemudian resepnya saya susun rapi, jadilah sebuah buku sebagai kenang-kenangan dia nanti. Ya, bisa dibilang jiwa menulis saya masih ada makanya bisa jadi resep menu MPASI.



Rasanya gak hanya soal menu MPASI, saya jadi kreatif bikin menu cemilan buat anak. Berawal dari situ saya jadi menggeluti dunia kuliner dan jualan hehe. Menulis blog? Masih jauh dari angan-angan deh, pokoknya waktu dan tenaga cuma buat seputar anak dan hobi. Iya, selain menulis saya hobi baking dan ternyata menghasilkan. Saya malah keasikan jualan kuliner mulai dari kue kering hingga nasi tumpeng.



Namun saya akhirnya menulis blog tapi yang berhubungan dengan kuliner. Ternyata jiwa menulis gak bisa benar-benar lepas dari saya. Saya menulis cerita mengenai menu-menu masakan atau kue yang saya bikin di blog. Tapi sekarang pun sudah lama tidak diupdate hahaha. Sampai saya hamil anak kedua, urusan jualan kuliner pun vakum. Padahal bisa dibilang saya sudah punya nama brand, sudah punya panggung di jejeran penjual kuliner di Malang. Suami minta saya lebih fokus sama kehamilan, takut saya kecapekan kalau terima orderan kuliner. Suami pun membujuk saya untuk kembali menulis blog saja yang lebih ringan daripada sibuk di dapur yang menyita waktu.

Jadilah blog ini, awalnya gratisan kemudian suami mengusulkan untuk dibelikan domain biar lebih keren dikit gitu. Awal ngeblog saya akui rajin menulis, banyak ide yang saya tulis di sini mengenai pengalaman hidup dan kegiatan sehari-hari.

Pengalaman perjalanan saya dan keluarga bersama anak-anak. Cerita mencoba menu-menu makanan dari berbagai restoran yang ada di Malang ataupun luar kota. Sampai tibalah blog dilirik sama brand-brand buat kerjasama. Menulis pun bisa menghasilkan cuan, senang dong? Senang lah, yang tadinya Cuma hobi curhat colongan bisa jadi menghasilkan uang. Kalau dulu menulis cerpen dapat honor, sekarang menulis mengenai produk brand yang dapat uang.

Di sini lah alasan kenapa lama tak menulis blog terjadi. Kalau lagi gak ada kerjasama menulis dari blog, jadi gak menulis. Berasa menulis jadi semacam tuntutan deh. Padahal ya, banyak sekali ide yang bisa saya tulis di blog ini tapi rasanya tak banyak waktu menulisakannya. Halah alasan doang kali ya, dasarnya memang malas hahaha. Apa saja sih ide banyak itu? Boleh ya saya bagi siapa tahu ntar saya tergerak hatinya buat jadi tulisan yang utuh.

1.       Pengalaman ikutan trip ke Bali



Tahun lalu saya untuk pertama kalinya ikutan trip traveling ke Bali. Iya, itu pengalaman berkesan karena saya pertama kalinya pula bisa ke Bali hahaha. Norak? Mungkin, karena begitu senangnya bisa ke Bali pakai uang sendiri ( suami kasih uang sakunya buat beli oleh-oleh )

2.       Review menginap di berbagai hotel

Duluu saya bisa dibilang rajin menulis review hotel. Usai staycation sama keluarga, saya menuliskan hasil pengalamannya di blog, baik di blog ini maupun di Keluarga Biru. Biasanya berapa bulan sekali saya mengagendakan staycation di hotel baik di Malang maupun kota tetangga Surabaya hehe. Secara anak-anak saya suka sekali menginap di hotel, apalagi yang ada kolam renangnya. Emak Bapaknya deh yang musti kerja keras ini hahaha

3.       Review cafe dan restoran

Saya itu orangnya hobi makan tapi takut gemuk hahhaha. Banyak cafe atau restoran yang sudah dicoba namun belum sempat menuliskan pengalamannya di blog. Di Malang banyak bermunculan cafe atau restoran baru sehingga saya sering penasaran sama menu dan rasanya.

4.       Pengalaman pertama naik pesawat Super Air Jet



Ini perlu gak sih pengalamannya saya tulis? Sebenarnya yang ingin dong, secara maskapai tersebut kan tergolong baru ya. Mana penampilan pramugarinya kece abis. Seragamnya itu lebih ke casual begitu, gak yang kaku rambutnya musti dicepol segala .

5.       Cerita perjalanan ke Banjarmasin







Pertama kali ke kota seribu sungai ini tahun 2010 dan belum semua sempat saya abadikan dalam tulisan. Tahun lalu saya berkesempatan ke sana lagi dan sampai sekarang pun belum sempat menuangkan dalam bentuk tulisan di blog. Cerita seru sore-sore main ke Kiram Park, Main ke Pantai Batakan yang ternyata airnya coklat hahaha sampai pengalaman seru ke pasar terapung.

Sebenarnya masih banyaak ide yang  bisa dituangkan jadi tulisan blog, tapi sesuai judulnya saya berasa tak banyak waktunya. Kalau lagi rajin saya sibuk mengurus rumah mulai ngepel sampai urusan cucian yang gak kelar-kelar deh. Tapi kalau lagi ingin rebahan saja, ya rasanya waktu habis buat scroll tiktok deh hahaha. Ya, pokoknya doakan dan semangatin say supaya ide-ide tulisan yang di saya ceritakan di sini bisa terwujud jadi tulisan blog yang utuh deh. Semoga.

Terima kasih sudah mau membaca cerita ngalor ngidul saya lama gak update blog kecuali karena kerjasama brand hahaha. Yuk, semangat menulis, semangat mengukir cerita bahagia dan bermanfaat untuk pembaca.

 


1 komentar:

  1. Yo ngunulah, tiap periode kehidupan pasti onok prioritas yekan wkwkwk. Emang berusaha konsisten ngeblog suseh tapi kyke iso dimulai dari setahun sekali, sebulan sekali, seminggu sekali, trus ODOP wkwk :D

    BalasHapus