Minggu, 10 Maret 2024

BloggerDay 2024, Mengajarkanku Bertumbuh Meningkatkan Kualitas Diri Bukan Jadi Blogger Sekedarnya

 


Sejak wacana BloggerDay akan diadakan secara offline tahun ini yang disampaikan oleh Mbak Wawa saat Bloggercrony mengadakan event di Malang, saya jadi kepikiran bakal mendaftar apa tidak ya. Wacana awal sih dengar-dengar mau diadakan di Malang gitu, mbak Wawa sedang berupaya mencari sponsor. Mau gak mau saya musti daftar dong kalua di kota sendiri. Tapi sewaktu form pendaftaran acara BloggerDay 2024 diumumkan ternyata diadakan di Jakarta.

Saya galau lagi dong, daftar gak ya? Secara sejak BloggerDay diadakan oleh Komunitas Blogger Indonesia Bloggercrony Community atau biasa disebut BCC, saya belum pernah ikut baik offline maupun online sewaktu pandemi. Sewaktu diadakan online saya ragu apa bisa menghadap laptop seharian gitu, belum lagi dengan tugas-tugasnya yang jelas gak sedikit dong. Jadinya saya memilih untuk tidak mendaftar daripada gak bisa komitmen kan.

BloggerDay 2024, masih jadi pikiran beberapa hari sejak form dibagikan. Saya sempat diskusikan mengenai acara ini dengan suami, bagaimanapun harus tetap seizin dia kan karena acara di luar kota. Kalau dipikir-pikir sih ini kesempatan saya bisa ketemu blogger ibu kota yang selama ini cuma kenal lewat tulisan di blog maupun sosmed. Selain itu, kapan lagi saya bisa sekalian jalan-jalan ke Jakarta karena bisa ke sana tuh nunggu momen sampai tahunan hahaha. Beruntungnya lagi Bloggercron baik banget loh karena mau memfasilitasi blogger daerah yang daftar BloggerDay 2024 berupa akomodasi dari daerah asal ke Jakarta pulang-pergi serta penginapan selama di Jakarta.

Setelah melalui pertimbangan yang matang, saya memberanikan diri daftar dan dag dig dug menunggu siapa saja peserta yang lolos ya. Digadang-gadang acara BloggerDay 2024 akan diikuti sebanyak 100 peserta. Oh iya, hampir kelupaan acara BloggerDay diadakan sebagai bentuk ceremony ulang tahu Bloggercrony setiap tahun yang jatuh pada tanggal 24 Februari.

Sewaktu menunggu daftar peserta yang lolos, saya kepikiran untuk menjadi salah satu sponsor acara BloggerDay 2024, mengingat acara ini terselenggara berkat Kerjasama dengan berbagai pihak termasuk BloggerPreneur. Niat baik saya disambut baik dong sama Mbak Wawa, bahkan beliau menawarkan bersediakah menjadi panitia PIC akomodasi blogger dari Jatim-Jateng. Tanpa pikir panjang, dengan senang hati saya menerima tawaran tersebut. Kapan lagi tenaga  waktu saya bisa bermanfaat bagi komunitas ini dan sesama.

Usai pengumuman peserta yang lolos, saya termasuk panitia sekaligus peserta mempersiapkan diri termasuk produk olahan kue kering dan brownies yang untuk sponsor doorprice atau lucky draw saat acara nanti. Ketentuan untuk mengikuti acara BloggerDay 2024 pun sudah dibagikan, mulai dari rundown acara, drescode hingga lokasi acara di Jakarta.

Perjalanan Berkesan Menuju BloggerDay 2024 dengan Layanan dari Bigbird by Bluebird

Seperti yang sudah saya singgung diawal, kalua acara BloggerDay 2024 makin terasa Istimewa karena fasilitas akomodasi dari meeting point menuju tempat acara menggunakan armada Bigbird ( layanan bus Bluebird ) untuk peserta blogger yang daftar dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Peserta yang berangkat dari Jawa Timur cukup banyak terutama yang dari Malang.

Selepas sholat subuh, saya dan Mbak Dini, Mbak Erny, Mbak Indah, Array dan Krishna blogger Malang berangkat menggunakan bus dari terminal Arjosari menuju Surabaya karena lokasi meeting point di Masjid Al Akbar Surabaya. Perjalanan cukup lancer sehingga sampai Surabaya sesuai dengan waktu yang sudah direncanakan. Namun rombongan kami belum bisa langsung berangkat karena masih menunggu dua peserta blogger dari Lamongan terlebih dahulu.

Jujur saja, ini menjadi perjalanan jarak jauh pertama menggunakan transportasi darat ker Jakarta. Perjalanan sebelum-sebelumnya sih saya menggunakan pesawat dan kereta api apalagi kalua sama keluarga. Tentu saja setelah dijalani, perjalanan menjadi menyenangkan karena layanan dari Bigbird Bluebird dengan armadanya yang terawat mulai dari kebersihan, seat kursi luas hingga pelayanan pengemudinya yang ramah, sopan dan professional. Makin berkesan karena perginya ramai-ramai dengan teman blogger daerah lain. Armada Bluebird pun sudah terstandarisasi SNI ( Standar Nyaman Indonesia ) yang dapat diandalkan, aman dan mudah diakses.

Perjalanan dari Surabaya menuju Semarang cukup lancer, cuaca pun mendukung dan sesekali berhenti di rest area untuk buang hajat sebentar. Di Semarang nanti menjemput dua peserta blogger Jawa Tengah, Mbak Endah dan Mbak Titis yang meeting point-nya di RM. Rodjo sekaligus makan siang dan sholat. Makin seru kan perjalanan karena bertambah pesertanya. Usai makan dan sholat, perjalanan pun berlanjut menuju Jakarta. Yeay, Jakarta saya datang hehe…

Oh iya, buat teman-teman yang pengen bepergian ramai-ramai bisa banget loh menggunakan layanan armada Bigbird Bluebird ini, kalian tinggal duduk manis, ngobrol seru sama teman atau keluarga, biar pak pengemudi yang mengantarkan sampai tujuan dengan selamat dan gak perlu capek mengemudi sendiri. Bisa langsung kontak ke websitenya ya.

Usai melalui perjalanan panjang mulai dari Malang hingga Jakarta kurang lebih 19 jam, sampai lah ke tujuan pertama yaitu penginapan di daerah Lebak Bulus yaitu Hotel Nyenyak untuk bebersih diri dan istirahat menyambut acara esok harinya. Tapi yang Namanya kesempatan mumpung ke Jakarta rasanya rugi banget kalau gak jalan-jalan gitu. Apalagi sejak awal tim blogger dari Malang berencana nyobain naik MRT yang jelas cuma ada di Jakarta, maklum anak daerah lagi main ke ibu kota gitu loh haha. Nanti deh saya akan bikin tulisan terpisah pengelaman naik MRT ini.

Keseruan BloggerDay 2024 di Carro Indonesia

Usai pulang dari jalan-jalan naik MRT dan makan gultik dai Blok M, saya dan teman-teman langsung tidur guna memulihkan tenaga menyambut acara esok hari. Minggu, 25 Februari 2024 sekitar pukul 8 pagi Bersiap menuju lokasi acara di Carro Square Pondok Indah Jakarta Selatan.

Lokasi acara dengan hotel tidak terlalu jauh sehingga sampai lokasi tepat waktu. Saya masih bisa saling menyapa blogger Jabodetabek yang sudah hadir, yang cuma saya kenal melalui tulisannya di blog. Excited, pertama kali bisa menyapa mereka secara langsung di acara ini. Carro Indonesia ini merupakan showroom jual beli mobil bekas berkualitas di Jakarta. Kenapa musti jual mobil di Carro ? Semua mobil di Carro 100% bebas manipulasi jarak tempuh. Angka yang kamu lihat, itu yang kamu dapat. Semua sudah dicek dan lulus inspeksi ketat 160 titik. Dijamin, Carro Certified. Buruan kunjungi Carro.id Sebelum kehabisan. Beli mobil berkualitas layaknya baru hanya di Carro ya.

Di sana saya bisa bebas melihat berbagai jenis brand mobil mulai dari Honda, Toyota maupun Mitsubisi tersedia. Mobil yang ditawarkan di Carro memang terlihat masih bagus-bagus layaknya mobil baru lho. Jujur, saya sempat nih kepincut sama mobil Honda HRV tahun 2018 dengan harga Rp.229 juta. Puas melihat-lihat mobil yang ada di Carro Indonesia, mari Bersiap mengikuti acara inti BloggerDay 2024.

Acara dibuka dengan sapaan MC Mbak Febria Silaen yang renyah dan penuh semangat. Acara dibuka dengan doa dan selanjutnya mengalir seru dimulai dengan adanya perkenalan sesame blogger hingga bagi-bagi hadiah  melalui game seru berupa peserta dengan drescode terbaik.

Dilanjut dengan sambutan dari ketua Bloggerday 2024 Mbak Andini Harsono yang menyampaikan sepatah dua patah kata, hingga sambutan Mbak Wawa selaku Partnerhip Manager Bloggercrony.  Ada pemaparan mengenai Carro Indonesia oleh  Bryan Tan, CEO of Carro Indonesia dan Hendy  Brainta selaku Performance Marketing Indonesia, Manager Carro Indonesia.

Tak kalah menarik, di acara Bloggerday 2024 juga ada pemutaran film Jagaditta yang aktornya diperankan oleh blogger yaitu kak Uwan Urwan dengan cerita yang menggelitik mengenai lingkungan dan alam terutama hutan. Disampaikan dengan narasi puisi dan adegan-adegan yang bikin senyum-senyum melihatnya namun tanpa mengurangi maksud dari pembuatan film tersebut.

Selain itu pada kesempatan BloggerDay, juga diadakan soft launching buku perdana Bloggercrony Community dengan judul Skena Blogger. Saya termasuk salah satu contributor yang terlibat menjadi narasumber dalam penyusunan buku tersebut. Saya sempat ditanyain MC nih kenapa ingin terlibat dengan penyusunan buku ini.

Sesi terakhir yang gak kalah seru yaitu membaca karakter dengan tulisan tangan dan tanda tangan atau istilahnya ilmu Grafology. Beruntung banget blogger yang bisa dibacakan langsung karakternya oleh Mbak Diana.

 

 

 

 

 

2 komentar:

  1. seru mbak ya acaranya... alhamdulillah bisa bertemu sahabat blogger.. kapan ya? maklum saya masih pemula hehehe

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah komunitas blogger masih hidup, saya ngeblog dari tahun 2010.. sempet hilang dari peredaran karena kesibukan dunia offline, merasa bangga ternyata komunitas blogger masih solid..

    BalasHapus