Selebrasi Hari Blogger Nasional dengan Semangat Ikut Challenge Menulis

09.48 Ivonie 1 Comments

 


Kalau dulu kegiatan menulis di blog sekedar ajang curhat isi pikiran biar lega. Sekarang menulis blog jadi lebih serius, hal tersebut bisa dimulai dari yang awalnya blog gratisan kemudian memakain domain atau hosting biar lebih terpercaya blog. Selain domain masih  ada pritilan lainnya yaitu milih templete blog yang baik buat menunjang performa blog.

Upaya mempercantik blog sudah dilakukan. Saya pun mulai mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan blog. Mulai dari sekedar kopi darat sesama blogger buat sharing atau mengikuti event yang diselenggarakan oleh brand. Dari situlah tanpa disadari sekarang sudah berani dan percaya diri menyebut diri sendiri blogger.

Tak terasa saya sudah cukup lama melakukan aktifitas menulis di blog, tepatnya sejak tahun 2007 dan bertahan hingga sekarang dengan segala dinamikanya. Adakalanya saya merasa malas banget buat sekedar update blog dengan alasan gak ada waktu, gak ada semangat kecuali kalau ada kerjasama dengan brand baru deh blog-nya update. Hayo siapa yang kayak begini juga?

Dua hari lagi blogger bakalan merayakan Hari Blogger Nasional. Ya, tanggal 27 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Sekarang blogger pun punya hari khusus sebagai bentuk penghargaan bagi blogger yang sudah berkontribusi berbagi informasi. Pertama kalinya dicanangkan pada tahun 2007 oleh menteri komunikasi dan informatika RI, Muhammad Nuh. Wah tahun pencanangannya sama dengan pertama saya memulai ngeblog ya. sudah cukup lama namun baru beberapa tahun ini turut merayakan Hari Blogger Nasional.

Menjadi Pengisi Acara di Hari Blogger Nasional





Satu momen yang saya ingat dalam rangka merayakan Hari Blogger Nasional adalah menjadi pengisi acara kolaborasi lima komunitas blogger di Malang. Jujur saja sebenarnya saya belum ada apa-apanya di dunia blogger dibandingkan dengan teman blogger lainnya di Malang. Acara tersebut bertajuk “ Blogger Malang Bersatu dan Bersinergi “. Saya sendiri dipilih sebagai pewakilan emak blogger Malang.

Minggu, 28 Oktober 2018 jadi hari yang bikin deg-degan berbicara di depan blogger Malang yang lebih hebat.  Bahkan salah satu teman blogger dari kota tetangga bela-belain datang ke acara ini yaitu Mbak Vicky. Justru sekarang Mbak Vicky malah jadi blogger keren dengan segudang pengalaman ngeblognya.

Lantas saya sharing apa? Ya sesuai dengan kapasitas saya sebagai seorang emak-emak tetap bisa ngeblog dengan bahagia. Ya, walaupun cuma ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak tidak menajdi penghalang buat ngeblog. Bahkan peran-peran yang saya lakukan sebagai emak beranak dua jadi bahan tulisan di blog.

Ya walaupun lebih banyak curhatnya daripada kasih tips-tips jadi blogger keren, setidaknya saya masih bisa berbagi cerita dan semangat buat teman-teman terutama yang perempuan tetap ngeblog. Kini sebagai blogger tentunya saya memiliki harapan dong untuk ke depannya. Kira-kira apa saja sih?

Apa Saja Harapan Diri Sendiri di Hari Blogger Nasional ?

Walau sudah lama ngeblog, ada masanya saya merasa lelah dan ingin berhenti saja dari hiruk pikuk dunia ngeblog. Bahkan ada beberapa teman yang dulunya rajin ngeblog pun bisa berhenti dari dunia ini dengan alasan tertentu. Akan tetapi jiwa saya yang pada dasarnya suka bercerita dengan menulis, berusaha bangkit dan semangat lagi.

Salah satu upaya yang saya lakukan untuk menyambut Hari Blogger Nasional ya dengan semangat mengikuti challenge menulis selama tujuh hari dengan tema tertentu. Selain itu saya ingin merayakan hari yang diperingati setiap tanggal 27 Oktober dengan menulisakan harapan-harapan diri sendiri.

1.       Konsisten Menulis Sebulan Minimal Lima Postingan

Jadi blogger sebenarnya mudah kok, dengan konsisten menulis minimal lima postingan dalam sebulan ya. Sesibuk apapun artinya seminggu bisa menulis blog sekali dong. Walau ada yang bilang, konsisten itu pun susah. Ya memang harus dipaksakan dong, kalau menuruti keadaan ya gak bakal jadi tulisan. Jangan menjadikan bermacam alasan buat malas ngeblog. Kalau gak mood, males ah menulis blog padahal ada waktu dan ide menulis. Atau kondisi performa blog yang menurun ini, misal pageview. Jangan terlalu dipikirin tapi ya tetap dipikir. Eh bagaimana sih. Pokoknya menjaga konsistensi ngeblog deh ya.

 

2.       Memperbaiki Kualitas Blog

Jujur, saya ini rasanya yang paling gak mikir mengenai kualitas blog. Ya, gimana penting bisa menulis dan update blog saja sudah syukur kan. Tapi ada beberapa teman sering membahas mengenai permasalahan blog supaya blognya lebih baik dan berkualitas. Mulai dari memperhatikan urusan DA/PA karena ini biasa buat patokan kerjasama dengan brand. Bagaimana teman-teman blogger berupaya supaya nilai DA/PA tersebut tinggi. Semakin tinggi nilainya semakin peluang dapat job blogger.

Harapan kedepannya saya bisa belajar lagi buat memperbaiki kualitas blog. Agar pembaca pun lebih betah mengunjungi blog saya. Apalagi persaingan dunia blogger makin sengit hehe. Gak mau belajar, ya siap-siap saja tertinggal.

 

3.       Berpenghasilan dari Blog

Kalau dulu ngeblog cuma buat curhat saja, tapi beda dengan sekarang dong. Menulis blog pun bisa jadi cuan alias penghasilan. Salah satunya kerjasama dengan brand bisa berupa review, mengunjungi event maupun content placement.

Ya, saya gak munafik sih kalau menulis blog bisa dapat penghasilan kenapa tidak? Namun jangan melulu berpatokan sama ini sih. Walaupun belum ada brand yang mengajak kerjasama tetap semangat menulis. Selain kerjasama dengan brand, peluang mendapat penghasilan dari blog bisa melalui adsense. Syaratnya ya rajin menulis konten yang banyak dibutuhkan pengunjung blog.

 

4.       Rajin Membalas Komen

Membalas komen menjadi salah satu harapan saya di Hari Blogger Nasional agar tercipta interaksi dengan pengunjung. Selama ini kalau ada yang komen di blog cuma dibaca doang. Oh si fulana sudah komen tapi tidak dibalas sehingga tidak ada interaksi yang bisa mendekatkan dengan pembaca blog. Walaupun yang komen teman sendiri semestinya tetap dibalas selain biar tidak hanya interaksi sepihak juga untuk menghargai mereka yang sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak.

Biasa kalau ada satu atau dua komen masih sempat membalas, tapi kalau sudah puluhan pasti dibiarin begitu saja. Hayo ada yang begini gak?

 

Harapan untuk Komunitas Emak Blogger

Salah satu support system saya ngeblog yaitu gabung komunitas blogger, salah satunya Komunitas Emak Blogger. Jujur saya agak lupa kapan pertama kali gabung grup ini, pastinya sudah lama sih tapi bukan yang lama bangeet. Komunitas Emak Blogger sudah berdiri sejak tahun 2012, sementara saya baru kembali ngeblog tahun 2013. Selain memiliki harapan buat diri sendiri, saya pun memiliki harapan buat Komunitas Emak Blogger buat ke depannya.

1.       Lebih sering mengadakan kegiatan offline

Sebelum pandemi terjadi, KEB sering mengadakan kegiatan offline ini, bahkan saya pernah hadir ke acara tersebut yang diadakan di luar kota lho. Bukan tanpa alasan karena tema acara tersebut sangat bagus, jadi rela bela-belain datang ke Yogya. Selain dapat ilmu ya bisa ketemu sesama blogger luar kota dong.

 

2.       Lebih sering kasih job tanpa batasan usia

Sadar diri kalau usia makin beranjak menuju usia cantik, eh usia senja. Harapannya ke depan KEB bisa memberikan job tanpa batasan usia sehingga emak-emak walau di rumah tetap bisa berpenghasilan. Semoga komunitas bisa menjadi perpanjangan tangan rezeki dengan kerjasama brand.

 

3.       Lebih sering mengadakan challenge

Seperti sekarang ini ini, saya bisa ikutan challenge KEB dengan penuh perjuangan. Secara saya yang lebih meragukan konsistensi menulis setiap hari mana sanggup begitu lho. Challenge semacam ini secara tidak langsung jadi penyemangat emak-mak buat ngeblog lho.

 

4.       Bikin Merchandise

Jujur sejak gabung komunitas ini, belum satupun saya punya merchandise. Bikin dong biar punya kenang-kenangan sebagai member komunitas ini. Kalau pas meet up sesama blogger bisa dipakai ini merchandise berupa kaos.

Itulah harapan-harapan saya sebagai blogger, semoga bisa terkabul semua ya aamiin.




 

 

 

 

1 komentar: